Perancangan Grafis Informasi Sebagai Media Informasi Hasil Kerajinan SeniUkir dan Potensi Wisata Kabupaten Jepara"

"Nenek moyang kita memiliki kreativitas tinggi dalam berekspresi, salahsatunyaadalah dalam hal kerajinan seni ukir. Warisan bernilai tinggi tersebut masihlestari hingga saat ini karena masih adanya aktifitas yang menjaganya. Aktifitasyang semula hanya sebuah kegiatan berkesenian, lama kelamaan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MAHINDRA, Dhavid Ogama
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yk. 2013
Subjects:
DK
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26350
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-26350
record_format oai_dc
spelling isilib-263502015-04-14T08:53:04Z Perancangan Grafis Informasi Sebagai Media Informasi Hasil Kerajinan SeniUkir dan Potensi Wisata Kabupaten Jepara" MAHINDRA, Dhavid Ogama promosi perancangan grafis informasi FSR ISI Yk. 2013 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26350 DK/Mah/p/2013 "Nenek moyang kita memiliki kreativitas tinggi dalam berekspresi, salahsatunyaadalah dalam hal kerajinan seni ukir. Warisan bernilai tinggi tersebut masihlestari hingga saat ini karena masih adanya aktifitas yang menjaganya. Aktifitasyang semula hanya sebuah kegiatan berkesenian, lama kelamaan tumbuh menjadisebuah industri baru yang menyebar di Kabupaten Jepara. Pada akhirnya, Jeparatumbuh menjadi sentra kerajinan seni ukir yang tersohor baik di dalam negerimaupun di dunia internasional. Antara tahun 1997 sampai tahun 1999, industrikerajinan seni ukir Jepara mengalami masa kejayaan dalam hal pemasaranproduknya di pasar internasional.Tidak selamanya masa kejayaan akan berlangsung, tentu akan akan masa sulityang menggantikannya. Masa sulit inilah yang dihadapi industri kerajinan seni ukirJepara saat ini, dimana pasar internasional yang menjadi pasar utamanya sedangmengalami badai krisis ekonomi. Krisis yang melanda benua Eropa dan Amerikatersebut menyebabkan daya beli terhadap kerajinan seni ukir Jepara menurun,mengingat produk tersebut bukan bahan pokok yang harus dibeli. Permintaan pasarterhadap produk-produk seni ukir Jepara menjadikan banyak pengrajin dan unitusaha gulung tikar.Menyiasati permasalahan yang sedang berlangsung, pengrajin dan unit usahayang masih bertahan mengalihkan target pemasaran produknya ke pasar domestik.Usaha yang dilakukan untuk memasarkan dan memperkenalkan produk kerajinanseni ukir Jepara dengan mengadakan pameran di luar daerah hingga luar pulauJawa. Hal tersebut kurang efektif mengingat perlu adanya upaya memindahkanbarang ke tempat pameran, memerlukan biaya tinggi, dan juga tidak banyaknyavariasi produk yang dapat dihadirkan.Upaya yang dapat dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang sedangterjadi dengan cara memanfaatkan wisatawan yang berkunjung ke Jepara. Jeparamemiliki objek wisata yang beragam, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisatabudaya, wisata religi, dan sebagainya. Potensi wisatawan yang berkunjung keJepara terus mengalami peningkatan, hal tersebut dapat menjadi potensi pasar darihasil kerajinan seni ukir yang menjanjikan. Untuk itu diperlukan langkah-langkahyang tepat untuk mendapat hasil maksimal." Yogyakarta xxii, 358 hal.: il.; 30 cm. DK http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic promosi
perancangan grafis informasi
DK
spellingShingle promosi
perancangan grafis informasi
DK
MAHINDRA, Dhavid Ogama
Perancangan Grafis Informasi Sebagai Media Informasi Hasil Kerajinan SeniUkir dan Potensi Wisata Kabupaten Jepara"
description "Nenek moyang kita memiliki kreativitas tinggi dalam berekspresi, salahsatunyaadalah dalam hal kerajinan seni ukir. Warisan bernilai tinggi tersebut masihlestari hingga saat ini karena masih adanya aktifitas yang menjaganya. Aktifitasyang semula hanya sebuah kegiatan berkesenian, lama kelamaan tumbuh menjadisebuah industri baru yang menyebar di Kabupaten Jepara. Pada akhirnya, Jeparatumbuh menjadi sentra kerajinan seni ukir yang tersohor baik di dalam negerimaupun di dunia internasional. Antara tahun 1997 sampai tahun 1999, industrikerajinan seni ukir Jepara mengalami masa kejayaan dalam hal pemasaranproduknya di pasar internasional.Tidak selamanya masa kejayaan akan berlangsung, tentu akan akan masa sulityang menggantikannya. Masa sulit inilah yang dihadapi industri kerajinan seni ukirJepara saat ini, dimana pasar internasional yang menjadi pasar utamanya sedangmengalami badai krisis ekonomi. Krisis yang melanda benua Eropa dan Amerikatersebut menyebabkan daya beli terhadap kerajinan seni ukir Jepara menurun,mengingat produk tersebut bukan bahan pokok yang harus dibeli. Permintaan pasarterhadap produk-produk seni ukir Jepara menjadikan banyak pengrajin dan unitusaha gulung tikar.Menyiasati permasalahan yang sedang berlangsung, pengrajin dan unit usahayang masih bertahan mengalihkan target pemasaran produknya ke pasar domestik.Usaha yang dilakukan untuk memasarkan dan memperkenalkan produk kerajinanseni ukir Jepara dengan mengadakan pameran di luar daerah hingga luar pulauJawa. Hal tersebut kurang efektif mengingat perlu adanya upaya memindahkanbarang ke tempat pameran, memerlukan biaya tinggi, dan juga tidak banyaknyavariasi produk yang dapat dihadirkan.Upaya yang dapat dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang sedangterjadi dengan cara memanfaatkan wisatawan yang berkunjung ke Jepara. Jeparamemiliki objek wisata yang beragam, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisatabudaya, wisata religi, dan sebagainya. Potensi wisatawan yang berkunjung keJepara terus mengalami peningkatan, hal tersebut dapat menjadi potensi pasar darihasil kerajinan seni ukir yang menjanjikan. Untuk itu diperlukan langkah-langkahyang tepat untuk mendapat hasil maksimal."
format Tugas Akhir
author MAHINDRA, Dhavid Ogama
author_facet MAHINDRA, Dhavid Ogama
author_sort MAHINDRA, Dhavid Ogama
title Perancangan Grafis Informasi Sebagai Media Informasi Hasil Kerajinan SeniUkir dan Potensi Wisata Kabupaten Jepara"
title_short Perancangan Grafis Informasi Sebagai Media Informasi Hasil Kerajinan SeniUkir dan Potensi Wisata Kabupaten Jepara"
title_full Perancangan Grafis Informasi Sebagai Media Informasi Hasil Kerajinan SeniUkir dan Potensi Wisata Kabupaten Jepara"
title_fullStr Perancangan Grafis Informasi Sebagai Media Informasi Hasil Kerajinan SeniUkir dan Potensi Wisata Kabupaten Jepara"
title_full_unstemmed Perancangan Grafis Informasi Sebagai Media Informasi Hasil Kerajinan SeniUkir dan Potensi Wisata Kabupaten Jepara"
title_sort perancangan grafis informasi sebagai media informasi hasil kerajinan seniukir dan potensi wisata kabupaten jepara"
publisher FSR ISI Yk.
publishDate 2013
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26350
_version_ 1741199234057633792