Model Pembelajaran Olah Tubuh dengan Teknik Ngawet untuk Seni tari

Ngawet yang mendasari tari jawa merupakan salah satu pemikiran adiluhung empu tari istana yang perlu digali dan dimanfaatkan untuk kalangan masyarakat luas. Ngawet adalah koordinasi kontraksi otot pubococcigius dan rectus/transverses abdominis yang mengendalikan tulang ekor (sacrum) untuk menciptaka...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: MIROTO, Martinus
フォーマット: Tugas Akhir
言語:Indonesian
出版事項: ISI Yk 2010
主題:
PEN
オンライン・アクセス:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=24792
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
PINJAM
その他の書誌記述
要約:Ngawet yang mendasari tari jawa merupakan salah satu pemikiran adiluhung empu tari istana yang perlu digali dan dimanfaatkan untuk kalangan masyarakat luas. Ngawet adalah koordinasi kontraksi otot pubococcigius dan rectus/transverses abdominis yang mengendalikan tulang ekor (sacrum) untuk menciptakan energi vital kesempurnaan kesimbangan tubuh pada saat menari. Tiga komponen dalam konsep ngawet yakni: (1) ototpubococcigius (otot kawet diantara anus dan kelamin), (2) otot rectustransverses abdominis (otot perut diantara pusar dan tulang kemaluan), (3) tulang sakrum (cethik dia tas ujung ekor) menjadi perhatian khususu. Ketga komponen ini merupakan titik viatal, jika dikelola dengan benar akan bermanfaat untuk meningkatkan ketenangan rohani dan kesehatan ragawi yang diperlukan manusia baik untuk seni maupun kehidupan sehari2.