Estetika Dalam Musik Keroncong : Studi Kasus Orkes Keroncong Sri Gandoel Di Yogyakarta

Musik Keroncong adalah salah satu karya seni musik bangsa Indonesia yang terbentuk dari hasil akulturasi dari kebudayaan lain. Perkembangan musik Keroncong hingga saat ini cukup pesat ini dapat dilihat dari munculnya berbagai jenis musik Keroncong, yaitu Keroncong rock, Keroncong jazz, Keroncong dan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SIANIPAR, Siguti Aprinnostein
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2013
Subjects:
TES
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26322
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-26322
record_format oai_dc
spelling isilib-263222015-04-14T08:53:04Z Estetika Dalam Musik Keroncong : Studi Kasus Orkes Keroncong Sri Gandoel Di Yogyakarta SIANIPAR, Siguti Aprinnostein Musik keroncong Estetika Kreatifitas PPS ISI Yogyakarta 2013 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26322 TES/MB/Sia/e/2013 Musik Keroncong adalah salah satu karya seni musik bangsa Indonesia yang terbentuk dari hasil akulturasi dari kebudayaan lain. Perkembangan musik Keroncong hingga saat ini cukup pesat ini dapat dilihat dari munculnya berbagai jenis musik Keroncong, yaitu Keroncong rock, Keroncong jazz, Keroncong dangdut dan juga banyaknya kelompok orkes Keroncong yang terbentuk. Hal ini membuktikan apresiasi masyarakat yang cukup besar terhadap keberadaan musik Keroncong di Indonesia. Musik Keroncong yang bersifat profan identik dengan musik orangtua dan di dominasi oleh kaum laki-laki, hal ini tidak terlepas dari sistem patriarki yang dianut oleh bangsa Indonesia. Peran perempuan dalam musik Keroncong umumnya sebagai penyanyi atau sinden, perempuan masih jarang ditemui hingga saat ini sebagai pengiring atau pemain combo. Sebuah Orkes Keroncong yang keseluruhan personilnya perempuan dan masih berusia muda memberikan sentuhan baru dalam pola garapan musik Keroncong. Estetika perempuan dalam permainan musik Keroncong ini memberikan nilai estetis yang besar, selain aspek visual, pola garapan dan kemampuan dalam memainkan instrumen cukup mumpuni. Perempuan memiliki magnet yang sangat kuat terhadap lawan jenisnya yaitu laki-laki, hal itu menjadikan perempuan mempunyai pengaruh dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini sangat menarik untuk diteliti bagaimana perempuan berkreatifitas dan mengekpresikan dirinya dalam musik Keroncong di tengah-tengah orkes Keroncong yang di dominasi kaum laki-laki. Pola garapan yang dimainkan lebih di dominasi irama engkel dan kotek yang menjadi ciri khas orkes Keroncong ini. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan diperoleh hasil bahwa irama engkel dan kotek mendominasi pola garapan sebuah lagu Keroncong. Yogyakarta ix, 58 hal.: il.; 30 cm. TES http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Musik keroncong
Estetika Kreatifitas
TES
spellingShingle Musik keroncong
Estetika Kreatifitas
TES
SIANIPAR, Siguti Aprinnostein
Estetika Dalam Musik Keroncong : Studi Kasus Orkes Keroncong Sri Gandoel Di Yogyakarta
description Musik Keroncong adalah salah satu karya seni musik bangsa Indonesia yang terbentuk dari hasil akulturasi dari kebudayaan lain. Perkembangan musik Keroncong hingga saat ini cukup pesat ini dapat dilihat dari munculnya berbagai jenis musik Keroncong, yaitu Keroncong rock, Keroncong jazz, Keroncong dangdut dan juga banyaknya kelompok orkes Keroncong yang terbentuk. Hal ini membuktikan apresiasi masyarakat yang cukup besar terhadap keberadaan musik Keroncong di Indonesia. Musik Keroncong yang bersifat profan identik dengan musik orangtua dan di dominasi oleh kaum laki-laki, hal ini tidak terlepas dari sistem patriarki yang dianut oleh bangsa Indonesia. Peran perempuan dalam musik Keroncong umumnya sebagai penyanyi atau sinden, perempuan masih jarang ditemui hingga saat ini sebagai pengiring atau pemain combo. Sebuah Orkes Keroncong yang keseluruhan personilnya perempuan dan masih berusia muda memberikan sentuhan baru dalam pola garapan musik Keroncong. Estetika perempuan dalam permainan musik Keroncong ini memberikan nilai estetis yang besar, selain aspek visual, pola garapan dan kemampuan dalam memainkan instrumen cukup mumpuni. Perempuan memiliki magnet yang sangat kuat terhadap lawan jenisnya yaitu laki-laki, hal itu menjadikan perempuan mempunyai pengaruh dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini sangat menarik untuk diteliti bagaimana perempuan berkreatifitas dan mengekpresikan dirinya dalam musik Keroncong di tengah-tengah orkes Keroncong yang di dominasi kaum laki-laki. Pola garapan yang dimainkan lebih di dominasi irama engkel dan kotek yang menjadi ciri khas orkes Keroncong ini. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan diperoleh hasil bahwa irama engkel dan kotek mendominasi pola garapan sebuah lagu Keroncong.
format Tugas Akhir
author SIANIPAR, Siguti Aprinnostein
author_facet SIANIPAR, Siguti Aprinnostein
author_sort SIANIPAR, Siguti Aprinnostein
title Estetika Dalam Musik Keroncong : Studi Kasus Orkes Keroncong Sri Gandoel Di Yogyakarta
title_short Estetika Dalam Musik Keroncong : Studi Kasus Orkes Keroncong Sri Gandoel Di Yogyakarta
title_full Estetika Dalam Musik Keroncong : Studi Kasus Orkes Keroncong Sri Gandoel Di Yogyakarta
title_fullStr Estetika Dalam Musik Keroncong : Studi Kasus Orkes Keroncong Sri Gandoel Di Yogyakarta
title_full_unstemmed Estetika Dalam Musik Keroncong : Studi Kasus Orkes Keroncong Sri Gandoel Di Yogyakarta
title_sort estetika dalam musik keroncong : studi kasus orkes keroncong sri gandoel di yogyakarta
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2013
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26322
_version_ 1741199228708847616