Perancangan Metode Pembelajaran Kendang Jaipongan bagi Mahasiswa Jurusan karawitan ISI Yogyakarta

Kendang jaipongan telah lama digunakan oleh para mahasiswa di JurusanKarawitan ISI Yogyakarta dalam pentas di berbagai pertunjukan. Namun, ketikakendang jaipongan dimainkan oleh para mahasiswa, masih banyak terjadikesalahan tafsir terhadap kendang jaipongan, seperti jenis kendang yangdigunakan bukan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: SAEPUDIN, Asep, YULAELIAH, Ela
Format: Penelitian
Language:Indonesian
Published: Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta 2013
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17379
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Kendang jaipongan telah lama digunakan oleh para mahasiswa di JurusanKarawitan ISI Yogyakarta dalam pentas di berbagai pertunjukan. Namun, ketikakendang jaipongan dimainkan oleh para mahasiswa, masih banyak terjadikesalahan tafsir terhadap kendang jaipongan, seperti jenis kendang yangdigunakan bukan asli Sunda, teknik memainkan kendang jaipongan masih banyakyang salah, warna bunyi kendang tidak sesuai dengan estetika seni Sunda, sertamotif jaipongan yang dihasilkan masih sangat minim. Hal ini dampak dari jamkuliah yang sangat terbatas yakni hanya 1,5 SKS dalam satu tahun sertamahasiswa tidak dapat belajar mandiri di luar kelas sesuai dengan waktu dankesempatan yang dimilikinya karena terbatasnya waktu dan sarana belajar yangtersedia. Dengan demikian, dibutuhkan segera adanya sebuah metode/pedomanyang dibuat untuk mempelajari kendang jaipongan.Perancangan ini bertujuan membuat metode pembelajaran praktikkendang jaipongan bagi mahasiswa Jurusan Karawitan ISI Yogyakarta.Harapannya dapat dijadikan media pembelajaran yang efektif dalam mempelajaripola-pola kendang jaipongan mengingat sangat terbatasnya waktu kuliah di kelas.Target khusus yang ingin dicapai adalah para mahasiswa dapat memainkankendang jaipongan secara baik dan benar sesuai dengan estetika karawitan Sunda.Metode yang digunakan adalah metode observasi, perancangan, pembentukan,serta sosialisasi. Metode yang ditawarkan adalah MBM (Mahasiswa BelajarMandiri) yaitu menciptakan metode pembelajaran kendang jaipongan yang barudan inovatif untuk para mahasiswa dengan belajar sendiri sesuai dengan waktudan kesempatan yang dimilikinya. Selanjutnya mensosialisasikan hasil rancangantersebut kepada mahasiswa melalui kegiatan pembelajaran kendang jaipongan,baik teori maupun praktik. Wujud perancangannya berupa: (1) Bahan ajar/bukucetak metode pembelajaran kendang jaipongan; (2) Pembuatan instrumen kendangjaipongan (3) Petunjuk teknik memainkan kendang jaipongan dilengkapi dengancontoh bentuk pertunjukan karawitan jaipongan dalam bentuk CD; (4) Jurnal.Perancangan ini adalah perancangan baru, orsinalitas, belum pernah ada yangmembuat sebelumnya. Target yang ingin dicapai adalah metode pembelajarankendang jaipongan yang lebih efektif dan efisien sehingga dapat dipelajari kapandan di mana saja berada sesuai dengan waktu dan kesempatan yang dimilikimahasiswa guna mendukung pekuliahan.