Pyang Pyung
Dalam tulisan ini menyebutkan bahwa minoritas peran instrumen kempyang dalam gamelan merupakan potensi yang diolah sedemikian rupa sehingga karya ini merupakan manifestasi keinginan penulis untuk menunjukkan pemaknaan subyektif dari sebuah objek yang kecil sehingga dapat memunculkan potensi yang lua...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yogyakarta
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=19518 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Dalam tulisan ini menyebutkan bahwa minoritas peran instrumen kempyang dalam gamelan merupakan potensi yang diolah sedemikian rupa sehingga karya ini merupakan manifestasi keinginan penulis untuk menunjukkan pemaknaan subyektif dari sebuah objek yang kecil sehingga dapat memunculkan potensi yang luar biasa sebagi subyek penciptaan seni musik.Kempyang dan kempyung merupakan dua bentuk perpaduan nada yang dapat disejajarkan untuk saling melengkapi dan sama-sama berperan dalam membangun dinamika dalam musik karawitan melalui efek bunyi, maupun karakter yang mampu diciptakannya. Keduanya merupakan bagian dari substansi dasar dalam karawitan yang berpotensi dimana kontras masing-masing efek suara yang muncul dapat diseimbangkan sesuai dengan persepsi dan orientasi presentasi estetis penulis melalui suatu penciptaan komposisi musik yang memadukan kedua kombinasi tersebut sebagai dua hal yang berlawanan yang saling melengkapi dalam keseimbangan harmoni sebuah komposisi musik nusantara. |
---|