Kajian Semiotika Pada Logo Dengan Karakter Visual Jawa
Dengan metode Kualitatif dan Interpretatif didapatkan hasil bahwa penggunaan logo berkarakter visual Jawa merupakan merupakan produk estetis simbolis yang berakar pada pengalaman sosio kultural masyarakatnya. Pertimbangan letak geografis, ideologi kultural, dan estetika seni tradisi dari kebudayaan...
Saved in:
Main Authors: | , |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Program Pascasarjana ISI Yogyakarta
2014
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17178 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-17178 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-171782014-06-23T09:25:25Z Kajian Semiotika Pada Logo Dengan Karakter Visual Jawa HARYANTO, Dwi TINARBUKO, IT. Sumbo Karakter Visual Jawa Logo semiotika Program Pascasarjana ISI Yogyakarta 2014 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17178 TES/DK/Har/k/2014 Dengan metode Kualitatif dan Interpretatif didapatkan hasil bahwa penggunaan logo berkarakter visual Jawa merupakan merupakan produk estetis simbolis yang berakar pada pengalaman sosio kultural masyarakatnya. Pertimbangan letak geografis, ideologi kultural, dan estetika seni tradisi dari kebudayaan Jawa dianggap selaras dengan kepentingan pengguna logo. Konsep nilai tradisi Jawa yang adi luhung dipinjam dalam bentuk ungkapan visual dengan menampilkan eksotisme visual berupa penggunaan elemen tipografi Jawa, gaya ornamentasi, penggunaan elemen pewayangan dan bahkan secara pragmatis meminjam simbol-simbol visual dari tradisi keraton Yogyakarta. Berbagai cara ungkapan visual ini menjadi tanda pada loyalitas budaya setempat namun pada beberapa hal terbuka dengan pengaruh budaya di luar tradisi Jawa. Temuan menarik dalam penelitian ini adalah adanya tidak semua logo mengacu pada ketentuan bahwa kriteria logo yang baik. Dari hasil penelitian ini maka sebaiknya perlu mempertimbangkan kaidah-kaidah perancangan logo modern agar logo-logo tersebut dapat tampil semakin mantab misalnya dengan mencoba mengolah bentuk lebih dinamis sesuai perkembangan zaman namun tetap dilandasi dengan referensi karakter visual yang khas berdasarkan nilai budaya lokal. Penggunaan karakter visual lokal tidak berarti menolak perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam konteks perkembangan desain komunikasi visual, namun justru untuk memberikan keragaman dan pluralisme visual. Yogyakarta xiii, 151 hlm.: iil., 27 cm. TES/ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Karakter Visual Jawa Logo semiotika TES/ |
spellingShingle |
Karakter Visual Jawa Logo semiotika TES/ HARYANTO, Dwi TINARBUKO, IT. Sumbo Kajian Semiotika Pada Logo Dengan Karakter Visual Jawa |
description |
Dengan metode Kualitatif dan Interpretatif didapatkan hasil bahwa penggunaan logo berkarakter visual Jawa merupakan merupakan produk estetis simbolis yang berakar pada pengalaman sosio kultural masyarakatnya. Pertimbangan letak geografis, ideologi kultural, dan estetika seni tradisi dari kebudayaan Jawa dianggap selaras dengan kepentingan pengguna logo. Konsep nilai tradisi Jawa yang adi luhung dipinjam dalam bentuk ungkapan visual dengan menampilkan eksotisme visual berupa penggunaan elemen tipografi Jawa, gaya ornamentasi, penggunaan elemen pewayangan dan bahkan secara pragmatis meminjam simbol-simbol visual dari tradisi keraton Yogyakarta. Berbagai cara ungkapan visual ini menjadi tanda pada loyalitas budaya setempat namun pada beberapa hal terbuka dengan pengaruh budaya di luar tradisi Jawa. Temuan menarik dalam penelitian ini adalah adanya tidak semua logo mengacu pada ketentuan bahwa kriteria logo yang baik. Dari hasil penelitian ini maka sebaiknya perlu mempertimbangkan kaidah-kaidah perancangan logo modern agar logo-logo tersebut dapat tampil semakin mantab misalnya dengan mencoba mengolah bentuk lebih dinamis sesuai perkembangan zaman namun tetap dilandasi dengan referensi karakter visual yang khas berdasarkan nilai budaya lokal. Penggunaan karakter visual lokal tidak berarti menolak perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam konteks perkembangan desain komunikasi visual, namun justru untuk memberikan keragaman dan pluralisme visual. |
format |
Tugas Akhir |
author |
HARYANTO, Dwi TINARBUKO, IT. Sumbo |
author_facet |
HARYANTO, Dwi TINARBUKO, IT. Sumbo |
author_sort |
HARYANTO, Dwi |
title |
Kajian Semiotika Pada Logo Dengan Karakter Visual Jawa |
title_short |
Kajian Semiotika Pada Logo Dengan Karakter Visual Jawa |
title_full |
Kajian Semiotika Pada Logo Dengan Karakter Visual Jawa |
title_fullStr |
Kajian Semiotika Pada Logo Dengan Karakter Visual Jawa |
title_full_unstemmed |
Kajian Semiotika Pada Logo Dengan Karakter Visual Jawa |
title_sort |
kajian semiotika pada logo dengan karakter visual jawa |
publisher |
Program Pascasarjana ISI Yogyakarta |
publishDate |
2014 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17178 |
_version_ |
1741197414203654144 |