Analisis bentuk tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman
Tari gambyong yang berkembang saat ini pada mulanya merupakan tari awal paa pertunjukan tayub. Tayub pada waktu itu merupakan bagian dari upacara kesuburan. Akan tetapi perubahan-perubahan terus terjadi dalam kehidupan masyarakat, sehingga tari gambyong yang menjadi bagian dari tayub & terkait d...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Fak. Kesenian ISI Yk
1988
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=25760 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tari gambyong yang berkembang saat ini pada mulanya merupakan tari awal paa pertunjukan tayub. Tayub pada waktu itu merupakan bagian dari upacara kesuburan. Akan tetapi perubahan-perubahan terus terjadi dalam kehidupan masyarakat, sehingga tari gambyong yang menjadi bagian dari tayub & terkait dengan upacara kesuburan, lepas menjadi tari yang berdiri sendiri. Sebagai seorang seniman yang kreatif S. Ngaliman menyusun tari Gambyong Pareanom ini berbeda dibandingkan dengan tari gambyong lainnya. Perbedaan itu terletak pada susunan motif-motif gerak & gending pengiringnya. Perbedaan tersebut menjadikan tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman kelihatan lincah & dinamis. |
---|