Tari Gambyong Onang-Onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan Kasunanan Surakarta
Tari Gambyong Onang-Onang mengalami stilisasi, yaitu bentuk dan gaya berbeda dengan Gambyong yang berkembang di luar istana. Gambyong Onang-Onang susunan geraknya pada bagian ablon masih tetap urut, gerakan-gerakannya halus, dan terkendali, karena dalam penggarapannya menerapkan norma-norma tari put...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Fak. Kesenian ISI Yk
1990
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=24696 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-24696 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-246962015-04-14T08:41:58Z Tari Gambyong Onang-Onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan Kasunanan Surakarta PURWANTININGSIH seni tari Tari Gambyong Onang-Onang Fak. Kesenian ISI Yk 1990 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=24696 ST.PKJ/Pur/t/1990 Tari Gambyong Onang-Onang mengalami stilisasi, yaitu bentuk dan gaya berbeda dengan Gambyong yang berkembang di luar istana. Gambyong Onang-Onang susunan geraknya pada bagian ablon masih tetap urut, gerakan-gerakannya halus, dan terkendali, karena dalam penggarapannya menerapkan norma-norma tari putri istana. Agar dapat mengetahui bentuk keseluruhan Tari Gambyong Onang-Onang akan dikupas masalah bentuk geraknya meliputi sikap dan gerak. Di samping itu juga menerapkan ketentuan normatif dari tari istana, yaitu Hastha Sawanda yang uraiannya meliputi pacak, pancat, wilet, lulut, ulat, luwes, irama dan gending. Yogyakarta vii, 89 hal. : ill. ; 30 cm ST.PKJ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
seni tari Tari Gambyong Onang-Onang ST.PKJ |
spellingShingle |
seni tari Tari Gambyong Onang-Onang ST.PKJ PURWANTININGSIH Tari Gambyong Onang-Onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan Kasunanan Surakarta |
description |
Tari Gambyong Onang-Onang mengalami stilisasi, yaitu bentuk dan gaya berbeda dengan Gambyong yang berkembang di luar istana. Gambyong Onang-Onang susunan geraknya pada bagian ablon masih tetap urut, gerakan-gerakannya halus, dan terkendali, karena dalam penggarapannya menerapkan norma-norma tari putri istana. Agar dapat mengetahui bentuk keseluruhan Tari Gambyong Onang-Onang akan dikupas masalah bentuk geraknya meliputi sikap dan gerak. Di samping itu juga menerapkan ketentuan normatif dari tari istana, yaitu Hastha Sawanda yang uraiannya meliputi pacak, pancat, wilet, lulut, ulat, luwes, irama dan gending. |
format |
Tugas Akhir |
author |
PURWANTININGSIH |
author_facet |
PURWANTININGSIH |
author_sort |
PURWANTININGSIH |
title |
Tari Gambyong Onang-Onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan Kasunanan Surakarta |
title_short |
Tari Gambyong Onang-Onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan Kasunanan Surakarta |
title_full |
Tari Gambyong Onang-Onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan Kasunanan Surakarta |
title_fullStr |
Tari Gambyong Onang-Onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan Kasunanan Surakarta |
title_full_unstemmed |
Tari Gambyong Onang-Onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan Kasunanan Surakarta |
title_sort |
tari gambyong onang-onang sebagai ekspresi budaya kaum bangsawan kasunanan surakarta |
publisher |
Fak. Kesenian ISI Yk |
publishDate |
1990 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=24696 |
_version_ |
1741198903495098368 |