Teater sebagai media pemberdayaan anak

Penelitian ini menunjukkan bahwa teater bukan semata-mata sebagai ekspresi estetik. Teater dapat difungsikan sebagai metode dalam rangka mengembangkan sekaligus mendorong pertumbuhan masyarakat. Tetaer menjadi perangkat metode dalam upaya membangun sikap kritis masyarakat sehingga masyarakat memilik...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARISONA, Nanang
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: lemabga penelitian ISi Yk 2003
Subjects:
PEN
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=18363
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini menunjukkan bahwa teater bukan semata-mata sebagai ekspresi estetik. Teater dapat difungsikan sebagai metode dalam rangka mengembangkan sekaligus mendorong pertumbuhan masyarakat. Tetaer menjadi perangkat metode dalam upaya membangun sikap kritis masyarakat sehingga masyarakat memiliki mobilitas perubahan yang konstruktif. n Metode uatama dalam teater pemberdayaan anak adalah membuka seluas-luasnya ruang partisipasi anak dalam suatu proses perubahan dengan memanfaatkan naluri utama anaka-anak yaitu naluri bermain. Oleh karena itu metode teater pemberdayaan dikemas dalam bentuk permainan yang menyenangkan anak. Secara tidak langsung anak-anak bermain sambil belajar. Dalam bermain anak-anak selalu diposisikan sebagai objek sehingga memiliki kemampuan dan rasa percaya diri dalam melakukan perubahan.