Perancangan Komunikasi Visual Ikon Candi Borobudur Dengan Pendekatan Augmented Reality Berbasis Android Pada Brosur Pariwisata

"Augmented reality adalah sebuah teknologi yang menempatkan suatu gambar dari computer grafis yang akan ditampilkan secara virtual, yaitu menggabungkan antara dunia nyata dengan maya. Teknologi ini merupakan media baru yang dihadirkan untuk dapat dikembangkan pada desain komunikasi visual sebag...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: TOBRONI, Muhammad Imam
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2013
Subjects:
TES
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26428
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-26428
record_format oai_dc
spelling isilib-264282015-04-14T08:53:04Z Perancangan Komunikasi Visual Ikon Candi Borobudur Dengan Pendekatan Augmented Reality Berbasis Android Pada Brosur Pariwisata TOBRONI, Muhammad Imam Android Augmented Reality Ikon PPS ISI Yogyakarta 2013 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26428 TES/DK/Tob/p/2013 "Augmented reality adalah sebuah teknologi yang menempatkan suatu gambar dari computer grafis yang akan ditampilkan secara virtual, yaitu menggabungkan antara dunia nyata dengan maya. Teknologi ini merupakan media baru yang dihadirkan untuk dapat dikembangkan pada desain komunikasi visual sebagai wacana dalam memperluas wawasan media.Berdasarkan dari beberapa data literatur dan sumber pustaka serta dokumentasi pribadi berupa foto-foto atau gambar-gambar yang berkaitan langsung dengan data obyek perancangan, selanjutnya akan diciptakan sebagai ikon untuk mewakili atau merepresentasikan bentuk aslinya. Pada saat merepresentasikan digunakan aplikasi BuildAR yang dapat mengidentifikasi marker dalam bentuk ikon, kemudian melalui citra yang ditangkap oleh kamera akan ditampilkan dalam bentuk gambar, 3 dimensi, video, dan animasi. Proses Perancangan ini menggunakan metode eksplorasi yang melalui proses penelusuran referensi visual dengan menganalisa data-data yang diperoleh selanjutnya diklasifikasikan sesuai dengan urutan bagian-bagian candi, setelah itu ditarik sebuah sintesa pada masing-masing bagian tersebut. Marker ikon Candi Borobudur diciptakan untuk mengidentifikasi obyek bagian-bagian candi yang akan diterjemahkan pada saat menampilkan citra visual.Penggunaan augmented reality berbasis android bertujuan untuk menghemat pemakaian produksi cetak (paperless), Sehingga merupakan media publikasi yang jangkauan informasinya luas dan murah. Perangkat tablet dan smartphone berbasis android yang dalam pengembangannya dapat ditambahkan pada platform mobile lainnya seperti Black Berry, Windows OS dan Ipad OS agar jangkauan penggunanya lebih luas." Yogyakarta viii, 219 hal.: il.; 30 cm. TES http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Android
Augmented Reality Ikon
TES
spellingShingle Android
Augmented Reality Ikon
TES
TOBRONI, Muhammad Imam
Perancangan Komunikasi Visual Ikon Candi Borobudur Dengan Pendekatan Augmented Reality Berbasis Android Pada Brosur Pariwisata
description "Augmented reality adalah sebuah teknologi yang menempatkan suatu gambar dari computer grafis yang akan ditampilkan secara virtual, yaitu menggabungkan antara dunia nyata dengan maya. Teknologi ini merupakan media baru yang dihadirkan untuk dapat dikembangkan pada desain komunikasi visual sebagai wacana dalam memperluas wawasan media.Berdasarkan dari beberapa data literatur dan sumber pustaka serta dokumentasi pribadi berupa foto-foto atau gambar-gambar yang berkaitan langsung dengan data obyek perancangan, selanjutnya akan diciptakan sebagai ikon untuk mewakili atau merepresentasikan bentuk aslinya. Pada saat merepresentasikan digunakan aplikasi BuildAR yang dapat mengidentifikasi marker dalam bentuk ikon, kemudian melalui citra yang ditangkap oleh kamera akan ditampilkan dalam bentuk gambar, 3 dimensi, video, dan animasi. Proses Perancangan ini menggunakan metode eksplorasi yang melalui proses penelusuran referensi visual dengan menganalisa data-data yang diperoleh selanjutnya diklasifikasikan sesuai dengan urutan bagian-bagian candi, setelah itu ditarik sebuah sintesa pada masing-masing bagian tersebut. Marker ikon Candi Borobudur diciptakan untuk mengidentifikasi obyek bagian-bagian candi yang akan diterjemahkan pada saat menampilkan citra visual.Penggunaan augmented reality berbasis android bertujuan untuk menghemat pemakaian produksi cetak (paperless), Sehingga merupakan media publikasi yang jangkauan informasinya luas dan murah. Perangkat tablet dan smartphone berbasis android yang dalam pengembangannya dapat ditambahkan pada platform mobile lainnya seperti Black Berry, Windows OS dan Ipad OS agar jangkauan penggunanya lebih luas."
format Tugas Akhir
author TOBRONI, Muhammad Imam
author_facet TOBRONI, Muhammad Imam
author_sort TOBRONI, Muhammad Imam
title Perancangan Komunikasi Visual Ikon Candi Borobudur Dengan Pendekatan Augmented Reality Berbasis Android Pada Brosur Pariwisata
title_short Perancangan Komunikasi Visual Ikon Candi Borobudur Dengan Pendekatan Augmented Reality Berbasis Android Pada Brosur Pariwisata
title_full Perancangan Komunikasi Visual Ikon Candi Borobudur Dengan Pendekatan Augmented Reality Berbasis Android Pada Brosur Pariwisata
title_fullStr Perancangan Komunikasi Visual Ikon Candi Borobudur Dengan Pendekatan Augmented Reality Berbasis Android Pada Brosur Pariwisata
title_full_unstemmed Perancangan Komunikasi Visual Ikon Candi Borobudur Dengan Pendekatan Augmented Reality Berbasis Android Pada Brosur Pariwisata
title_sort perancangan komunikasi visual ikon candi borobudur dengan pendekatan augmented reality berbasis android pada brosur pariwisata
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2013
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26428
_version_ 1741199249185439745