Perancangan Komunikasi Visual Ikon Candi Borobudur Dengan Pendekatan Augmented Reality Berbasis Android Pada Brosur Pariwisata
"Augmented reality adalah sebuah teknologi yang menempatkan suatu gambar dari computer grafis yang akan ditampilkan secara virtual, yaitu menggabungkan antara dunia nyata dengan maya. Teknologi ini merupakan media baru yang dihadirkan untuk dapat dikembangkan pada desain komunikasi visual sebag...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yogyakarta
2013
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26428 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-26428 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-264282015-04-14T08:53:04Z Perancangan Komunikasi Visual Ikon Candi Borobudur Dengan Pendekatan Augmented Reality Berbasis Android Pada Brosur Pariwisata TOBRONI, Muhammad Imam Android Augmented Reality Ikon PPS ISI Yogyakarta 2013 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26428 TES/DK/Tob/p/2013 "Augmented reality adalah sebuah teknologi yang menempatkan suatu gambar dari computer grafis yang akan ditampilkan secara virtual, yaitu menggabungkan antara dunia nyata dengan maya. Teknologi ini merupakan media baru yang dihadirkan untuk dapat dikembangkan pada desain komunikasi visual sebagai wacana dalam memperluas wawasan media.Berdasarkan dari beberapa data literatur dan sumber pustaka serta dokumentasi pribadi berupa foto-foto atau gambar-gambar yang berkaitan langsung dengan data obyek perancangan, selanjutnya akan diciptakan sebagai ikon untuk mewakili atau merepresentasikan bentuk aslinya. Pada saat merepresentasikan digunakan aplikasi BuildAR yang dapat mengidentifikasi marker dalam bentuk ikon, kemudian melalui citra yang ditangkap oleh kamera akan ditampilkan dalam bentuk gambar, 3 dimensi, video, dan animasi. Proses Perancangan ini menggunakan metode eksplorasi yang melalui proses penelusuran referensi visual dengan menganalisa data-data yang diperoleh selanjutnya diklasifikasikan sesuai dengan urutan bagian-bagian candi, setelah itu ditarik sebuah sintesa pada masing-masing bagian tersebut. Marker ikon Candi Borobudur diciptakan untuk mengidentifikasi obyek bagian-bagian candi yang akan diterjemahkan pada saat menampilkan citra visual.Penggunaan augmented reality berbasis android bertujuan untuk menghemat pemakaian produksi cetak (paperless), Sehingga merupakan media publikasi yang jangkauan informasinya luas dan murah. Perangkat tablet dan smartphone berbasis android yang dalam pengembangannya dapat ditambahkan pada platform mobile lainnya seperti Black Berry, Windows OS dan Ipad OS agar jangkauan penggunanya lebih luas." Yogyakarta viii, 219 hal.: il.; 30 cm. TES http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Android Augmented Reality Ikon TES |
spellingShingle |
Android Augmented Reality Ikon TES TOBRONI, Muhammad Imam Perancangan Komunikasi Visual Ikon Candi Borobudur Dengan Pendekatan Augmented Reality Berbasis Android Pada Brosur Pariwisata |
description |
"Augmented reality adalah sebuah teknologi yang menempatkan suatu gambar dari computer grafis yang akan ditampilkan secara virtual, yaitu menggabungkan antara dunia nyata dengan maya. Teknologi ini merupakan media baru yang dihadirkan untuk dapat dikembangkan pada desain komunikasi visual sebagai wacana dalam memperluas wawasan media.Berdasarkan dari beberapa data literatur dan sumber pustaka serta dokumentasi pribadi berupa foto-foto atau gambar-gambar yang berkaitan langsung dengan data obyek perancangan, selanjutnya akan diciptakan sebagai ikon untuk mewakili atau merepresentasikan bentuk aslinya. Pada saat merepresentasikan digunakan aplikasi BuildAR yang dapat mengidentifikasi marker dalam bentuk ikon, kemudian melalui citra yang ditangkap oleh kamera akan ditampilkan dalam bentuk gambar, 3 dimensi, video, dan animasi. Proses Perancangan ini menggunakan metode eksplorasi yang melalui proses penelusuran referensi visual dengan menganalisa data-data yang diperoleh selanjutnya diklasifikasikan sesuai dengan urutan bagian-bagian candi, setelah itu ditarik sebuah sintesa pada masing-masing bagian tersebut. Marker ikon Candi Borobudur diciptakan untuk mengidentifikasi obyek bagian-bagian candi yang akan diterjemahkan pada saat menampilkan citra visual.Penggunaan augmented reality berbasis android bertujuan untuk menghemat pemakaian produksi cetak (paperless), Sehingga merupakan media publikasi yang jangkauan informasinya luas dan murah. Perangkat tablet dan smartphone berbasis android yang dalam pengembangannya dapat ditambahkan pada platform mobile lainnya seperti Black Berry, Windows OS dan Ipad OS agar jangkauan penggunanya lebih luas." |
format |
Tugas Akhir |
author |
TOBRONI, Muhammad Imam |
author_facet |
TOBRONI, Muhammad Imam |
author_sort |
TOBRONI, Muhammad Imam |
title |
Perancangan Komunikasi Visual Ikon Candi Borobudur Dengan Pendekatan Augmented Reality Berbasis Android Pada Brosur Pariwisata |
title_short |
Perancangan Komunikasi Visual Ikon Candi Borobudur Dengan Pendekatan Augmented Reality Berbasis Android Pada Brosur Pariwisata |
title_full |
Perancangan Komunikasi Visual Ikon Candi Borobudur Dengan Pendekatan Augmented Reality Berbasis Android Pada Brosur Pariwisata |
title_fullStr |
Perancangan Komunikasi Visual Ikon Candi Borobudur Dengan Pendekatan Augmented Reality Berbasis Android Pada Brosur Pariwisata |
title_full_unstemmed |
Perancangan Komunikasi Visual Ikon Candi Borobudur Dengan Pendekatan Augmented Reality Berbasis Android Pada Brosur Pariwisata |
title_sort |
perancangan komunikasi visual ikon candi borobudur dengan pendekatan augmented reality berbasis android pada brosur pariwisata |
publisher |
PPS ISI Yogyakarta |
publishDate |
2013 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26428 |
_version_ |
1741199249185439745 |