Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013
Pencarian makna konotasi menggunakan teori semiotika Ferdinand de Saussure, Charles Sanders Pierce dan Roland Barthes. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan karena dilandasi pada karakter analisis yang lebih mementingkan makna, tidak ditentukan oleh kua...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yogyakarta
2014
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17096 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-17096 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-170962014-05-13T08:51:41Z Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013 RAHANDONO, Ikhsan Periklanan. Iklan semiotika FSR ISI Yogyakarta 2014 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17096 DK/Rah/k/2014 Pencarian makna konotasi menggunakan teori semiotika Ferdinand de Saussure, Charles Sanders Pierce dan Roland Barthes. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan karena dilandasi pada karakter analisis yang lebih mementingkan makna, tidak ditentukan oleh kuantitasnya. Selain itu metode kualitatif mempunyai tujuan menjelaskan. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam memaknai karya Desain Komunikasi Visual melalui semiotika. Sehingga, kelak mahasiswa Desain Komunikasi Visual (sebagai produsen tanda) mampu menerapkan semiotika ke dalam perancangan karya. Berdasarkan pengamatan beberapa sampel iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival versi Print Ads tahun 2013 memiliki kecenderungan dekonstruksi, unsur plesetan, ironi, dan hal-hal yang bersifat lucu. Kecenderungan tersebut merupakan bagian dari diskursus Post-modernisme yang mempunyai ciri tanda bersifat labil dan memiliki kandungan isi yang bersifat majemuk. Post-modern memegang prinsip form follows fun. Peran semiotika yang selalu mengedepankan hubungan teks, konteks, dan kontekstualisasi untuk mendapatkan pluralitas makna. Yogyakarta xxi, 192 hlm.: ill.; 30 cm. DK/ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Periklanan. Iklan semiotika DK/ |
spellingShingle |
Periklanan. Iklan semiotika DK/ RAHANDONO, Ikhsan Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013 |
description |
Pencarian makna konotasi menggunakan teori semiotika Ferdinand de Saussure, Charles Sanders Pierce dan Roland Barthes. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan karena dilandasi pada karakter analisis yang lebih mementingkan makna, tidak ditentukan oleh kuantitasnya. Selain itu metode kualitatif mempunyai tujuan menjelaskan. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam memaknai karya Desain Komunikasi Visual melalui semiotika. Sehingga, kelak mahasiswa Desain Komunikasi Visual (sebagai produsen tanda) mampu menerapkan semiotika ke dalam perancangan karya. Berdasarkan pengamatan beberapa sampel iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival versi Print Ads tahun 2013 memiliki kecenderungan dekonstruksi, unsur plesetan, ironi, dan hal-hal yang bersifat lucu. Kecenderungan tersebut merupakan bagian dari diskursus Post-modernisme yang mempunyai ciri tanda bersifat labil dan memiliki kandungan isi yang bersifat majemuk. Post-modern memegang prinsip form follows fun. Peran semiotika yang selalu mengedepankan hubungan teks, konteks, dan kontekstualisasi untuk mendapatkan pluralitas makna. |
format |
Tugas Akhir |
author |
RAHANDONO, Ikhsan |
author_facet |
RAHANDONO, Ikhsan |
author_sort |
RAHANDONO, Ikhsan |
title |
Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013 |
title_short |
Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013 |
title_full |
Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013 |
title_fullStr |
Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013 |
title_full_unstemmed |
Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013 |
title_sort |
kajian semiotika iklan pemenang cannes lions international advertising festival versi print ads tahun 2013 |
publisher |
FSR ISI Yogyakarta |
publishDate |
2014 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17096 |
_version_ |
1741197397693825024 |