Metode pembelajaran seni teater untuk anak-anak usia sekolah dasar
Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk merancang model panduan pembelajaran seni teater untuk anak-anak usia SD. Panduan ini meliputi materi, bentuk, teknik dan langkah-langkah untuk meningkatkan keahlian anak-anak dalam bermain teater. Dalam kaitannya dengan tempat pementasan bagi anak-anak u...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Lembaga Penelitian ISI Yk
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=18353 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk merancang model panduan pembelajaran seni teater untuk anak-anak usia SD. Panduan ini meliputi materi, bentuk, teknik dan langkah-langkah untuk meningkatkan keahlian anak-anak dalam bermain teater. Dalam kaitannya dengan tempat pementasan bagi anak-anak usia SD maka perlu disadari bahwa tidak setiap SD memiliki ruang yang layak sebagai tempat pementasan. untuk itu pementasan tetater tidak harus di gedung kesenian tetapi bisa di lingkungan sekitar sekolah. Prinsipnya adalah mampu menciptakan komunikasi anatara pementasan dengan penonton. Agar anak-anak mudah diberdayakan dalam proses pembelajaran seni teater maka akan diperguankan langkah-langkah berikut : naskah diangkat dari relaitas kehidupan anak-anak sehari-hari, bentuk epemntasan sederhana, dialognya menggunakan bahasa yang sederhana, ejnis perwatakan tokoh bersifat hitam putih agar amanat yang dsampaikan mudah dipahami anak-anak. |
---|