Tari Gambyong Onang-Onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan Kasunanan Surakarta

Tari Gambyong Onang-Onang mengalami stilisasi, yaitu bentuk dan gaya berbeda dengan Gambyong yang berkembang di luar istana. Gambyong Onang-Onang susunan geraknya pada bagian ablon masih tetap urut, gerakan-gerakannya halus, dan terkendali, karena dalam penggarapannya menerapkan norma-norma tari put...

Ful tanımlama

Kaydedildi:
Detaylı Bibliyografya
Yazar: PURWANTININGSIH
Materyal Türü: Tugas Akhir
Dil:Indonesian
Baskı/Yayın Bilgisi: Fak. Kesenian ISI Yk 1990
Konular:
Online Erişim:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=24696
Etiketler: Etiketle
Etiket eklenmemiş, İlk siz ekleyin!
PINJAM
Diğer Bilgiler
Özet:Tari Gambyong Onang-Onang mengalami stilisasi, yaitu bentuk dan gaya berbeda dengan Gambyong yang berkembang di luar istana. Gambyong Onang-Onang susunan geraknya pada bagian ablon masih tetap urut, gerakan-gerakannya halus, dan terkendali, karena dalam penggarapannya menerapkan norma-norma tari putri istana. Agar dapat mengetahui bentuk keseluruhan Tari Gambyong Onang-Onang akan dikupas masalah bentuk geraknya meliputi sikap dan gerak. Di samping itu juga menerapkan ketentuan normatif dari tari istana, yaitu Hastha Sawanda yang uraiannya meliputi pacak, pancat, wilet, lulut, ulat, luwes, irama dan gending.