Pembelajaran Seni Musik Bagi Siswa Kelas VI di SD Krapyak Wetan Yogyakarta
Pembelajaran merupakan kegiatan yang menentukan dalam pemberian ilmu dan hasil dari suatu pendidikan. Pembelajaran secara umum dilakukan oleh guru sebagai pemberi ilmu dan siswa sebagai penerima ilmu yang dilaksanakan oleh lembaga atau sekolah. Pembelajaran musik yang menyangkut unsur-unsur musik se...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2014
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16961 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Pembelajaran merupakan kegiatan yang menentukan dalam pemberian ilmu dan hasil dari suatu pendidikan. Pembelajaran secara umum dilakukan oleh guru sebagai pemberi ilmu dan siswa sebagai penerima ilmu yang dilaksanakan oleh lembaga atau sekolah. Pembelajaran musik yang menyangkut unsur-unsur musik seperti irama, melodi, harmoni dan bentuk struktur lagu ini mendorong tumbuhnya rasa musik (sense of music). Dalam pembelajaran musik untuk anak sekolah dasar ditekankan lebih dahulu bahwa bermain musik itu mudah dan menyenangkan, selanjutnya dapat bertahap diperkenalkan dengan pembelajaran apresiasi, keterampilan dan kreativitas musik. Pembelajaran musik ini berorientasi pada buku Seni Budaya Keterampilan dengan metode demonstrasi dan imitasi dalam pelaksanaan pembelajaran secara umum. Jumlah siswa yang banyak menyebabkan guru kurang memperhatikan satu persatu siswa namun pembelajaran tetap berjalan lancar. Selama proses pembelajaran siswa dapat mengembangkan keterampilan bermusik dan memacu kreatifitas siswa |
---|