Pengenalan Budaya dalam Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Penelitian berjudul Pengenalan Budaya dalam pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Institut Seni Indonesia Yogyakarta bertujuan untuk membahas mengenai permasalahan-permasalahan yang timbul dan dialami oleh para penutur asing yang tergabung dalam program Dharmasiswa RI ketika mereka belaj...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HAPSARI, Prima Dona
Format: Penelitian
Language:Indonesian
Published: Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta 2013
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17342
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-17342
record_format oai_dc
spelling isilib-173422014-10-01T09:17:26Z Pengenalan Budaya dalam Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Institut Seni Indonesia Yogyakarta HAPSARI, Prima Dona bahasa Indonesia Pendidikan - Bahasa Indonesia Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta 2013 id Penelitian http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17342 PEN/MS/Hap/p/2013 Penelitian berjudul Pengenalan Budaya dalam pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Institut Seni Indonesia Yogyakarta bertujuan untuk membahas mengenai permasalahan-permasalahan yang timbul dan dialami oleh para penutur asing yang tergabung dalam program Dharmasiswa RI ketika mereka belajar bahasa indonesia dan budaya lokal. Permasalah-permasalah tersebut adalah: apakah pengetahuan tentang budaya Jawa, dalam hal ini seni tradisi jawa, yang diperkenalkan kepada para penutur asing lewat pembelajaran bahasa Indonesia dapat memperkuat pemahaman lintas budaya? Dan bagaimanakah budaya jawa, dalam hal ini seni tradisi Jawa, di Yogyakarta sebagai bagian dari budaya Indonesia yang diberkenalkan di kelas bahasa Indonesia bagi para penutur asing?Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Hal ini disebabkan karena penelitian ini memberikan deskripsi berdasarkan hasil kenyataan yang ada di lapangan, kemudian menyajikan temuan tersebut dalam bentuk deskriptif analitik. Metode pengumpulan pengumpulan data menggunakan studi pustaka, observasi dan wawancara. Responden atau informan dari penelitian ini adalah mahasiswa Darmasiswa sebanyak delapan orang dari Fakultas Seni Pertunjukkan yang mewakili populasi mahasiswa Darmasiswa di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Kedelapan mahasiswa tersebut dipilih berdasarkan minat studi mereka pada seni tradisi yaitu karawitan, pendalangan dan tari.Hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar responden atau informan yang sedang mengikuti program Dharmasiswa RI di ISI Yogyakarta dan belajar bahasa Indonesiadi kelas BIPA sangat memberikan respon positif dan memberikan pendapat mereka tentang kekayaan budaya dan seni tradisi Jawa yang mereka jumpai dan kenal. Selain itu dari hasil penelitian ini juga peneliti mendapatkan pemahaman baru bahwa para responden mendapatkan pemahaman lintas budaya yang baik sehingga gegar budaya dapat mereka lalui dengan baik.Materi bahan atas bagi para penutur asing juga telah disusun oleh peneliti sebagai salah satu haril dari analisa data di mana bahan ajar ini akan dimanfaatkan sebagai sumber pustaka bagi para penutur asing dalam mempelajari bahasa dan budaya Indonesia. Yogyakarta vii, 70 hlm.: ilus., 27 cm. PEN/MS/ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic bahasa Indonesia
Pendidikan - Bahasa Indonesia
PEN/MS/
spellingShingle bahasa Indonesia
Pendidikan - Bahasa Indonesia
PEN/MS/
HAPSARI, Prima Dona
Pengenalan Budaya dalam Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Institut Seni Indonesia Yogyakarta
description Penelitian berjudul Pengenalan Budaya dalam pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Institut Seni Indonesia Yogyakarta bertujuan untuk membahas mengenai permasalahan-permasalahan yang timbul dan dialami oleh para penutur asing yang tergabung dalam program Dharmasiswa RI ketika mereka belajar bahasa indonesia dan budaya lokal. Permasalah-permasalah tersebut adalah: apakah pengetahuan tentang budaya Jawa, dalam hal ini seni tradisi jawa, yang diperkenalkan kepada para penutur asing lewat pembelajaran bahasa Indonesia dapat memperkuat pemahaman lintas budaya? Dan bagaimanakah budaya jawa, dalam hal ini seni tradisi Jawa, di Yogyakarta sebagai bagian dari budaya Indonesia yang diberkenalkan di kelas bahasa Indonesia bagi para penutur asing?Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Hal ini disebabkan karena penelitian ini memberikan deskripsi berdasarkan hasil kenyataan yang ada di lapangan, kemudian menyajikan temuan tersebut dalam bentuk deskriptif analitik. Metode pengumpulan pengumpulan data menggunakan studi pustaka, observasi dan wawancara. Responden atau informan dari penelitian ini adalah mahasiswa Darmasiswa sebanyak delapan orang dari Fakultas Seni Pertunjukkan yang mewakili populasi mahasiswa Darmasiswa di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Kedelapan mahasiswa tersebut dipilih berdasarkan minat studi mereka pada seni tradisi yaitu karawitan, pendalangan dan tari.Hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar responden atau informan yang sedang mengikuti program Dharmasiswa RI di ISI Yogyakarta dan belajar bahasa Indonesiadi kelas BIPA sangat memberikan respon positif dan memberikan pendapat mereka tentang kekayaan budaya dan seni tradisi Jawa yang mereka jumpai dan kenal. Selain itu dari hasil penelitian ini juga peneliti mendapatkan pemahaman baru bahwa para responden mendapatkan pemahaman lintas budaya yang baik sehingga gegar budaya dapat mereka lalui dengan baik.Materi bahan atas bagi para penutur asing juga telah disusun oleh peneliti sebagai salah satu haril dari analisa data di mana bahan ajar ini akan dimanfaatkan sebagai sumber pustaka bagi para penutur asing dalam mempelajari bahasa dan budaya Indonesia.
format Penelitian
author HAPSARI, Prima Dona
author_facet HAPSARI, Prima Dona
author_sort HAPSARI, Prima Dona
title Pengenalan Budaya dalam Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Institut Seni Indonesia Yogyakarta
title_short Pengenalan Budaya dalam Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Institut Seni Indonesia Yogyakarta
title_full Pengenalan Budaya dalam Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Institut Seni Indonesia Yogyakarta
title_fullStr Pengenalan Budaya dalam Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Institut Seni Indonesia Yogyakarta
title_full_unstemmed Pengenalan Budaya dalam Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Institut Seni Indonesia Yogyakarta
title_sort pengenalan budaya dalam pengajaran bahasa indonesia bagi penutur asing di institut seni indonesia yogyakarta
publisher Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta
publishDate 2013
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17342
_version_ 1741197447255818240