Eksperimen Lagu Anak Sebagai Media Dalam Menghafal Materi Pembelajaran Matematika Kelas 4 di SD Negeri Sidoarum Tahun Ajaran 2013/2014 Semester II

masih menggunakan model pembelajaran yang monoton. Kurangnya inovasi dan kreatifitas dari guru membuat pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika kurang diminati sebagian besar siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa eksperimen lagu anak sebagai media dalam menghafal mat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: UTAMI, Dias Ajeng
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2014
Subjects:
MS/
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17430
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:masih menggunakan model pembelajaran yang monoton. Kurangnya inovasi dan kreatifitas dari guru membuat pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika kurang diminati sebagian besar siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa eksperimen lagu anak sebagai media dalam menghafal materi pembelajaran matematika dapat meningkatkan kualitas belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Sidoarum tahun ajaran 2013/2014 semester II.Model pembelajaran yang digunakan adalah dengan menyanyikan tiga lagu anak yang sudah diganti liriknya dengan rumus matematika. Lagu anak tersebut adalah Balonku yang diganti dengan istilah Bangun Datar, Bangun Tidur yang diganti dengan istilah Bangun Ruang, dan Layang-layang yang diganti dengan rumus Pecahan.Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1. Eksperimen lagu anak sebagai media dalam menghafal materi pembelajaran matematika kelas 4 di SD Negeri Sidoarum tahun ajaran 2013/2014 semester II dilakukan dengan model ceramah, model demonstrasi, model eksperimen, model latihan (drill), dan model meniru (imitasi), 2. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan kualitas belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Sidoarum tahun ajaran 2013/2014 semester II.