Pengaruh pelatihan musik terhadap kemampuan matematika anak kelas 3 SDK Pondok Berbah Sleman

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor pelatihan musik terhadap kemampuan matematika anak kelas 3 di SD pedesaan. Subyek dalam penelitian terdiri dari 26 siswa kelas 3 berusia 8 ; 0-10 tahun. Melalui random, subyek dikelompokkan dalam kelompok kontrol 13 anak dan kelompok eksperimen 13 anak....

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DJOHAN
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 1999
Subjects:
TES
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=24461
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-24461
record_format oai_dc
spelling isilib-244612015-04-14T08:41:58Z Pengaruh pelatihan musik terhadap kemampuan matematika anak kelas 3 SDK Pondok Berbah Sleman DJOHAN seni musik pelatihan musik kemampuan matematika PPS ISI Yogyakarta 1999 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=24461 TES/MB/Djo/p/1999 Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor pelatihan musik terhadap kemampuan matematika anak kelas 3 di SD pedesaan. Subyek dalam penelitian terdiri dari 26 siswa kelas 3 berusia 8 ; 0-10 tahun. Melalui random, subyek dikelompokkan dalam kelompok kontrol 13 anak dan kelompok eksperimen 13 anak. Penelitian eksperimen ini menggunakan pelatihan musik sebagai variabel independen dan kemampuan matematika sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Yogyakarta xiv, 155 hal. : lamp. ; 30 cm TES http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic seni musik pelatihan musik
kemampuan matematika
TES
spellingShingle seni musik pelatihan musik
kemampuan matematika
TES
DJOHAN
Pengaruh pelatihan musik terhadap kemampuan matematika anak kelas 3 SDK Pondok Berbah Sleman
description Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor pelatihan musik terhadap kemampuan matematika anak kelas 3 di SD pedesaan. Subyek dalam penelitian terdiri dari 26 siswa kelas 3 berusia 8 ; 0-10 tahun. Melalui random, subyek dikelompokkan dalam kelompok kontrol 13 anak dan kelompok eksperimen 13 anak. Penelitian eksperimen ini menggunakan pelatihan musik sebagai variabel independen dan kemampuan matematika sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
format Tugas Akhir
author DJOHAN
author_facet DJOHAN
author_sort DJOHAN
title Pengaruh pelatihan musik terhadap kemampuan matematika anak kelas 3 SDK Pondok Berbah Sleman
title_short Pengaruh pelatihan musik terhadap kemampuan matematika anak kelas 3 SDK Pondok Berbah Sleman
title_full Pengaruh pelatihan musik terhadap kemampuan matematika anak kelas 3 SDK Pondok Berbah Sleman
title_fullStr Pengaruh pelatihan musik terhadap kemampuan matematika anak kelas 3 SDK Pondok Berbah Sleman
title_full_unstemmed Pengaruh pelatihan musik terhadap kemampuan matematika anak kelas 3 SDK Pondok Berbah Sleman
title_sort pengaruh pelatihan musik terhadap kemampuan matematika anak kelas 3 sdk pondok berbah sleman
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 1999
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=24461
_version_ 1741198861229096960