Damar Wulan
Sesuai dengan sumber garapan berpijak pada tari putri gaya Yogyakarta. Karya tari berjudul Damar Wulan menggunakan tipe tari dramatik, misalnya Ratu Ayu Kencana Wungu mempunyai rasa cinta dan kasih terhadap Damar Wulan. Menak Jingga waktu kedatangan Ratu Ayu Kencana Wungu, Damar Wulan di suruh menyi...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FKS ISI Yk
1987
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=20721 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-20721 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-207212015-04-14T08:20:33Z Damar Wulan HARINI, Ninik Damar Wulan FKS ISI Yk 1987 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=20721 ST/Har/d/1987 Sesuai dengan sumber garapan berpijak pada tari putri gaya Yogyakarta. Karya tari berjudul Damar Wulan menggunakan tipe tari dramatik, misalnya Ratu Ayu Kencana Wungu mempunyai rasa cinta dan kasih terhadap Damar Wulan. Menak Jingga waktu kedatangan Ratu Ayu Kencana Wungu, Damar Wulan di suruh menyingkirkan dewangkoro. Tari Damar Wulan disajikan dalam bentuk simbolis, berpijak tari putri hanya menampilkan karakterisasi dari suatu tokoh - tokoh dimana setiap gerak dikembangkan, dipadukan, diolah satu sama lain. Gerak tari berpijak pada tari putri gaya Yogyakarta, dimana pengembangan dan pengusutan mengenai ritme, motif - motif gerak, pola lantai sesuai garapan yang akan disajikan, kemampuan koreografer, serta pendukung garapan ini. Iringan dengan gamelan Jawa Yogyakarta. Dekor menggunakan back drop warna biru, keris perlengkapan tari. Yogyakarta vii, 107 hal.; 30 cm. ST http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Damar Wulan ST |
spellingShingle |
Damar Wulan ST HARINI, Ninik Damar Wulan |
description |
Sesuai dengan sumber garapan berpijak pada tari putri gaya Yogyakarta. Karya tari berjudul Damar Wulan menggunakan tipe tari dramatik, misalnya Ratu Ayu Kencana Wungu mempunyai rasa cinta dan kasih terhadap Damar Wulan. Menak Jingga waktu kedatangan Ratu Ayu Kencana Wungu, Damar Wulan di suruh menyingkirkan dewangkoro. Tari Damar Wulan disajikan dalam bentuk simbolis, berpijak tari putri hanya menampilkan karakterisasi dari suatu tokoh - tokoh dimana setiap gerak dikembangkan, dipadukan, diolah satu sama lain. Gerak tari berpijak pada tari putri gaya Yogyakarta, dimana pengembangan dan pengusutan mengenai ritme, motif - motif gerak, pola lantai sesuai garapan yang akan disajikan, kemampuan koreografer, serta pendukung garapan ini. Iringan dengan gamelan Jawa Yogyakarta. Dekor menggunakan back drop warna biru, keris perlengkapan tari. |
format |
Tugas Akhir |
author |
HARINI, Ninik |
author_facet |
HARINI, Ninik |
author_sort |
HARINI, Ninik |
title |
Damar Wulan |
title_short |
Damar Wulan |
title_full |
Damar Wulan |
title_fullStr |
Damar Wulan |
title_full_unstemmed |
Damar Wulan |
title_sort |
damar wulan |
publisher |
FKS ISI Yk |
publishDate |
1987 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=20721 |
_version_ |
1741198134630940672 |