Perancangan Grafis Informasi Sebagai Media Informasi Hasil Kerajinan SeniUkir dan Potensi Wisata Kabupaten Jepara"
"Nenek moyang kita memiliki kreativitas tinggi dalam berekspresi, salahsatunyaadalah dalam hal kerajinan seni ukir. Warisan bernilai tinggi tersebut masihlestari hingga saat ini karena masih adanya aktifitas yang menjaganya. Aktifitasyang semula hanya sebuah kegiatan berkesenian, lama kelamaan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yk.
2013
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26350 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-26350 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-263502015-04-14T08:53:04Z Perancangan Grafis Informasi Sebagai Media Informasi Hasil Kerajinan SeniUkir dan Potensi Wisata Kabupaten Jepara" MAHINDRA, Dhavid Ogama promosi perancangan grafis informasi FSR ISI Yk. 2013 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26350 DK/Mah/p/2013 "Nenek moyang kita memiliki kreativitas tinggi dalam berekspresi, salahsatunyaadalah dalam hal kerajinan seni ukir. Warisan bernilai tinggi tersebut masihlestari hingga saat ini karena masih adanya aktifitas yang menjaganya. Aktifitasyang semula hanya sebuah kegiatan berkesenian, lama kelamaan tumbuh menjadisebuah industri baru yang menyebar di Kabupaten Jepara. Pada akhirnya, Jeparatumbuh menjadi sentra kerajinan seni ukir yang tersohor baik di dalam negerimaupun di dunia internasional. Antara tahun 1997 sampai tahun 1999, industrikerajinan seni ukir Jepara mengalami masa kejayaan dalam hal pemasaranproduknya di pasar internasional.Tidak selamanya masa kejayaan akan berlangsung, tentu akan akan masa sulityang menggantikannya. Masa sulit inilah yang dihadapi industri kerajinan seni ukirJepara saat ini, dimana pasar internasional yang menjadi pasar utamanya sedangmengalami badai krisis ekonomi. Krisis yang melanda benua Eropa dan Amerikatersebut menyebabkan daya beli terhadap kerajinan seni ukir Jepara menurun,mengingat produk tersebut bukan bahan pokok yang harus dibeli. Permintaan pasarterhadap produk-produk seni ukir Jepara menjadikan banyak pengrajin dan unitusaha gulung tikar.Menyiasati permasalahan yang sedang berlangsung, pengrajin dan unit usahayang masih bertahan mengalihkan target pemasaran produknya ke pasar domestik.Usaha yang dilakukan untuk memasarkan dan memperkenalkan produk kerajinanseni ukir Jepara dengan mengadakan pameran di luar daerah hingga luar pulauJawa. Hal tersebut kurang efektif mengingat perlu adanya upaya memindahkanbarang ke tempat pameran, memerlukan biaya tinggi, dan juga tidak banyaknyavariasi produk yang dapat dihadirkan.Upaya yang dapat dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang sedangterjadi dengan cara memanfaatkan wisatawan yang berkunjung ke Jepara. Jeparamemiliki objek wisata yang beragam, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisatabudaya, wisata religi, dan sebagainya. Potensi wisatawan yang berkunjung keJepara terus mengalami peningkatan, hal tersebut dapat menjadi potensi pasar darihasil kerajinan seni ukir yang menjanjikan. Untuk itu diperlukan langkah-langkahyang tepat untuk mendapat hasil maksimal." Yogyakarta xxii, 358 hal.: il.; 30 cm. DK http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
promosi perancangan grafis informasi DK |
spellingShingle |
promosi perancangan grafis informasi DK MAHINDRA, Dhavid Ogama Perancangan Grafis Informasi Sebagai Media Informasi Hasil Kerajinan SeniUkir dan Potensi Wisata Kabupaten Jepara" |
description |
"Nenek moyang kita memiliki kreativitas tinggi dalam berekspresi, salahsatunyaadalah dalam hal kerajinan seni ukir. Warisan bernilai tinggi tersebut masihlestari hingga saat ini karena masih adanya aktifitas yang menjaganya. Aktifitasyang semula hanya sebuah kegiatan berkesenian, lama kelamaan tumbuh menjadisebuah industri baru yang menyebar di Kabupaten Jepara. Pada akhirnya, Jeparatumbuh menjadi sentra kerajinan seni ukir yang tersohor baik di dalam negerimaupun di dunia internasional. Antara tahun 1997 sampai tahun 1999, industrikerajinan seni ukir Jepara mengalami masa kejayaan dalam hal pemasaranproduknya di pasar internasional.Tidak selamanya masa kejayaan akan berlangsung, tentu akan akan masa sulityang menggantikannya. Masa sulit inilah yang dihadapi industri kerajinan seni ukirJepara saat ini, dimana pasar internasional yang menjadi pasar utamanya sedangmengalami badai krisis ekonomi. Krisis yang melanda benua Eropa dan Amerikatersebut menyebabkan daya beli terhadap kerajinan seni ukir Jepara menurun,mengingat produk tersebut bukan bahan pokok yang harus dibeli. Permintaan pasarterhadap produk-produk seni ukir Jepara menjadikan banyak pengrajin dan unitusaha gulung tikar.Menyiasati permasalahan yang sedang berlangsung, pengrajin dan unit usahayang masih bertahan mengalihkan target pemasaran produknya ke pasar domestik.Usaha yang dilakukan untuk memasarkan dan memperkenalkan produk kerajinanseni ukir Jepara dengan mengadakan pameran di luar daerah hingga luar pulauJawa. Hal tersebut kurang efektif mengingat perlu adanya upaya memindahkanbarang ke tempat pameran, memerlukan biaya tinggi, dan juga tidak banyaknyavariasi produk yang dapat dihadirkan.Upaya yang dapat dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang sedangterjadi dengan cara memanfaatkan wisatawan yang berkunjung ke Jepara. Jeparamemiliki objek wisata yang beragam, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisatabudaya, wisata religi, dan sebagainya. Potensi wisatawan yang berkunjung keJepara terus mengalami peningkatan, hal tersebut dapat menjadi potensi pasar darihasil kerajinan seni ukir yang menjanjikan. Untuk itu diperlukan langkah-langkahyang tepat untuk mendapat hasil maksimal." |
format |
Tugas Akhir |
author |
MAHINDRA, Dhavid Ogama |
author_facet |
MAHINDRA, Dhavid Ogama |
author_sort |
MAHINDRA, Dhavid Ogama |
title |
Perancangan Grafis Informasi Sebagai Media Informasi Hasil Kerajinan SeniUkir dan Potensi Wisata Kabupaten Jepara" |
title_short |
Perancangan Grafis Informasi Sebagai Media Informasi Hasil Kerajinan SeniUkir dan Potensi Wisata Kabupaten Jepara" |
title_full |
Perancangan Grafis Informasi Sebagai Media Informasi Hasil Kerajinan SeniUkir dan Potensi Wisata Kabupaten Jepara" |
title_fullStr |
Perancangan Grafis Informasi Sebagai Media Informasi Hasil Kerajinan SeniUkir dan Potensi Wisata Kabupaten Jepara" |
title_full_unstemmed |
Perancangan Grafis Informasi Sebagai Media Informasi Hasil Kerajinan SeniUkir dan Potensi Wisata Kabupaten Jepara" |
title_sort |
perancangan grafis informasi sebagai media informasi hasil kerajinan seniukir dan potensi wisata kabupaten jepara" |
publisher |
FSR ISI Yk. |
publishDate |
2013 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26350 |
_version_ |
1741199234057633792 |