Pembelajaran Unsur Musik, Nada dan Irama Menggunakan Program Komputer Piano Virtual Pada Siswa Kelas II Di SD Monggang Sewon, Bantul

Perkembangan teknologi program komputer merupakan latar belakang dari penyusunan penelitian ini. Program komputer piano virtual adalah program atau aplikasi kategori permainan, namun dieksplorasi menjadi sarana dalam proses pembelajaran unsur musik, nada dan irama pada siswa kelas II SD. Penelitian...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRANOTO, Hengki
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2013
Subjects:
MS
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26360
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-26360
record_format oai_dc
spelling isilib-263602015-04-14T08:53:04Z Pembelajaran Unsur Musik, Nada dan Irama Menggunakan Program Komputer Piano Virtual Pada Siswa Kelas II Di SD Monggang Sewon, Bantul PRANOTO, Hengki dan Unsur Musik. Eksplorasi Piano Virtual FSP ISI Yogyakarta 2013 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26360 MS/Pra/p/2013 Perkembangan teknologi program komputer merupakan latar belakang dari penyusunan penelitian ini. Program komputer piano virtual adalah program atau aplikasi kategori permainan, namun dieksplorasi menjadi sarana dalam proses pembelajaran unsur musik, nada dan irama pada siswa kelas II SD. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan hasil dari rangkaian proses penelitian melalui kata-kata. Strategi pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Dimana, peneliti terlibat langsung sebagai pengajar dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) proses pembelajaran unsur musik nada dan irama menggunakan program komputer piano virtual pada siswa kelas II SD Monggang, berjalan dengan baik. Siswa tidak merasa kesulitan mengikuti proses pembelajaran. (2) kualifikasi ketertarikan seluruh siswa adalah sangat tertarik mengikuti proses pembelajaran dengan sarana program komputer piano virtual. (3) program komputer piano virtual bisa menjadi sarana alternatif yang efektif dalam proses pembelajaran. Yogyakarta xi, 109 hal.: il.;30 cm. MS http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic dan Unsur Musik.
Eksplorasi Piano Virtual
MS
spellingShingle dan Unsur Musik.
Eksplorasi Piano Virtual
MS
PRANOTO, Hengki
Pembelajaran Unsur Musik, Nada dan Irama Menggunakan Program Komputer Piano Virtual Pada Siswa Kelas II Di SD Monggang Sewon, Bantul
description Perkembangan teknologi program komputer merupakan latar belakang dari penyusunan penelitian ini. Program komputer piano virtual adalah program atau aplikasi kategori permainan, namun dieksplorasi menjadi sarana dalam proses pembelajaran unsur musik, nada dan irama pada siswa kelas II SD. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan hasil dari rangkaian proses penelitian melalui kata-kata. Strategi pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Dimana, peneliti terlibat langsung sebagai pengajar dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) proses pembelajaran unsur musik nada dan irama menggunakan program komputer piano virtual pada siswa kelas II SD Monggang, berjalan dengan baik. Siswa tidak merasa kesulitan mengikuti proses pembelajaran. (2) kualifikasi ketertarikan seluruh siswa adalah sangat tertarik mengikuti proses pembelajaran dengan sarana program komputer piano virtual. (3) program komputer piano virtual bisa menjadi sarana alternatif yang efektif dalam proses pembelajaran.
format Tugas Akhir
author PRANOTO, Hengki
author_facet PRANOTO, Hengki
author_sort PRANOTO, Hengki
title Pembelajaran Unsur Musik, Nada dan Irama Menggunakan Program Komputer Piano Virtual Pada Siswa Kelas II Di SD Monggang Sewon, Bantul
title_short Pembelajaran Unsur Musik, Nada dan Irama Menggunakan Program Komputer Piano Virtual Pada Siswa Kelas II Di SD Monggang Sewon, Bantul
title_full Pembelajaran Unsur Musik, Nada dan Irama Menggunakan Program Komputer Piano Virtual Pada Siswa Kelas II Di SD Monggang Sewon, Bantul
title_fullStr Pembelajaran Unsur Musik, Nada dan Irama Menggunakan Program Komputer Piano Virtual Pada Siswa Kelas II Di SD Monggang Sewon, Bantul
title_full_unstemmed Pembelajaran Unsur Musik, Nada dan Irama Menggunakan Program Komputer Piano Virtual Pada Siswa Kelas II Di SD Monggang Sewon, Bantul
title_sort pembelajaran unsur musik, nada dan irama menggunakan program komputer piano virtual pada siswa kelas ii di sd monggang sewon, bantul
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2013
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26360
_version_ 1741199235914661888