Analisis bentuk tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman
Tari gambyong yang berkembang saat ini pada mulanya merupakan tari awal paa pertunjukan tayub. Tayub pada waktu itu merupakan bagian dari upacara kesuburan. Akan tetapi perubahan-perubahan terus terjadi dalam kehidupan masyarakat, sehingga tari gambyong yang menjadi bagian dari tayub & terkait d...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Fak. Kesenian ISI Yk
1988
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=25760 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-25760 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-257602015-04-14T08:52:44Z Analisis bentuk tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman AYU, Sri Eka Kusumaning analisis seni tari pengkajian Fak. Kesenian ISI Yk 1988 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=25760 ST.PKJ/Ayu/a/1988 Tari gambyong yang berkembang saat ini pada mulanya merupakan tari awal paa pertunjukan tayub. Tayub pada waktu itu merupakan bagian dari upacara kesuburan. Akan tetapi perubahan-perubahan terus terjadi dalam kehidupan masyarakat, sehingga tari gambyong yang menjadi bagian dari tayub & terkait dengan upacara kesuburan, lepas menjadi tari yang berdiri sendiri. Sebagai seorang seniman yang kreatif S. Ngaliman menyusun tari Gambyong Pareanom ini berbeda dibandingkan dengan tari gambyong lainnya. Perbedaan itu terletak pada susunan motif-motif gerak & gending pengiringnya. Perbedaan tersebut menjadikan tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman kelihatan lincah & dinamis. Yogyakarta vii, 79 hal. : not. ; 30 cm ST.PKJ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
analisis seni tari pengkajian ST.PKJ |
spellingShingle |
analisis seni tari pengkajian ST.PKJ AYU, Sri Eka Kusumaning Analisis bentuk tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman |
description |
Tari gambyong yang berkembang saat ini pada mulanya merupakan tari awal paa pertunjukan tayub. Tayub pada waktu itu merupakan bagian dari upacara kesuburan. Akan tetapi perubahan-perubahan terus terjadi dalam kehidupan masyarakat, sehingga tari gambyong yang menjadi bagian dari tayub & terkait dengan upacara kesuburan, lepas menjadi tari yang berdiri sendiri. Sebagai seorang seniman yang kreatif S. Ngaliman menyusun tari Gambyong Pareanom ini berbeda dibandingkan dengan tari gambyong lainnya. Perbedaan itu terletak pada susunan motif-motif gerak & gending pengiringnya. Perbedaan tersebut menjadikan tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman kelihatan lincah & dinamis. |
format |
Tugas Akhir |
author |
AYU, Sri Eka Kusumaning |
author_facet |
AYU, Sri Eka Kusumaning |
author_sort |
AYU, Sri Eka Kusumaning |
title |
Analisis bentuk tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman |
title_short |
Analisis bentuk tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman |
title_full |
Analisis bentuk tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman |
title_fullStr |
Analisis bentuk tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman |
title_full_unstemmed |
Analisis bentuk tari gambyong Pareanom versi S. Ngaliman |
title_sort |
analisis bentuk tari gambyong pareanom versi s. ngaliman |
publisher |
Fak. Kesenian ISI Yk |
publishDate |
1988 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=25760 |
_version_ |
1741199121637703680 |