Kemelut
Kemelut merupakan karya tari yang mengangkat suatu peristiwa kesedihan ramawijaya yang ditinggal mati istrinya sehingga menimbulkan rasa sedih, bingung, kalut, kacau, gundah, benci dan marah yang tidak bisa dihapus dalam pikiran ramawijaya. Di sisi lain rama harus berhadapan dengan rahwana yang tak...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
1993
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=18616 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-18616 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-186162015-04-14T08:14:46Z Kemelut SURACHMAN Seni tari penciptaan FSP ISI Yogyakarta 1993 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=18616 ST.PCT/Sur/k/1993 Kemelut merupakan karya tari yang mengangkat suatu peristiwa kesedihan ramawijaya yang ditinggal mati istrinya sehingga menimbulkan rasa sedih, bingung, kalut, kacau, gundah, benci dan marah yang tidak bisa dihapus dalam pikiran ramawijaya. Di sisi lain rama harus berhadapan dengan rahwana yang tak lain tokoh simbol hawa nafsu yang harus dimusnahkan yang paling sulit adalah memerangi hawa nafsu sendiri. Bentuk garapan tari ini memakai tipe tari dramatik dengan mode penyajian simbolik representasional yang diambil dari gaya Yogyakarta dan gaya Surakarta yang dimodif dengan motif mlincer dari tari barsis bali dan rantak serta tusuk dalam tari sumatera yang tetap diiringi gamelan jawa berlaras pelog dan slendro. Yogyakarta ix, 112 hal. : il. ; 30 cm ST.PCT http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Seni tari penciptaan ST.PCT |
spellingShingle |
Seni tari penciptaan ST.PCT SURACHMAN Kemelut |
description |
Kemelut merupakan karya tari yang mengangkat suatu peristiwa kesedihan ramawijaya yang ditinggal mati istrinya sehingga menimbulkan rasa sedih, bingung, kalut, kacau, gundah, benci dan marah yang tidak bisa dihapus dalam pikiran ramawijaya. Di sisi lain rama harus berhadapan dengan rahwana yang tak lain tokoh simbol hawa nafsu yang harus dimusnahkan yang paling sulit adalah memerangi hawa nafsu sendiri. Bentuk garapan tari ini memakai tipe tari dramatik dengan mode penyajian simbolik representasional yang diambil dari gaya Yogyakarta dan gaya Surakarta yang dimodif dengan motif mlincer dari tari barsis bali dan rantak serta tusuk dalam tari sumatera yang tetap diiringi gamelan jawa berlaras pelog dan slendro. |
format |
Tugas Akhir |
author |
SURACHMAN |
author_facet |
SURACHMAN |
author_sort |
SURACHMAN |
title |
Kemelut |
title_short |
Kemelut |
title_full |
Kemelut |
title_fullStr |
Kemelut |
title_full_unstemmed |
Kemelut |
title_sort |
kemelut |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
1993 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=18616 |
_version_ |
1741197705096462336 |