Proses Pembelajaran Seni Musik pada Siswa Kelas V di SD Kanisius Jomegatan Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran seni musik pada siswa kelas V di SD Kanisius Jomegatan Kasihan Bantul Yogyakarta, adalah: metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode penugasan, dan metode latihan. Metode-metode tersebut digunakan untuk memuda...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SIAHAAN, Fransiska
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2014
Subjects:
MS/
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17428
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran seni musik pada siswa kelas V di SD Kanisius Jomegatan Kasihan Bantul Yogyakarta, adalah: metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode penugasan, dan metode latihan. Metode-metode tersebut digunakan untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran menyanyikan lagu daerah dengan nada dan syair yang benar. Selain itu, siswa menjadi lebih mandiri dan percaya diri menyanyikan lagu daerah sambil memperagakan gerakan tubuh di depan kelas.Adapun faktor penghambat dalam proses pembelajaran adalah: Beberapa materi pelajaran seni musik yang telah disusun dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tidak diterapkan karena kurangnya waktu yang diberikan sehingga guru harus mengkondisikan waktu yang singkat dengan cakupan materi yang banyak. Faktor keterbatasan pengetahuan guru tentang teori musik, serta belum tersedianya media pembelajaran (alat musik) menyebabkan wawasan serta kreatifitas siswa tidak berkembang secara optimal.