Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Piano Untuk Anak-Anak di Toccata Music School Yogyakarta
Metode Suzuki merupakan metode pembelajaran musik yang menekankan pentingnya pendidikan bakat musik sedini mungkin untuk anak-anak dengan menggunakan bahasa ibu (mother tongue). Metode ini banyak disalahartikan oleh masyarakat hanya dengan menggunakan kurikulum buku saja tanpa menerapkan filosofi da...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2014
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16944 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-16944 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-169442014-04-03T15:21:44Z Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Piano Untuk Anak-Anak di Toccata Music School Yogyakarta AMELIA, Adista Rizqi Musik Anak Metode Zusuki piano FSP ISI Yogyakarta 2014 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16944 MS/Ame/p/2014 Metode Suzuki merupakan metode pembelajaran musik yang menekankan pentingnya pendidikan bakat musik sedini mungkin untuk anak-anak dengan menggunakan bahasa ibu (mother tongue). Metode ini banyak disalahartikan oleh masyarakat hanya dengan menggunakan kurikulum buku saja tanpa menerapkan filosofi dari penciptanya, Dr. Shinichi Suzuki, yaitu dididik dengan kasih sayang, Nurtured by Love, dan teorinya yaitu pendidikan bakat, Talent Education. Tujuan penerapan Metode Suzuki ini yaitu: (1) untuk mengembangkan Metode Suzuki pada instrumen piano, (2) memudahkan anak belajar musik khususnya piano dengan penerapan Metode Suzuki, dan (3) mengenalkan penerapan Metode Suzuki dalam pembelajaran piano pada masyarakat umum. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu: (1) langkah-langkah dalam Metode Suzuki untuk instrumen piano dapat dieksplorasi dengan mengenalkan bentuk musik dan teknik bermain dengan istilah yang familiar dengan anak, (2) penulis memiliki strategi dengan memperhatikan kondisi psikologis anak agar anak menyukai belajar piano dengan Metode Suzuki, dan (3) adanya usaha yang disarankan untuk orang tua agar anak tetap mau berlatih di rumah berdasarkan Metode Suzuki yaitu dengan tidak mengeluarkan teriakan atau kata-kata kasar dan selalu memuji permainan anak. Yogyakarta xv, 89 hal.: ill., 30 cm. MS/ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Musik Anak Metode Zusuki piano MS/ |
spellingShingle |
Musik Anak Metode Zusuki piano MS/ AMELIA, Adista Rizqi Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Piano Untuk Anak-Anak di Toccata Music School Yogyakarta |
description |
Metode Suzuki merupakan metode pembelajaran musik yang menekankan pentingnya pendidikan bakat musik sedini mungkin untuk anak-anak dengan menggunakan bahasa ibu (mother tongue). Metode ini banyak disalahartikan oleh masyarakat hanya dengan menggunakan kurikulum buku saja tanpa menerapkan filosofi dari penciptanya, Dr. Shinichi Suzuki, yaitu dididik dengan kasih sayang, Nurtured by Love, dan teorinya yaitu pendidikan bakat, Talent Education. Tujuan penerapan Metode Suzuki ini yaitu: (1) untuk mengembangkan Metode Suzuki pada instrumen piano, (2) memudahkan anak belajar musik khususnya piano dengan penerapan Metode Suzuki, dan (3) mengenalkan penerapan Metode Suzuki dalam pembelajaran piano pada masyarakat umum. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu: (1) langkah-langkah dalam Metode Suzuki untuk instrumen piano dapat dieksplorasi dengan mengenalkan bentuk musik dan teknik bermain dengan istilah yang familiar dengan anak, (2) penulis memiliki strategi dengan memperhatikan kondisi psikologis anak agar anak menyukai belajar piano dengan Metode Suzuki, dan (3) adanya usaha yang disarankan untuk orang tua agar anak tetap mau berlatih di rumah berdasarkan Metode Suzuki yaitu dengan tidak mengeluarkan teriakan atau kata-kata kasar dan selalu memuji permainan anak. |
format |
Tugas Akhir |
author |
AMELIA, Adista Rizqi |
author_facet |
AMELIA, Adista Rizqi |
author_sort |
AMELIA, Adista Rizqi |
title |
Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Piano Untuk Anak-Anak di Toccata Music School Yogyakarta |
title_short |
Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Piano Untuk Anak-Anak di Toccata Music School Yogyakarta |
title_full |
Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Piano Untuk Anak-Anak di Toccata Music School Yogyakarta |
title_fullStr |
Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Piano Untuk Anak-Anak di Toccata Music School Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Piano Untuk Anak-Anak di Toccata Music School Yogyakarta |
title_sort |
penerapan metode suzuki dalam pembelajaran piano untuk anak-anak di toccata music school yogyakarta |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2014 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16944 |
_version_ |
1741197366437871616 |