Audio visual sebagai media alternatif untuk metode pembelajaran penyandang autisme

Penelitian ini pada akhirnya hanya memberikan informasi tentang bermacam stumuli yang diperoleh dari beberapa ragam tayangan siaran televisi baik berupa film, filler, & iklan yang merupakan hasil "seleksi" dari seorang anak obyek terapi. Kemungkinan hasil tersebut belum tentu sesuai un...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HIDAYAT, Nanang Rakhmad
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Lembaga Penelitian ISI Yk 2001
Subjects:
PEN
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=25418
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini pada akhirnya hanya memberikan informasi tentang bermacam stumuli yang diperoleh dari beberapa ragam tayangan siaran televisi baik berupa film, filler, & iklan yang merupakan hasil "seleksi" dari seorang anak obyek terapi. Kemungkinan hasil tersebut belum tentu sesuai untuk dijadikan materi stimuli terhadap penyandang autisme yang lainnya.Pada tahap penelitian ini telah membuktikan adanya ketertarikan seorang anak autisme terhadap beberapa ragam tayangan siaran televisi. Adapun beberapa faktor "attention getter" yang ada pada stimuli yang mendapat respon kuat & konstan adalah : 1). Gerakan visual yang meliuk-liuk, dinamis, atraktif / kesan yang gerak yang diciptakan oleh kamera, seperti ; panning, track in, serta zoom in. 2). Warna-warni, terutama warna merah. 3). Ekspresi wajah tokoh (senyum, ketawa, mimik & gestur yang lucu). 4). Penayangan gambar secara repetitif dalam waktu yang cepat.