Proses Kreatif Penciptaan "Tari Aku Ingin Menjadi Kupu-kupu" Karya Anak-anak Tunarungu di Deaf Art Community Yogyakarta
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi anak-anak tunarungu dalam menciptakan dan mementaskan tari “Aku Ingin Menjadi Kupu-Kupu”, serta mengetahui lebih dalam proses kreatif anak-anak tunarungu dalam menciptakan tari. Proses Kreatif anak-anak tunarungu dalam menciptakan tari “Aku Ingi...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Program Pascasarjana ISI Yogyakarta
2014
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17690 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-17690 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-176902015-02-16T11:18:12Z Proses Kreatif Penciptaan "Tari Aku Ingin Menjadi Kupu-kupu" Karya Anak-anak Tunarungu di Deaf Art Community Yogyakarta SAENAL, Selfiana Komunitas Seni Kreativitas Motivasi Program Pascasarjana ISI Yogyakarta 2014 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17690 TES/ST/Sae/p/2014 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi anak-anak tunarungu dalam menciptakan dan mementaskan tari “Aku Ingin Menjadi Kupu-Kupu”, serta mengetahui lebih dalam proses kreatif anak-anak tunarungu dalam menciptakan tari. Proses Kreatif anak-anak tunarungu dalam menciptakan tari “Aku Ingin Menjadi Kupu-Kupu” dianalisis menggunakan empat aspek yaitu aspek pribadi, pendorong, proses, dan produk melalui pendekatan budaya etik dan emik. Selanjutnya dianalisis menggunakan 3N menurut Ki Hajar Dewantara yang terdiri dari Niteni, Nirokke, dan Nambahi. Kesimpulan penelitian menemukan, motivasi anak-anak tunarungu dalam berkarya adalah sebagai bentuk pembuktian bahwa anak-anak tunarungu dapat berkarya seperti anak-anak normal lainnya. Proses kreatif anak-anak tunarungu tidak jauh berbeda dengan dengan manusia normal pada umumnya. Keterbatasan pada pendengarannya, menjadikan indra penglihatan sebagai alat untuk mengembangkan kreatifitasnya Yogyakarta xiv, 99 hlm.: ilus., 27 cm. TES/ST/ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Komunitas Seni Kreativitas Motivasi TES/ST/ |
spellingShingle |
Komunitas Seni Kreativitas Motivasi TES/ST/ SAENAL, Selfiana Proses Kreatif Penciptaan "Tari Aku Ingin Menjadi Kupu-kupu" Karya Anak-anak Tunarungu di Deaf Art Community Yogyakarta |
description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi anak-anak tunarungu dalam menciptakan dan mementaskan tari “Aku Ingin Menjadi Kupu-Kupu”, serta mengetahui lebih dalam proses kreatif anak-anak tunarungu dalam menciptakan tari. Proses Kreatif anak-anak tunarungu dalam menciptakan tari “Aku Ingin Menjadi Kupu-Kupu” dianalisis menggunakan empat aspek yaitu aspek pribadi, pendorong, proses, dan produk melalui pendekatan budaya etik dan emik. Selanjutnya dianalisis menggunakan 3N menurut Ki Hajar Dewantara yang terdiri dari Niteni, Nirokke, dan Nambahi. Kesimpulan penelitian menemukan, motivasi anak-anak tunarungu dalam berkarya adalah sebagai bentuk pembuktian bahwa anak-anak tunarungu dapat berkarya seperti anak-anak normal lainnya. Proses kreatif anak-anak tunarungu tidak jauh berbeda dengan dengan manusia normal pada umumnya. Keterbatasan pada pendengarannya, menjadikan indra penglihatan sebagai alat untuk mengembangkan kreatifitasnya |
format |
Tugas Akhir |
author |
SAENAL, Selfiana |
author_facet |
SAENAL, Selfiana |
author_sort |
SAENAL, Selfiana |
title |
Proses Kreatif Penciptaan "Tari Aku Ingin Menjadi Kupu-kupu" Karya Anak-anak Tunarungu di Deaf Art Community Yogyakarta |
title_short |
Proses Kreatif Penciptaan "Tari Aku Ingin Menjadi Kupu-kupu" Karya Anak-anak Tunarungu di Deaf Art Community Yogyakarta |
title_full |
Proses Kreatif Penciptaan "Tari Aku Ingin Menjadi Kupu-kupu" Karya Anak-anak Tunarungu di Deaf Art Community Yogyakarta |
title_fullStr |
Proses Kreatif Penciptaan "Tari Aku Ingin Menjadi Kupu-kupu" Karya Anak-anak Tunarungu di Deaf Art Community Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Proses Kreatif Penciptaan "Tari Aku Ingin Menjadi Kupu-kupu" Karya Anak-anak Tunarungu di Deaf Art Community Yogyakarta |
title_sort |
proses kreatif penciptaan "tari aku ingin menjadi kupu-kupu" karya anak-anak tunarungu di deaf art community yogyakarta |
publisher |
Program Pascasarjana ISI Yogyakarta |
publishDate |
2014 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17690 |
_version_ |
1741197518273773568 |