Pembelajaran Unsur Musik, Nada dan Irama Menggunakan Program Komputer Piano Virtual Pada Siswa Kelas II Di SD Monggang Sewon, Bantul
Perkembangan teknologi program komputer merupakan latar belakang dari penyusunan penelitian ini. Program komputer piano virtual adalah program atau aplikasi kategori permainan, namun dieksplorasi menjadi sarana dalam proses pembelajaran unsur musik, nada dan irama pada siswa kelas II SD. Penelitian...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2013
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26360 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-26360 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-263602015-04-14T08:53:04Z Pembelajaran Unsur Musik, Nada dan Irama Menggunakan Program Komputer Piano Virtual Pada Siswa Kelas II Di SD Monggang Sewon, Bantul PRANOTO, Hengki dan Unsur Musik. Eksplorasi Piano Virtual FSP ISI Yogyakarta 2013 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26360 MS/Pra/p/2013 Perkembangan teknologi program komputer merupakan latar belakang dari penyusunan penelitian ini. Program komputer piano virtual adalah program atau aplikasi kategori permainan, namun dieksplorasi menjadi sarana dalam proses pembelajaran unsur musik, nada dan irama pada siswa kelas II SD. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan hasil dari rangkaian proses penelitian melalui kata-kata. Strategi pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Dimana, peneliti terlibat langsung sebagai pengajar dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) proses pembelajaran unsur musik nada dan irama menggunakan program komputer piano virtual pada siswa kelas II SD Monggang, berjalan dengan baik. Siswa tidak merasa kesulitan mengikuti proses pembelajaran. (2) kualifikasi ketertarikan seluruh siswa adalah sangat tertarik mengikuti proses pembelajaran dengan sarana program komputer piano virtual. (3) program komputer piano virtual bisa menjadi sarana alternatif yang efektif dalam proses pembelajaran. Yogyakarta xi, 109 hal.: il.;30 cm. MS http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
dan Unsur Musik. Eksplorasi Piano Virtual MS |
spellingShingle |
dan Unsur Musik. Eksplorasi Piano Virtual MS PRANOTO, Hengki Pembelajaran Unsur Musik, Nada dan Irama Menggunakan Program Komputer Piano Virtual Pada Siswa Kelas II Di SD Monggang Sewon, Bantul |
description |
Perkembangan teknologi program komputer merupakan latar belakang dari penyusunan penelitian ini. Program komputer piano virtual adalah program atau aplikasi kategori permainan, namun dieksplorasi menjadi sarana dalam proses pembelajaran unsur musik, nada dan irama pada siswa kelas II SD. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan hasil dari rangkaian proses penelitian melalui kata-kata. Strategi pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Dimana, peneliti terlibat langsung sebagai pengajar dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) proses pembelajaran unsur musik nada dan irama menggunakan program komputer piano virtual pada siswa kelas II SD Monggang, berjalan dengan baik. Siswa tidak merasa kesulitan mengikuti proses pembelajaran. (2) kualifikasi ketertarikan seluruh siswa adalah sangat tertarik mengikuti proses pembelajaran dengan sarana program komputer piano virtual. (3) program komputer piano virtual bisa menjadi sarana alternatif yang efektif dalam proses pembelajaran. |
format |
Tugas Akhir |
author |
PRANOTO, Hengki |
author_facet |
PRANOTO, Hengki |
author_sort |
PRANOTO, Hengki |
title |
Pembelajaran Unsur Musik, Nada dan Irama Menggunakan Program Komputer Piano Virtual Pada Siswa Kelas II Di SD Monggang Sewon, Bantul |
title_short |
Pembelajaran Unsur Musik, Nada dan Irama Menggunakan Program Komputer Piano Virtual Pada Siswa Kelas II Di SD Monggang Sewon, Bantul |
title_full |
Pembelajaran Unsur Musik, Nada dan Irama Menggunakan Program Komputer Piano Virtual Pada Siswa Kelas II Di SD Monggang Sewon, Bantul |
title_fullStr |
Pembelajaran Unsur Musik, Nada dan Irama Menggunakan Program Komputer Piano Virtual Pada Siswa Kelas II Di SD Monggang Sewon, Bantul |
title_full_unstemmed |
Pembelajaran Unsur Musik, Nada dan Irama Menggunakan Program Komputer Piano Virtual Pada Siswa Kelas II Di SD Monggang Sewon, Bantul |
title_sort |
pembelajaran unsur musik, nada dan irama menggunakan program komputer piano virtual pada siswa kelas ii di sd monggang sewon, bantul |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2013 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26360 |
_version_ |
1741199235914661888 |