Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Piano Untuk Anak-Anak di Toccata Music School Yogyakarta

Metode Suzuki merupakan metode pembelajaran musik yang menekankan pentingnya pendidikan bakat musik sedini mungkin untuk anak-anak dengan menggunakan bahasa ibu (mother tongue). Metode ini banyak disalahartikan oleh masyarakat hanya dengan menggunakan kurikulum buku saja tanpa menerapkan filosofi da...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AMELIA, Adista Rizqi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2014
Subjects:
MS/
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16944
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Metode Suzuki merupakan metode pembelajaran musik yang menekankan pentingnya pendidikan bakat musik sedini mungkin untuk anak-anak dengan menggunakan bahasa ibu (mother tongue). Metode ini banyak disalahartikan oleh masyarakat hanya dengan menggunakan kurikulum buku saja tanpa menerapkan filosofi dari penciptanya, Dr. Shinichi Suzuki, yaitu dididik dengan kasih sayang, Nurtured by Love, dan teorinya yaitu pendidikan bakat, Talent Education. Tujuan penerapan Metode Suzuki ini yaitu: (1) untuk mengembangkan Metode Suzuki pada instrumen piano, (2) memudahkan anak belajar musik khususnya piano dengan penerapan Metode Suzuki, dan (3) mengenalkan penerapan Metode Suzuki dalam pembelajaran piano pada masyarakat umum. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu: (1) langkah-langkah dalam Metode Suzuki untuk instrumen piano dapat dieksplorasi dengan mengenalkan bentuk musik dan teknik bermain dengan istilah yang familiar dengan anak, (2) penulis memiliki strategi dengan memperhatikan kondisi psikologis anak agar anak menyukai belajar piano dengan Metode Suzuki, dan (3) adanya usaha yang disarankan untuk orang tua agar anak tetap mau berlatih di rumah berdasarkan Metode Suzuki yaitu dengan tidak mengeluarkan teriakan atau kata-kata kasar dan selalu memuji permainan anak.