Analisis bentuk tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman

Tari gambyong yang berkembang saat ini pada mulanya merupakan tari awal paa pertunjukan tayub. Tayub pada waktu itu merupakan bagian dari upacara kesuburan. Akan tetapi perubahan-perubahan terus terjadi dalam kehidupan masyarakat, sehingga tari gambyong yang menjadi bagian dari tayub & terkait d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AYU, Sri Eka Kusumaning
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Fak. Kesenian ISI Yk 1988
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=25760
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-25760
record_format oai_dc
spelling isilib-257602015-04-14T08:52:44Z Analisis bentuk tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman AYU, Sri Eka Kusumaning analisis seni tari pengkajian Fak. Kesenian ISI Yk 1988 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=25760 ST.PKJ/Ayu/a/1988 Tari gambyong yang berkembang saat ini pada mulanya merupakan tari awal paa pertunjukan tayub. Tayub pada waktu itu merupakan bagian dari upacara kesuburan. Akan tetapi perubahan-perubahan terus terjadi dalam kehidupan masyarakat, sehingga tari gambyong yang menjadi bagian dari tayub & terkait dengan upacara kesuburan, lepas menjadi tari yang berdiri sendiri. Sebagai seorang seniman yang kreatif S. Ngaliman menyusun tari Gambyong Pareanom ini berbeda dibandingkan dengan tari gambyong lainnya. Perbedaan itu terletak pada susunan motif-motif gerak & gending pengiringnya. Perbedaan tersebut menjadikan tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman kelihatan lincah & dinamis. Yogyakarta vii, 79 hal. : not. ; 30 cm ST.PKJ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic analisis
seni tari pengkajian
ST.PKJ
spellingShingle analisis
seni tari pengkajian
ST.PKJ
AYU, Sri Eka Kusumaning
Analisis bentuk tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman
description Tari gambyong yang berkembang saat ini pada mulanya merupakan tari awal paa pertunjukan tayub. Tayub pada waktu itu merupakan bagian dari upacara kesuburan. Akan tetapi perubahan-perubahan terus terjadi dalam kehidupan masyarakat, sehingga tari gambyong yang menjadi bagian dari tayub & terkait dengan upacara kesuburan, lepas menjadi tari yang berdiri sendiri. Sebagai seorang seniman yang kreatif S. Ngaliman menyusun tari Gambyong Pareanom ini berbeda dibandingkan dengan tari gambyong lainnya. Perbedaan itu terletak pada susunan motif-motif gerak & gending pengiringnya. Perbedaan tersebut menjadikan tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman kelihatan lincah & dinamis.
format Tugas Akhir
author AYU, Sri Eka Kusumaning
author_facet AYU, Sri Eka Kusumaning
author_sort AYU, Sri Eka Kusumaning
title Analisis bentuk tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman
title_short Analisis bentuk tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman
title_full Analisis bentuk tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman
title_fullStr Analisis bentuk tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman
title_full_unstemmed Analisis bentuk tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman
title_sort analisis bentuk tari gambyong pareanom versi s. ngaliman
publisher Fak. Kesenian ISI Yk
publishDate 1988
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=25760
_version_ 1741199121637703680