Pembelajaran Unsur Musik, Nada dan Irama Menggunakan Program Komputer Piano Virtual Pada Siswa Kelas II Di SD Monggang Sewon, Bantul
Perkembangan teknologi program komputer merupakan latar belakang dari penyusunan penelitian ini. Program komputer piano virtual adalah program atau aplikasi kategori permainan, namun dieksplorasi menjadi sarana dalam proses pembelajaran unsur musik, nada dan irama pada siswa kelas II SD. Penelitian...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2013
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26360 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Perkembangan teknologi program komputer merupakan latar belakang dari penyusunan penelitian ini. Program komputer piano virtual adalah program atau aplikasi kategori permainan, namun dieksplorasi menjadi sarana dalam proses pembelajaran unsur musik, nada dan irama pada siswa kelas II SD. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan hasil dari rangkaian proses penelitian melalui kata-kata. Strategi pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Dimana, peneliti terlibat langsung sebagai pengajar dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) proses pembelajaran unsur musik nada dan irama menggunakan program komputer piano virtual pada siswa kelas II SD Monggang, berjalan dengan baik. Siswa tidak merasa kesulitan mengikuti proses pembelajaran. (2) kualifikasi ketertarikan seluruh siswa adalah sangat tertarik mengikuti proses pembelajaran dengan sarana program komputer piano virtual. (3) program komputer piano virtual bisa menjadi sarana alternatif yang efektif dalam proses pembelajaran. |
---|