Kemelut

Kemelut merupakan karya tari yang mengangkat suatu peristiwa kesedihan ramawijaya yang ditinggal mati istrinya sehingga menimbulkan rasa sedih, bingung, kalut, kacau, gundah, benci dan marah yang tidak bisa dihapus dalam pikiran ramawijaya. Di sisi lain rama harus berhadapan dengan rahwana yang tak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SURACHMAN
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 1993
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=18616
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-18616
record_format oai_dc
spelling isilib-186162015-04-14T08:14:46Z Kemelut SURACHMAN Seni tari penciptaan FSP ISI Yogyakarta 1993 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=18616 ST.PCT/Sur/k/1993 Kemelut merupakan karya tari yang mengangkat suatu peristiwa kesedihan ramawijaya yang ditinggal mati istrinya sehingga menimbulkan rasa sedih, bingung, kalut, kacau, gundah, benci dan marah yang tidak bisa dihapus dalam pikiran ramawijaya. Di sisi lain rama harus berhadapan dengan rahwana yang tak lain tokoh simbol hawa nafsu yang harus dimusnahkan yang paling sulit adalah memerangi hawa nafsu sendiri. Bentuk garapan tari ini memakai tipe tari dramatik dengan mode penyajian simbolik representasional yang diambil dari gaya Yogyakarta dan gaya Surakarta yang dimodif dengan motif mlincer dari tari barsis bali dan rantak serta tusuk dalam tari sumatera yang tetap diiringi gamelan jawa berlaras pelog dan slendro. Yogyakarta ix, 112 hal. : il. ; 30 cm ST.PCT http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Seni tari penciptaan
ST.PCT
spellingShingle Seni tari penciptaan
ST.PCT
SURACHMAN
Kemelut
description Kemelut merupakan karya tari yang mengangkat suatu peristiwa kesedihan ramawijaya yang ditinggal mati istrinya sehingga menimbulkan rasa sedih, bingung, kalut, kacau, gundah, benci dan marah yang tidak bisa dihapus dalam pikiran ramawijaya. Di sisi lain rama harus berhadapan dengan rahwana yang tak lain tokoh simbol hawa nafsu yang harus dimusnahkan yang paling sulit adalah memerangi hawa nafsu sendiri. Bentuk garapan tari ini memakai tipe tari dramatik dengan mode penyajian simbolik representasional yang diambil dari gaya Yogyakarta dan gaya Surakarta yang dimodif dengan motif mlincer dari tari barsis bali dan rantak serta tusuk dalam tari sumatera yang tetap diiringi gamelan jawa berlaras pelog dan slendro.
format Tugas Akhir
author SURACHMAN
author_facet SURACHMAN
author_sort SURACHMAN
title Kemelut
title_short Kemelut
title_full Kemelut
title_fullStr Kemelut
title_full_unstemmed Kemelut
title_sort kemelut
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 1993
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=18616
_version_ 1741197705096462336