Garap Kendang, Rebab, Gender Dalam Gending Nglantak, Jangga, Tunjunganom Dan Lambangsari

"Penggarapan gending khususnya gaya Yogyakarta memiliki ciri khusus antara lain pada pola tabuhan instrumen Kendang, Peking Slenthem dan ricikan kolotomik atau struktural. Pola-pola tersebut ketika diterapkan pada susunan balungan gending akan memberi ciri tersendiri, dan dapat ditentukan sebag...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NUGRAHA, Dian Indra
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2013
Subjects:
KW
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26395
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:"Penggarapan gending khususnya gaya Yogyakarta memiliki ciri khusus antara lain pada pola tabuhan instrumen Kendang, Peking Slenthem dan ricikan kolotomik atau struktural. Pola-pola tersebut ketika diterapkan pada susunan balungan gending akan memberi ciri tersendiri, dan dapat ditentukan sebagai kriteria garap gending. Garap gending tersebut dapat digunakan untuk soran, lirihan, iringan tari dan patalon dan lainnya. Pada umumnya di dalam karawitan terdapat dua macam garap yaitu, garap lirihan dan garap soran. Garap lirihan adalah gending yang lebih mengedapankan instrumen