Tari Gambyong Onang-Onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan Kasunanan Surakarta

Tari Gambyong Onang-Onang mengalami stilisasi, yaitu bentuk dan gaya berbeda dengan Gambyong yang berkembang di luar istana. Gambyong Onang-Onang susunan geraknya pada bagian ablon masih tetap urut, gerakan-gerakannya halus, dan terkendali, karena dalam penggarapannya menerapkan norma-norma tari put...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PURWANTININGSIH
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Fak. Kesenian ISI Yk 1990
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=24696
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-24696
record_format oai_dc
spelling isilib-246962015-04-14T08:41:58Z Tari Gambyong Onang-Onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan Kasunanan Surakarta PURWANTININGSIH seni tari Tari Gambyong Onang-Onang Fak. Kesenian ISI Yk 1990 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=24696 ST.PKJ/Pur/t/1990 Tari Gambyong Onang-Onang mengalami stilisasi, yaitu bentuk dan gaya berbeda dengan Gambyong yang berkembang di luar istana. Gambyong Onang-Onang susunan geraknya pada bagian ablon masih tetap urut, gerakan-gerakannya halus, dan terkendali, karena dalam penggarapannya menerapkan norma-norma tari putri istana. Agar dapat mengetahui bentuk keseluruhan Tari Gambyong Onang-Onang akan dikupas masalah bentuk geraknya meliputi sikap dan gerak. Di samping itu juga menerapkan ketentuan normatif dari tari istana, yaitu Hastha Sawanda yang uraiannya meliputi pacak, pancat, wilet, lulut, ulat, luwes, irama dan gending. Yogyakarta vii, 89 hal. : ill. ; 30 cm ST.PKJ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic seni tari Tari Gambyong Onang-Onang
ST.PKJ
spellingShingle seni tari Tari Gambyong Onang-Onang
ST.PKJ
PURWANTININGSIH
Tari Gambyong Onang-Onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan Kasunanan Surakarta
description Tari Gambyong Onang-Onang mengalami stilisasi, yaitu bentuk dan gaya berbeda dengan Gambyong yang berkembang di luar istana. Gambyong Onang-Onang susunan geraknya pada bagian ablon masih tetap urut, gerakan-gerakannya halus, dan terkendali, karena dalam penggarapannya menerapkan norma-norma tari putri istana. Agar dapat mengetahui bentuk keseluruhan Tari Gambyong Onang-Onang akan dikupas masalah bentuk geraknya meliputi sikap dan gerak. Di samping itu juga menerapkan ketentuan normatif dari tari istana, yaitu Hastha Sawanda yang uraiannya meliputi pacak, pancat, wilet, lulut, ulat, luwes, irama dan gending.
format Tugas Akhir
author PURWANTININGSIH
author_facet PURWANTININGSIH
author_sort PURWANTININGSIH
title Tari Gambyong Onang-Onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan Kasunanan Surakarta
title_short Tari Gambyong Onang-Onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan Kasunanan Surakarta
title_full Tari Gambyong Onang-Onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan Kasunanan Surakarta
title_fullStr Tari Gambyong Onang-Onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan Kasunanan Surakarta
title_full_unstemmed Tari Gambyong Onang-Onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan Kasunanan Surakarta
title_sort tari gambyong onang-onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan kasunanan surakarta
publisher Fak. Kesenian ISI Yk
publishDate 1990
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=24696
_version_ 1741198903495098368