Persepsi Bahasa Visual Angka Konsumen pada Iklan Televisi Deterjen Terhadap Preferensi Kaum Ibu di Kelurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul

Televisi merupakan salah satu media yang digunakan dalam penyampaian berbagai informasi kepada masyarakat. Penyampaian informasi yang tidak hanya melalui verbal namun juga melalui visual membuat televisi menjadi media yang diunnggulkan karena kemudahannya dalam menyampaikan pesan. Melalui visual pad...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LARASATI, Antonia Maria
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yogyakarta 2014
Subjects:
DK/
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17464
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-17464
record_format oai_dc
spelling isilib-174642014-12-03T10:50:15Z Persepsi Bahasa Visual Angka Konsumen pada Iklan Televisi Deterjen Terhadap Preferensi Kaum Ibu di Kelurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul LARASATI, Antonia Maria Televisi Iklan bahasa visual FSR ISI Yogyakarta 2014 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17464 DK/Lar/p/2014 Televisi merupakan salah satu media yang digunakan dalam penyampaian berbagai informasi kepada masyarakat. Penyampaian informasi yang tidak hanya melalui verbal namun juga melalui visual membuat televisi menjadi media yang diunnggulkan karena kemudahannya dalam menyampaikan pesan. Melalui visual pada televisi, iklan dapat ‘menarik’ penonton agar dapat tertarik dengan produk yang mereka tawarkan. Berbagai cara atau kreasi dilakukan oleh pengiklan agar iklan mereka mudah diingat oleh penonton, salah satunya iklan deterjen. Kaum ibu merupakan sasaran konsumen yang dianggap sebagai pemegang keputusan penting dalam pembelian suatu produk dalam rumah tangganya. Pertimbangan seperti pengalaman, kebutuhan rumah tangga, akan mempengaruhi terhadap keputusan pembelian suatu barang. Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi apa yang timbul dari bahasa visual tersebut dan bagaimana preferensi konsumen kaum ibu terhadap produk sabun deterjen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dimana peneliti menguji teori tertentu dan meneliti hubungan antarvariabel didalam penelitian ini. Strategi yang digunakan yaitu dengan survei dimana peneliti terjun langsung mengumpulkan data melalui angket dari kaum ibu selain itu juga dengan menggunakan wawancara terhadap ahli periklanan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teori persepsi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, para kaum ibu tidak terpengaruh dengan visual yang ditampilkan di televisi. Para kaum ibu lebih mengutamakan hasil dari paroduk yang dipakai, serta pengalaman baik dari diri sendiri maupun dari luar menjadi referensi dalam menggunakan produk tersebut. Yogyakarta xiv, 111 hlm.: ilus.; 30 cm. DK/ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Televisi
Iklan
bahasa visual
DK/
spellingShingle Televisi
Iklan
bahasa visual
DK/
LARASATI, Antonia Maria
Persepsi Bahasa Visual Angka Konsumen pada Iklan Televisi Deterjen Terhadap Preferensi Kaum Ibu di Kelurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul
description Televisi merupakan salah satu media yang digunakan dalam penyampaian berbagai informasi kepada masyarakat. Penyampaian informasi yang tidak hanya melalui verbal namun juga melalui visual membuat televisi menjadi media yang diunnggulkan karena kemudahannya dalam menyampaikan pesan. Melalui visual pada televisi, iklan dapat ‘menarik’ penonton agar dapat tertarik dengan produk yang mereka tawarkan. Berbagai cara atau kreasi dilakukan oleh pengiklan agar iklan mereka mudah diingat oleh penonton, salah satunya iklan deterjen. Kaum ibu merupakan sasaran konsumen yang dianggap sebagai pemegang keputusan penting dalam pembelian suatu produk dalam rumah tangganya. Pertimbangan seperti pengalaman, kebutuhan rumah tangga, akan mempengaruhi terhadap keputusan pembelian suatu barang. Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi apa yang timbul dari bahasa visual tersebut dan bagaimana preferensi konsumen kaum ibu terhadap produk sabun deterjen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dimana peneliti menguji teori tertentu dan meneliti hubungan antarvariabel didalam penelitian ini. Strategi yang digunakan yaitu dengan survei dimana peneliti terjun langsung mengumpulkan data melalui angket dari kaum ibu selain itu juga dengan menggunakan wawancara terhadap ahli periklanan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teori persepsi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, para kaum ibu tidak terpengaruh dengan visual yang ditampilkan di televisi. Para kaum ibu lebih mengutamakan hasil dari paroduk yang dipakai, serta pengalaman baik dari diri sendiri maupun dari luar menjadi referensi dalam menggunakan produk tersebut.
format Tugas Akhir
author LARASATI, Antonia Maria
author_facet LARASATI, Antonia Maria
author_sort LARASATI, Antonia Maria
title Persepsi Bahasa Visual Angka Konsumen pada Iklan Televisi Deterjen Terhadap Preferensi Kaum Ibu di Kelurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul
title_short Persepsi Bahasa Visual Angka Konsumen pada Iklan Televisi Deterjen Terhadap Preferensi Kaum Ibu di Kelurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul
title_full Persepsi Bahasa Visual Angka Konsumen pada Iklan Televisi Deterjen Terhadap Preferensi Kaum Ibu di Kelurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul
title_fullStr Persepsi Bahasa Visual Angka Konsumen pada Iklan Televisi Deterjen Terhadap Preferensi Kaum Ibu di Kelurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul
title_full_unstemmed Persepsi Bahasa Visual Angka Konsumen pada Iklan Televisi Deterjen Terhadap Preferensi Kaum Ibu di Kelurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul
title_sort persepsi bahasa visual angka konsumen pada iklan televisi deterjen terhadap preferensi kaum ibu di kelurahan panggungharjo, sewon, bantul
publisher FSR ISI Yogyakarta
publishDate 2014
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17464
_version_ 1741197472523354112