Proses Kreatif Penciptaan "Tari Aku Ingin Menjadi Kupu-kupu" Karya Anak-anak Tunarungu di Deaf Art Community Yogyakarta

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi anak-anak tunarungu dalam menciptakan dan mementaskan tari “Aku Ingin Menjadi Kupu-Kupu”, serta mengetahui lebih dalam proses kreatif anak-anak tunarungu dalam menciptakan tari. Proses Kreatif anak-anak tunarungu dalam menciptakan tari “Aku Ingi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SAENAL, Selfiana
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Program Pascasarjana ISI Yogyakarta 2014
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17690
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-17690
record_format oai_dc
spelling isilib-176902015-02-16T11:18:12Z Proses Kreatif Penciptaan "Tari Aku Ingin Menjadi Kupu-kupu" Karya Anak-anak Tunarungu di Deaf Art Community Yogyakarta SAENAL, Selfiana Komunitas Seni Kreativitas Motivasi Program Pascasarjana ISI Yogyakarta 2014 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17690 TES/ST/Sae/p/2014 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi anak-anak tunarungu dalam menciptakan dan mementaskan tari “Aku Ingin Menjadi Kupu-Kupu”, serta mengetahui lebih dalam proses kreatif anak-anak tunarungu dalam menciptakan tari. Proses Kreatif anak-anak tunarungu dalam menciptakan tari “Aku Ingin Menjadi Kupu-Kupu” dianalisis menggunakan empat aspek yaitu aspek pribadi, pendorong, proses, dan produk melalui pendekatan budaya etik dan emik. Selanjutnya dianalisis menggunakan 3N menurut Ki Hajar Dewantara yang terdiri dari Niteni, Nirokke, dan Nambahi. Kesimpulan penelitian menemukan, motivasi anak-anak tunarungu dalam berkarya adalah sebagai bentuk pembuktian bahwa anak-anak tunarungu dapat berkarya seperti anak-anak normal lainnya. Proses kreatif anak-anak tunarungu tidak jauh berbeda dengan dengan manusia normal pada umumnya. Keterbatasan pada pendengarannya, menjadikan indra penglihatan sebagai alat untuk mengembangkan kreatifitasnya Yogyakarta xiv, 99 hlm.: ilus., 27 cm. TES/ST/ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Komunitas Seni
Kreativitas
Motivasi
TES/ST/
spellingShingle Komunitas Seni
Kreativitas
Motivasi
TES/ST/
SAENAL, Selfiana
Proses Kreatif Penciptaan "Tari Aku Ingin Menjadi Kupu-kupu" Karya Anak-anak Tunarungu di Deaf Art Community Yogyakarta
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi anak-anak tunarungu dalam menciptakan dan mementaskan tari “Aku Ingin Menjadi Kupu-Kupu”, serta mengetahui lebih dalam proses kreatif anak-anak tunarungu dalam menciptakan tari. Proses Kreatif anak-anak tunarungu dalam menciptakan tari “Aku Ingin Menjadi Kupu-Kupu” dianalisis menggunakan empat aspek yaitu aspek pribadi, pendorong, proses, dan produk melalui pendekatan budaya etik dan emik. Selanjutnya dianalisis menggunakan 3N menurut Ki Hajar Dewantara yang terdiri dari Niteni, Nirokke, dan Nambahi. Kesimpulan penelitian menemukan, motivasi anak-anak tunarungu dalam berkarya adalah sebagai bentuk pembuktian bahwa anak-anak tunarungu dapat berkarya seperti anak-anak normal lainnya. Proses kreatif anak-anak tunarungu tidak jauh berbeda dengan dengan manusia normal pada umumnya. Keterbatasan pada pendengarannya, menjadikan indra penglihatan sebagai alat untuk mengembangkan kreatifitasnya
format Tugas Akhir
author SAENAL, Selfiana
author_facet SAENAL, Selfiana
author_sort SAENAL, Selfiana
title Proses Kreatif Penciptaan "Tari Aku Ingin Menjadi Kupu-kupu" Karya Anak-anak Tunarungu di Deaf Art Community Yogyakarta
title_short Proses Kreatif Penciptaan "Tari Aku Ingin Menjadi Kupu-kupu" Karya Anak-anak Tunarungu di Deaf Art Community Yogyakarta
title_full Proses Kreatif Penciptaan "Tari Aku Ingin Menjadi Kupu-kupu" Karya Anak-anak Tunarungu di Deaf Art Community Yogyakarta
title_fullStr Proses Kreatif Penciptaan "Tari Aku Ingin Menjadi Kupu-kupu" Karya Anak-anak Tunarungu di Deaf Art Community Yogyakarta
title_full_unstemmed Proses Kreatif Penciptaan "Tari Aku Ingin Menjadi Kupu-kupu" Karya Anak-anak Tunarungu di Deaf Art Community Yogyakarta
title_sort proses kreatif penciptaan "tari aku ingin menjadi kupu-kupu" karya anak-anak tunarungu di deaf art community yogyakarta
publisher Program Pascasarjana ISI Yogyakarta
publishDate 2014
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17690
_version_ 1741197518273773568