Kehidupan Seni Pertunjukkan Wisata dalam Perspektif Ekonomi Kreatif Berbasis pada Sendratari Rara Jonggrang di Taman Wisata Candi Prambanan

Di Era “Ekonomi Kreatif”, destinasi wisata atraksi sendratari Rara Jonggrang merupakan peluang yang potensial bagi pengembangan ekonomi dalam pemberdayaan masyarakat yang berbasis pada kearifan lokal. Gaya hidup masyarakat dunia yang cenderung mengikuti pola rekreatif dengan mengunjungi ke berbagai...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HERSAPANDI
Format: Penelitian
Language:Indonesian
Published: Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta 2013
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17361
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-17361
record_format oai_dc
spelling isilib-173612014-10-07T13:41:33Z Kehidupan Seni Pertunjukkan Wisata dalam Perspektif Ekonomi Kreatif Berbasis pada Sendratari Rara Jonggrang di Taman Wisata Candi Prambanan HERSAPANDI ekonomi kreatif Manajemen Pertunjukkan Atraksi Budaya Seni Kemasan Seni Pertunjukkan - Wisata Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta 2013 id Penelitian http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17361 PEN/ST/Her/k/2013 Di Era “Ekonomi Kreatif”, destinasi wisata atraksi sendratari Rara Jonggrang merupakan peluang yang potensial bagi pengembangan ekonomi dalam pemberdayaan masyarakat yang berbasis pada kearifan lokal. Gaya hidup masyarakat dunia yang cenderung mengikuti pola rekreatif dengan mengunjungi ke berbagai tempat di dunia untuk mendapatkan hiburan unik dan menarik dalam suasana lokalitas budaya dan arti kunjungan ini memiliki nilai ekonomis bagi kesejahteraan masyarakat setempat. Kualitas seni kemasan (kitsch) ini tentu unik dan menarik dengan mempertimbangkan ukuran estetis dan kebutuhan selera wisatawan, yaitu apik, inovatif, gemerlap dan spektakuler. Di samping itu, kemasan yang dikembangkan tentu perlu mempertimbangkan cirri-ciri seni wisata, yaitu singkat, padat, tiruan dari aslinya, meninggalkan nilai simbolis dan ritual, serta murah harganya menurut kocek wisatawan.Model pengembangan ekonomi kreatif mengacu satu landasan utama dan lima pilar utama yang harus diperkuat dalam mengembangkan ekonomi kreatif, (1) sumber daya insani adalah individu-individu atau sumber daya manusia yang kreatif, (2) industry yaitu kumpulan dari perusahaan yang bergerak di dalam bidang industry kreatif, (3) teknologi yaitu enabler untuk mewujudkan krativitas individu dalam bentuk karya nyata, (4) sumber daya yaitu input selai kreativitas dan pengetahuan individu yang dibutuhkan dalam proses kreatif, (5) institusi yaitu tatan social, public places dan space yang mengatur interaksi antar manusia serta kelembagaan yang terkait ekonomi kreatif, (6) lembaga pembiayaan yaitu lembaga intermediasi keuangan. Dalam mengimplementasikan landasan utama dan lima pilar ini, perlu mengembangkan konsep new public service yaitu negera (government), market (pasar) dan masyarakat (citizen) sebagai suatu sistem pengelolaan yang bersifat strategis. Rumus A+B+T=CC atau Art+Business+Technologi=(Creative+Connected) yang mengutamakan kelompok kreatif, yakti SDM di bidang teknologi, ekonomi, dan seni budaya diyakini dapat mengembangkan ekonomi kreatif berbasis pada kearifan lokal. Yogyakarta viii, 111 hlm.: ilus., 27 cm. PEN/ST/ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic ekonomi kreatif
Manajemen Pertunjukkan
Atraksi Budaya
Seni Kemasan
Seni Pertunjukkan - Wisata
PEN/ST/
spellingShingle ekonomi kreatif
Manajemen Pertunjukkan
Atraksi Budaya
Seni Kemasan
Seni Pertunjukkan - Wisata
PEN/ST/
HERSAPANDI
Kehidupan Seni Pertunjukkan Wisata dalam Perspektif Ekonomi Kreatif Berbasis pada Sendratari Rara Jonggrang di Taman Wisata Candi Prambanan
description Di Era “Ekonomi Kreatif”, destinasi wisata atraksi sendratari Rara Jonggrang merupakan peluang yang potensial bagi pengembangan ekonomi dalam pemberdayaan masyarakat yang berbasis pada kearifan lokal. Gaya hidup masyarakat dunia yang cenderung mengikuti pola rekreatif dengan mengunjungi ke berbagai tempat di dunia untuk mendapatkan hiburan unik dan menarik dalam suasana lokalitas budaya dan arti kunjungan ini memiliki nilai ekonomis bagi kesejahteraan masyarakat setempat. Kualitas seni kemasan (kitsch) ini tentu unik dan menarik dengan mempertimbangkan ukuran estetis dan kebutuhan selera wisatawan, yaitu apik, inovatif, gemerlap dan spektakuler. Di samping itu, kemasan yang dikembangkan tentu perlu mempertimbangkan cirri-ciri seni wisata, yaitu singkat, padat, tiruan dari aslinya, meninggalkan nilai simbolis dan ritual, serta murah harganya menurut kocek wisatawan.Model pengembangan ekonomi kreatif mengacu satu landasan utama dan lima pilar utama yang harus diperkuat dalam mengembangkan ekonomi kreatif, (1) sumber daya insani adalah individu-individu atau sumber daya manusia yang kreatif, (2) industry yaitu kumpulan dari perusahaan yang bergerak di dalam bidang industry kreatif, (3) teknologi yaitu enabler untuk mewujudkan krativitas individu dalam bentuk karya nyata, (4) sumber daya yaitu input selai kreativitas dan pengetahuan individu yang dibutuhkan dalam proses kreatif, (5) institusi yaitu tatan social, public places dan space yang mengatur interaksi antar manusia serta kelembagaan yang terkait ekonomi kreatif, (6) lembaga pembiayaan yaitu lembaga intermediasi keuangan. Dalam mengimplementasikan landasan utama dan lima pilar ini, perlu mengembangkan konsep new public service yaitu negera (government), market (pasar) dan masyarakat (citizen) sebagai suatu sistem pengelolaan yang bersifat strategis. Rumus A+B+T=CC atau Art+Business+Technologi=(Creative+Connected) yang mengutamakan kelompok kreatif, yakti SDM di bidang teknologi, ekonomi, dan seni budaya diyakini dapat mengembangkan ekonomi kreatif berbasis pada kearifan lokal.
format Penelitian
author HERSAPANDI
author_facet HERSAPANDI
author_sort HERSAPANDI
title Kehidupan Seni Pertunjukkan Wisata dalam Perspektif Ekonomi Kreatif Berbasis pada Sendratari Rara Jonggrang di Taman Wisata Candi Prambanan
title_short Kehidupan Seni Pertunjukkan Wisata dalam Perspektif Ekonomi Kreatif Berbasis pada Sendratari Rara Jonggrang di Taman Wisata Candi Prambanan
title_full Kehidupan Seni Pertunjukkan Wisata dalam Perspektif Ekonomi Kreatif Berbasis pada Sendratari Rara Jonggrang di Taman Wisata Candi Prambanan
title_fullStr Kehidupan Seni Pertunjukkan Wisata dalam Perspektif Ekonomi Kreatif Berbasis pada Sendratari Rara Jonggrang di Taman Wisata Candi Prambanan
title_full_unstemmed Kehidupan Seni Pertunjukkan Wisata dalam Perspektif Ekonomi Kreatif Berbasis pada Sendratari Rara Jonggrang di Taman Wisata Candi Prambanan
title_sort kehidupan seni pertunjukkan wisata dalam perspektif ekonomi kreatif berbasis pada sendratari rara jonggrang di taman wisata candi prambanan
publisher Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta
publishDate 2013
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17361
_version_ 1741197451143938048