Pyang Pyung
Dalam tulisan ini menyebutkan bahwa minoritas peran instrumen kempyang dalam gamelan merupakan potensi yang diolah sedemikian rupa sehingga karya ini merupakan manifestasi keinginan penulis untuk menunjukkan pemaknaan subyektif dari sebuah objek yang kecil sehingga dapat memunculkan potensi yang lua...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yogyakarta
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=19518 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-19518 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-195182015-04-14T08:20:33Z Pyang Pyung SUNEKO, Anon kempyung kempyang siliran PPS ISI Yogyakarta 2011 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=19518 TES/MN/Sun/p/2011 Dalam tulisan ini menyebutkan bahwa minoritas peran instrumen kempyang dalam gamelan merupakan potensi yang diolah sedemikian rupa sehingga karya ini merupakan manifestasi keinginan penulis untuk menunjukkan pemaknaan subyektif dari sebuah objek yang kecil sehingga dapat memunculkan potensi yang luar biasa sebagi subyek penciptaan seni musik.Kempyang dan kempyung merupakan dua bentuk perpaduan nada yang dapat disejajarkan untuk saling melengkapi dan sama-sama berperan dalam membangun dinamika dalam musik karawitan melalui efek bunyi, maupun karakter yang mampu diciptakannya. Keduanya merupakan bagian dari substansi dasar dalam karawitan yang berpotensi dimana kontras masing-masing efek suara yang muncul dapat diseimbangkan sesuai dengan persepsi dan orientasi presentasi estetis penulis melalui suatu penciptaan komposisi musik yang memadukan kedua kombinasi tersebut sebagai dua hal yang berlawanan yang saling melengkapi dalam keseimbangan harmoni sebuah komposisi musik nusantara. Yogyakarta ix,89 hal.: ilus.; 30 cm TES http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
kempyung kempyang siliran TES |
spellingShingle |
kempyung kempyang siliran TES SUNEKO, Anon Pyang Pyung |
description |
Dalam tulisan ini menyebutkan bahwa minoritas peran instrumen kempyang dalam gamelan merupakan potensi yang diolah sedemikian rupa sehingga karya ini merupakan manifestasi keinginan penulis untuk menunjukkan pemaknaan subyektif dari sebuah objek yang kecil sehingga dapat memunculkan potensi yang luar biasa sebagi subyek penciptaan seni musik.Kempyang dan kempyung merupakan dua bentuk perpaduan nada yang dapat disejajarkan untuk saling melengkapi dan sama-sama berperan dalam membangun dinamika dalam musik karawitan melalui efek bunyi, maupun karakter yang mampu diciptakannya. Keduanya merupakan bagian dari substansi dasar dalam karawitan yang berpotensi dimana kontras masing-masing efek suara yang muncul dapat diseimbangkan sesuai dengan persepsi dan orientasi presentasi estetis penulis melalui suatu penciptaan komposisi musik yang memadukan kedua kombinasi tersebut sebagai dua hal yang berlawanan yang saling melengkapi dalam keseimbangan harmoni sebuah komposisi musik nusantara. |
format |
Tugas Akhir |
author |
SUNEKO, Anon |
author_facet |
SUNEKO, Anon |
author_sort |
SUNEKO, Anon |
title |
Pyang Pyung |
title_short |
Pyang Pyung |
title_full |
Pyang Pyung |
title_fullStr |
Pyang Pyung |
title_full_unstemmed |
Pyang Pyung |
title_sort |
pyang pyung |
publisher |
PPS ISI Yogyakarta |
publishDate |
2011 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=19518 |
_version_ |
1741197890029617152 |