Pembelajaran Musik Kreatif Pada Anak Tunanetra Di SLB PKK Gedeg Mojokerto

"Model pembelajaran musik kreatif merupakan model pembelajaran musikyang didasarkan pada aspek kreatif seorang siswa terhadap kepekaan musikalmelalui pengalaman-pengalaman bermain musik. Model pembelajaran musikkreatif ini tidak hanya mengandalkan pada aspek pemahaman teori sepertimembaca notas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FIRDHANI, Aldhila Mifta
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2013
Subjects:
MS
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26450
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-26450
record_format oai_dc
spelling isilib-264502015-04-14T08:53:04Z Pembelajaran Musik Kreatif Pada Anak Tunanetra Di SLB PKK Gedeg Mojokerto FIRDHANI, Aldhila Mifta dan Tunanetra Model Pembelajaran Musik Kreatif FSP ISI Yogyakarta 2013 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26450 MS/Fir/p/2013 "Model pembelajaran musik kreatif merupakan model pembelajaran musikyang didasarkan pada aspek kreatif seorang siswa terhadap kepekaan musikalmelalui pengalaman-pengalaman bermain musik. Model pembelajaran musikkreatif ini tidak hanya mengandalkan pada aspek pemahaman teori sepertimembaca notasi saja, melainkan mengandalkan pada aspek praktik musik melaluipendengaran dan berpikir kreatif dalam mecapai keberhasilan suatu proses belajarmusik. Hal ini dapat sejalan dengan kondisi seorang tunanetra yang tidak dapatmelihat tetapi dalam menerima informasi ilmu pengetahuan mengandalakanindera pendengaranya.Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah kualitatifdengan pendekatan studi kasus. Metode ini digunakan untuk mengetahui efisiensidan respons pembelajaran musik kreatif pada anak tunanetra di SLB PKK GedegMojokerto. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah enam orang anak.Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan setelah penelitian inidilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran musik kreatif ini efisiendilakukan pada anak tunanetra di SLB PKK Gedeg Mojokerto. Selain itu jugadidapatkan bahwa respons anak tunanetra setelah mendapatkan pembelajaranmusik kreatif ini adalah mereka sangat tertarik, senang, dan antusias terhadappembelajaran ini." Yogyakarta xi, 73 hal.: il.; 30 cm. MS http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic dan Tunanetra
Model Pembelajaran Musik Kreatif
MS
spellingShingle dan Tunanetra
Model Pembelajaran Musik Kreatif
MS
FIRDHANI, Aldhila Mifta
Pembelajaran Musik Kreatif Pada Anak Tunanetra Di SLB PKK Gedeg Mojokerto
description "Model pembelajaran musik kreatif merupakan model pembelajaran musikyang didasarkan pada aspek kreatif seorang siswa terhadap kepekaan musikalmelalui pengalaman-pengalaman bermain musik. Model pembelajaran musikkreatif ini tidak hanya mengandalkan pada aspek pemahaman teori sepertimembaca notasi saja, melainkan mengandalkan pada aspek praktik musik melaluipendengaran dan berpikir kreatif dalam mecapai keberhasilan suatu proses belajarmusik. Hal ini dapat sejalan dengan kondisi seorang tunanetra yang tidak dapatmelihat tetapi dalam menerima informasi ilmu pengetahuan mengandalakanindera pendengaranya.Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah kualitatifdengan pendekatan studi kasus. Metode ini digunakan untuk mengetahui efisiensidan respons pembelajaran musik kreatif pada anak tunanetra di SLB PKK GedegMojokerto. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah enam orang anak.Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan setelah penelitian inidilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran musik kreatif ini efisiendilakukan pada anak tunanetra di SLB PKK Gedeg Mojokerto. Selain itu jugadidapatkan bahwa respons anak tunanetra setelah mendapatkan pembelajaranmusik kreatif ini adalah mereka sangat tertarik, senang, dan antusias terhadappembelajaran ini."
format Tugas Akhir
author FIRDHANI, Aldhila Mifta
author_facet FIRDHANI, Aldhila Mifta
author_sort FIRDHANI, Aldhila Mifta
title Pembelajaran Musik Kreatif Pada Anak Tunanetra Di SLB PKK Gedeg Mojokerto
title_short Pembelajaran Musik Kreatif Pada Anak Tunanetra Di SLB PKK Gedeg Mojokerto
title_full Pembelajaran Musik Kreatif Pada Anak Tunanetra Di SLB PKK Gedeg Mojokerto
title_fullStr Pembelajaran Musik Kreatif Pada Anak Tunanetra Di SLB PKK Gedeg Mojokerto
title_full_unstemmed Pembelajaran Musik Kreatif Pada Anak Tunanetra Di SLB PKK Gedeg Mojokerto
title_sort pembelajaran musik kreatif pada anak tunanetra di slb pkk gedeg mojokerto
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2013
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26450
_version_ 1741199253233991680