Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Instrument Keyboard di Mazmur Musik Yayasan Bukit Zion Surabaya untuk Anak Setingkat Sekolah Dasar Kelas 1 dan 2

Mazmur Musik adalah tempat untuk kursus musik, pembelajaran pada alat musik keyboard untuk anak setingkat sekolah dasar kelas 1 dan 2 yang berada di Jalan. Manyar Kartika Timur no. 2-6 Surabaya, Mazmur Musik ini berada dibawah naungan Yayasan Bukit Zion Surabaya yang tuju...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MICHAIL
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2014
Subjects:
MS/
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17500
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Mazmur Musik adalah tempat untuk kursus musik, pembelajaran pada alat musik keyboard untuk anak setingkat sekolah dasar kelas 1 dan 2 yang berada di Jalan. Manyar Kartika Timur no. 2-6 Surabaya, Mazmur Musik ini berada dibawah naungan Yayasan Bukit Zion Surabaya yang tujuannya adalah untuk mendidik orang dalam bidang seni musik untuk lingkungan intern gereja maupun masyarakat umum dengan modul dari ABRSM dan Dinas P dan K Surabaya. Pembelajaran dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan, pertemuan dibagi dalam tiga tahap yaitu tahap awal siswa belajar mengenal bagian-bagian instrument keyboard, tangga nada Mayor C, letak nada pada paranada, letak jari pada tuts, belajar memahami nilai not pada prakteknya serta belajar praktek tangganada 5 jari dan 1 oktaf. Tahap menengah siswa belajar praktek tangga nada Mayor C, 1-2 oktaf posisi searah dan berlawanan dengan 2 tangan bersamaan, belajar lagu God is so good, lagu Si Semut dan lagu Sungguh ku Puas yaitu melodi dan akord saja dan tahap akhir siswa belajar lagu God is so good, lagu Si Semut, dan lagu Sungguh ku Puas lengkap dengan memakai intro, style, melody, interlude dan ending. Hasil yang didapatkan di Mazmur Musik adalah sebagian besar anak-anak setingkat sekolah dasar kelas 1 dan 2 dapat bermain instrument keyboard dengan baik karena ditunjang oleh adanya fasilitas instrument keyboard di rumah sebagai sarana berlatih, dan sebagian kecil siswa kurang berhasil dikarenakan tidak tersedianya fasilitas instrument keyboard di rumah. Selain itu hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bacaan bagi pengajar, siswa-siswi di Mazmur Musik maupun untuk masyarakat umum.