Pertunjukan Jejalan Karya Teater Garasi : Tinjauan Manajemen Pemasaran Jasa Marketing Mix Plus (7P's).

Sebuah kelompok kesenian khususnya teater sudah seharusnya memiliki manajemen. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan koordinasi dan keteraturan dalam mewujudkan suatu pertunjukan teater. Penyelenggara sebuah pertunjukan teater team work yaitu kerja bersama yang tergantung pada kreator, petugas panggung...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ANISWATI, Ratna
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2011
Subjects:
TE
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=18811
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-18811
record_format oai_dc
spelling isilib-188112015-04-14T08:20:33Z Pertunjukan Jejalan Karya Teater Garasi : Tinjauan Manajemen Pemasaran Jasa Marketing Mix Plus (7P's). ANISWATI, Ratna Jejalan. Manajemen Pemasaran Teater Garasi FSP ISI Yogyakarta 2011 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=18811 TE/Ani/p/2011. Sebuah kelompok kesenian khususnya teater sudah seharusnya memiliki manajemen. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan koordinasi dan keteraturan dalam mewujudkan suatu pertunjukan teater. Penyelenggara sebuah pertunjukan teater team work yaitu kerja bersama yang tergantung pada kreator, petugas panggung, dan tim produksi. Kerja sama akan berjalan apabila tanggung jawab dibagi dan jalur komunikasi terbuka, langsung dan hangat, karena hasil yang baik akan tercapai apabila keahlian diberbagai bidang dapat dipadukan. Teater Garasi dapat dijadikan contoh sebuah kelompok teater yang memiliki manajemen yang solid dan konsisten dalam mempertunjukkan karya-karyanya. Manajemen pemasaran adalah bagian dari manajemen produksi. Walau memiliki cakupan yang lebih sempit, namun bagian manajemen pemasaran ini jangan dipandang sebelah mata, karena menajemen pemasaran berjalan beriringan dengan pendapat yang mengatakan bahwa tujuan akhir dari sebuah kerja kesenian adalah pementasan. Pertunjukan Jejalan yang penulis pilih sebagai studi kasus pada penelitian ini telah banyak memaparkan fakta bahwa konsep-konsep manajemen pemasaran telah diterapkan pada manajemen Teater Garasi. Teater Garasi merupakan kelompok teater yang dikenal karena komitmennya untuk mengembangkan dan menciptakan karya pertunjukan yang segar dan orisinil, berbasis pada kajian atas tradisi seni pertunjukan / teater yang ada dan menggabungkannya dengan media / sensibilitas citra kontemporer. Berdasarkan hal tersebut maka di tahun 2008 Teater Garasi mementaskan pertunjukan Jejalan, yang menjadi salah satu karya unggulan Teater Garasi sendiri. Jejalan merupakan pertunjukan teater tari dan teater imaji yang ingin bercerita tentang kontradiksi yang ada di (pinggir) jalan kota-kota di Indonesia. Pertunjukan ini menghadirkan kontradiksi antara yang modern dan yang tradisional, yang elit dan 'kebanyakan', yang berkuasa dan yang terpinggirkan, yang agung dan murahan, serta sederet lainnya. Yogyakarta xv, 120 hal., ill., 30 cm. TE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Jejalan.
Manajemen Pemasaran Teater Garasi
TE
spellingShingle Jejalan.
Manajemen Pemasaran Teater Garasi
TE
ANISWATI, Ratna
Pertunjukan Jejalan Karya Teater Garasi : Tinjauan Manajemen Pemasaran Jasa Marketing Mix Plus (7P's).
description Sebuah kelompok kesenian khususnya teater sudah seharusnya memiliki manajemen. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan koordinasi dan keteraturan dalam mewujudkan suatu pertunjukan teater. Penyelenggara sebuah pertunjukan teater team work yaitu kerja bersama yang tergantung pada kreator, petugas panggung, dan tim produksi. Kerja sama akan berjalan apabila tanggung jawab dibagi dan jalur komunikasi terbuka, langsung dan hangat, karena hasil yang baik akan tercapai apabila keahlian diberbagai bidang dapat dipadukan. Teater Garasi dapat dijadikan contoh sebuah kelompok teater yang memiliki manajemen yang solid dan konsisten dalam mempertunjukkan karya-karyanya. Manajemen pemasaran adalah bagian dari manajemen produksi. Walau memiliki cakupan yang lebih sempit, namun bagian manajemen pemasaran ini jangan dipandang sebelah mata, karena menajemen pemasaran berjalan beriringan dengan pendapat yang mengatakan bahwa tujuan akhir dari sebuah kerja kesenian adalah pementasan. Pertunjukan Jejalan yang penulis pilih sebagai studi kasus pada penelitian ini telah banyak memaparkan fakta bahwa konsep-konsep manajemen pemasaran telah diterapkan pada manajemen Teater Garasi. Teater Garasi merupakan kelompok teater yang dikenal karena komitmennya untuk mengembangkan dan menciptakan karya pertunjukan yang segar dan orisinil, berbasis pada kajian atas tradisi seni pertunjukan / teater yang ada dan menggabungkannya dengan media / sensibilitas citra kontemporer. Berdasarkan hal tersebut maka di tahun 2008 Teater Garasi mementaskan pertunjukan Jejalan, yang menjadi salah satu karya unggulan Teater Garasi sendiri. Jejalan merupakan pertunjukan teater tari dan teater imaji yang ingin bercerita tentang kontradiksi yang ada di (pinggir) jalan kota-kota di Indonesia. Pertunjukan ini menghadirkan kontradiksi antara yang modern dan yang tradisional, yang elit dan 'kebanyakan', yang berkuasa dan yang terpinggirkan, yang agung dan murahan, serta sederet lainnya.
format Tugas Akhir
author ANISWATI, Ratna
author_facet ANISWATI, Ratna
author_sort ANISWATI, Ratna
title Pertunjukan Jejalan Karya Teater Garasi : Tinjauan Manajemen Pemasaran Jasa Marketing Mix Plus (7P's).
title_short Pertunjukan Jejalan Karya Teater Garasi : Tinjauan Manajemen Pemasaran Jasa Marketing Mix Plus (7P's).
title_full Pertunjukan Jejalan Karya Teater Garasi : Tinjauan Manajemen Pemasaran Jasa Marketing Mix Plus (7P's).
title_fullStr Pertunjukan Jejalan Karya Teater Garasi : Tinjauan Manajemen Pemasaran Jasa Marketing Mix Plus (7P's).
title_full_unstemmed Pertunjukan Jejalan Karya Teater Garasi : Tinjauan Manajemen Pemasaran Jasa Marketing Mix Plus (7P's).
title_sort pertunjukan jejalan karya teater garasi : tinjauan manajemen pemasaran jasa marketing mix plus (7p's).
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2011
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=18811
_version_ 1741197744823861248