Konsep gerak tokoh sarpakenaka dalam sarpakenaka pagas

Garapan tari ini lebih ditekankan pada konsep gerak salah satu tokoh yang ada di dalamnya, yaitu pada tokoh Sarpakenaka. Konsep gerak ini telah mengalami pengembangan dan variasi dari motir-motir gerak tradisi yang nantinya dari pengembangan itu diharapkan munculnya gerak-gerak baru. Sebagai penduku...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MUJIYANI
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Fak. Non Gelar Kesenian ISI Yk 1992
Subjects:
D3
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=19835
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Garapan tari ini lebih ditekankan pada konsep gerak salah satu tokoh yang ada di dalamnya, yaitu pada tokoh Sarpakenaka. Konsep gerak ini telah mengalami pengembangan dan variasi dari motir-motir gerak tradisi yang nantinya dari pengembangan itu diharapkan munculnya gerak-gerak baru. Sebagai pendukung karakterisasi dari Sarpakenaka, unsur gerak yang dipergunkan yaitu gerak pendhapan dan kicat. Sarpakenaka ditampilkan sebagai sosok wanita yang mempunyai sifat kasar, bengis dan kurang perhitungan. Sarpakenaka disini ditampilkan juga sebagai wanita yang mudah jatuh cinta kepada lelaki lain hingga mengakibatkan grumpung hidungnya.Penyajian garapan tari didukung oleh 3 (tiga) penari, masing-masing sebagai Raden Laksmana, Sarpakenaka, dan jelmaanya Sarpakenaka berwajah cantik.Dalam penyajiannya sesuai dengan judul garapan menekankan saat Sarpakenaka dipagas hidungnya, yang menimbulkan perselisihan antara Raden Laksmana dengan Sarpakenaka.