Eksperimen Lagu Anak Sebagai Media Dalam Menghafal Materi Pembelajaran Matematika Kelas 4 di SD Negeri Sidoarum Tahun Ajaran 2013/2014 Semester II
masih menggunakan model pembelajaran yang monoton. Kurangnya inovasi dan kreatifitas dari guru membuat pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika kurang diminati sebagian besar siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa eksperimen lagu anak sebagai media dalam menghafal mat...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2014
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17430 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | masih menggunakan model pembelajaran yang monoton. Kurangnya inovasi dan kreatifitas dari guru membuat pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika kurang diminati sebagian besar siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa eksperimen lagu anak sebagai media dalam menghafal materi pembelajaran matematika dapat meningkatkan kualitas belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Sidoarum tahun ajaran 2013/2014 semester II.Model pembelajaran yang digunakan adalah dengan menyanyikan tiga lagu anak yang sudah diganti liriknya dengan rumus matematika. Lagu anak tersebut adalah Balonku yang diganti dengan istilah Bangun Datar, Bangun Tidur yang diganti dengan istilah Bangun Ruang, dan Layang-layang yang diganti dengan rumus Pecahan.Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1. Eksperimen lagu anak sebagai media dalam menghafal materi pembelajaran matematika kelas 4 di SD Negeri Sidoarum tahun ajaran 2013/2014 semester II dilakukan dengan model ceramah, model demonstrasi, model eksperimen, model latihan (drill), dan model meniru (imitasi), 2. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan kualitas belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Sidoarum tahun ajaran 2013/2014 semester II. |
---|