Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013

Pencarian makna konotasi menggunakan teori semiotika Ferdinand de Saussure, Charles Sanders Pierce dan Roland Barthes. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan karena dilandasi pada karakter analisis yang lebih mementingkan makna, tidak ditentukan oleh kua...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAHANDONO, Ikhsan
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yogyakarta 2014
Subjects:
DK/
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17096
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-17096
record_format oai_dc
spelling isilib-170962014-05-13T08:51:41Z Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013 RAHANDONO, Ikhsan Periklanan. Iklan semiotika FSR ISI Yogyakarta 2014 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17096 DK/Rah/k/2014 Pencarian makna konotasi menggunakan teori semiotika Ferdinand de Saussure, Charles Sanders Pierce dan Roland Barthes. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan karena dilandasi pada karakter analisis yang lebih mementingkan makna, tidak ditentukan oleh kuantitasnya. Selain itu metode kualitatif mempunyai tujuan menjelaskan. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam memaknai karya Desain Komunikasi Visual melalui semiotika. Sehingga, kelak mahasiswa Desain Komunikasi Visual (sebagai produsen tanda) mampu menerapkan semiotika ke dalam perancangan karya. Berdasarkan pengamatan beberapa sampel iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival versi Print Ads tahun 2013 memiliki kecenderungan dekonstruksi, unsur plesetan, ironi, dan hal-hal yang bersifat lucu. Kecenderungan tersebut merupakan bagian dari diskursus Post-modernisme yang mempunyai ciri tanda bersifat labil dan memiliki kandungan isi yang bersifat majemuk. Post-modern memegang prinsip form follows fun. Peran semiotika yang selalu mengedepankan hubungan teks, konteks, dan kontekstualisasi untuk mendapatkan pluralitas makna. Yogyakarta xxi, 192 hlm.: ill.; 30 cm. DK/ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Periklanan.
Iklan
semiotika
DK/
spellingShingle Periklanan.
Iklan
semiotika
DK/
RAHANDONO, Ikhsan
Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013
description Pencarian makna konotasi menggunakan teori semiotika Ferdinand de Saussure, Charles Sanders Pierce dan Roland Barthes. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan karena dilandasi pada karakter analisis yang lebih mementingkan makna, tidak ditentukan oleh kuantitasnya. Selain itu metode kualitatif mempunyai tujuan menjelaskan. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam memaknai karya Desain Komunikasi Visual melalui semiotika. Sehingga, kelak mahasiswa Desain Komunikasi Visual (sebagai produsen tanda) mampu menerapkan semiotika ke dalam perancangan karya. Berdasarkan pengamatan beberapa sampel iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival versi Print Ads tahun 2013 memiliki kecenderungan dekonstruksi, unsur plesetan, ironi, dan hal-hal yang bersifat lucu. Kecenderungan tersebut merupakan bagian dari diskursus Post-modernisme yang mempunyai ciri tanda bersifat labil dan memiliki kandungan isi yang bersifat majemuk. Post-modern memegang prinsip form follows fun. Peran semiotika yang selalu mengedepankan hubungan teks, konteks, dan kontekstualisasi untuk mendapatkan pluralitas makna.
format Tugas Akhir
author RAHANDONO, Ikhsan
author_facet RAHANDONO, Ikhsan
author_sort RAHANDONO, Ikhsan
title Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013
title_short Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013
title_full Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013
title_fullStr Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013
title_full_unstemmed Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013
title_sort kajian semiotika iklan pemenang cannes lions international advertising festival versi print ads tahun 2013
publisher FSR ISI Yogyakarta
publishDate 2014
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17096
_version_ 1741197397693825024