Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Piano Untuk Anak-Anak di Toccata Music School Yogyakarta

Metode Suzuki merupakan metode pembelajaran musik yang menekankan pentingnya pendidikan bakat musik sedini mungkin untuk anak-anak dengan menggunakan bahasa ibu (mother tongue). Metode ini banyak disalahartikan oleh masyarakat hanya dengan menggunakan kurikulum buku saja tanpa menerapkan filosofi da...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AMELIA, Adista Rizqi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2014
Subjects:
MS/
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16944
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-16944
record_format oai_dc
spelling isilib-169442014-04-03T15:21:44Z Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Piano Untuk Anak-Anak di Toccata Music School Yogyakarta AMELIA, Adista Rizqi Musik Anak Metode Zusuki piano FSP ISI Yogyakarta 2014 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16944 MS/Ame/p/2014 Metode Suzuki merupakan metode pembelajaran musik yang menekankan pentingnya pendidikan bakat musik sedini mungkin untuk anak-anak dengan menggunakan bahasa ibu (mother tongue). Metode ini banyak disalahartikan oleh masyarakat hanya dengan menggunakan kurikulum buku saja tanpa menerapkan filosofi dari penciptanya, Dr. Shinichi Suzuki, yaitu dididik dengan kasih sayang, Nurtured by Love, dan teorinya yaitu pendidikan bakat, Talent Education. Tujuan penerapan Metode Suzuki ini yaitu: (1) untuk mengembangkan Metode Suzuki pada instrumen piano, (2) memudahkan anak belajar musik khususnya piano dengan penerapan Metode Suzuki, dan (3) mengenalkan penerapan Metode Suzuki dalam pembelajaran piano pada masyarakat umum. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu: (1) langkah-langkah dalam Metode Suzuki untuk instrumen piano dapat dieksplorasi dengan mengenalkan bentuk musik dan teknik bermain dengan istilah yang familiar dengan anak, (2) penulis memiliki strategi dengan memperhatikan kondisi psikologis anak agar anak menyukai belajar piano dengan Metode Suzuki, dan (3) adanya usaha yang disarankan untuk orang tua agar anak tetap mau berlatih di rumah berdasarkan Metode Suzuki yaitu dengan tidak mengeluarkan teriakan atau kata-kata kasar dan selalu memuji permainan anak. Yogyakarta xv, 89 hal.: ill., 30 cm. MS/ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Musik Anak
Metode Zusuki
piano
MS/
spellingShingle Musik Anak
Metode Zusuki
piano
MS/
AMELIA, Adista Rizqi
Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Piano Untuk Anak-Anak di Toccata Music School Yogyakarta
description Metode Suzuki merupakan metode pembelajaran musik yang menekankan pentingnya pendidikan bakat musik sedini mungkin untuk anak-anak dengan menggunakan bahasa ibu (mother tongue). Metode ini banyak disalahartikan oleh masyarakat hanya dengan menggunakan kurikulum buku saja tanpa menerapkan filosofi dari penciptanya, Dr. Shinichi Suzuki, yaitu dididik dengan kasih sayang, Nurtured by Love, dan teorinya yaitu pendidikan bakat, Talent Education. Tujuan penerapan Metode Suzuki ini yaitu: (1) untuk mengembangkan Metode Suzuki pada instrumen piano, (2) memudahkan anak belajar musik khususnya piano dengan penerapan Metode Suzuki, dan (3) mengenalkan penerapan Metode Suzuki dalam pembelajaran piano pada masyarakat umum. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu: (1) langkah-langkah dalam Metode Suzuki untuk instrumen piano dapat dieksplorasi dengan mengenalkan bentuk musik dan teknik bermain dengan istilah yang familiar dengan anak, (2) penulis memiliki strategi dengan memperhatikan kondisi psikologis anak agar anak menyukai belajar piano dengan Metode Suzuki, dan (3) adanya usaha yang disarankan untuk orang tua agar anak tetap mau berlatih di rumah berdasarkan Metode Suzuki yaitu dengan tidak mengeluarkan teriakan atau kata-kata kasar dan selalu memuji permainan anak.
format Tugas Akhir
author AMELIA, Adista Rizqi
author_facet AMELIA, Adista Rizqi
author_sort AMELIA, Adista Rizqi
title Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Piano Untuk Anak-Anak di Toccata Music School Yogyakarta
title_short Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Piano Untuk Anak-Anak di Toccata Music School Yogyakarta
title_full Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Piano Untuk Anak-Anak di Toccata Music School Yogyakarta
title_fullStr Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Piano Untuk Anak-Anak di Toccata Music School Yogyakarta
title_full_unstemmed Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Piano Untuk Anak-Anak di Toccata Music School Yogyakarta
title_sort penerapan metode suzuki dalam pembelajaran piano untuk anak-anak di toccata music school yogyakarta
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2014
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16944
_version_ 1741197366437871616