Studi Tas Wanita Di Balai Besar Kulit, Karet Dan Plastik Yogyakarta Tahun 2007-2012
"Tas wanita merupakan salah satu produk kulit yang banyak diminati dan digunakan dewasa ini khususnya kaum perempuan. Tas wanita di Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik Yogyakarta sangat menarik untuk dikaji karena dibuat dengan mempertimbangkan aspek fungsi/kegunaan, nilai estetik dengan desai...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yk.
2013
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26475 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-26475 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-264752015-04-14T08:53:04Z Studi Tas Wanita Di Balai Besar Kulit, Karet Dan Plastik Yogyakarta Tahun 2007-2012 SUPARDAL, Sugeng aspek fungsi/kegunaan tas wanita produk kulit FSR ISI Yk. 2013 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26475 KKl/Sup/s/2013 "Tas wanita merupakan salah satu produk kulit yang banyak diminati dan digunakan dewasa ini khususnya kaum perempuan. Tas wanita di Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik Yogyakarta sangat menarik untuk dikaji karena dibuat dengan mempertimbangkan aspek fungsi/kegunaan, nilai estetik dengan desain yang variatif. Unsur-unsur estetiknya diwujudkan dalam penggunaan aksesoris, ornamentasi, pemilihan warna, bentuk, dan ukuran sesuai trend/mode yang berkembang di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang b erhubungan dengan proses pembuatan, jenis-jenis yang dihasilkan dan unsur-unsur estetik pada tas wanita. Kajian kualitatif ini disajikan secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan estetik. Berdasarkan hasil penelitian secara ringkas dapat diketahui proses pembuatan tas wanita, yaitu: pembuatan desain, pembuatan pola, pemotongan pola, pemotongan bahan, penyesetan, pelipatan, perakitan, penjahitan dan proses perlakuan akhir/finishing. Tas wanita ciptaan Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik terdiri dari dua jenis, yakni: working bags dan the classical and sport bags. Studi pada aspek visual, material tas wanita yang penulis lakukan difokuskan pada kaidah-kaidah unsur-unsur estetik mendasar, seperti: keutuhan atau kebersatuan (unity), penekanan atau penonjolan (dominance), dan keseimbangan (balance). Nilai estetik terdapat pada penggunaan bahan dasarnya yakni berupa kulit binatang dengan rajah (nerf) yang khas, pengkombinasian warna-warna menarik dan desain bentuk yang variatif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang seni rupa, khususnya tentang produk tas wanita. Hasil penelitian tas wanita di Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik Yogyakarta tahun 2007-2012 ini memberikan gambaran yang terkait dalam proses pembuatan, jenis-jenis dan unsur estetik yang terdapat pada tas wanita.xiv" Yogyakarta xiv, 95 hal.: il.; 30 cm. KKl http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
aspek fungsi/kegunaan tas wanita produk kulit KKl |
spellingShingle |
aspek fungsi/kegunaan tas wanita produk kulit KKl SUPARDAL, Sugeng Studi Tas Wanita Di Balai Besar Kulit, Karet Dan Plastik Yogyakarta Tahun 2007-2012 |
description |
"Tas wanita merupakan salah satu produk kulit yang banyak diminati dan digunakan dewasa ini khususnya kaum perempuan. Tas wanita di Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik Yogyakarta sangat menarik untuk dikaji karena dibuat dengan mempertimbangkan aspek fungsi/kegunaan, nilai estetik dengan desain yang variatif. Unsur-unsur estetiknya diwujudkan dalam penggunaan aksesoris, ornamentasi, pemilihan warna, bentuk, dan ukuran sesuai trend/mode yang berkembang di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang b erhubungan dengan proses pembuatan, jenis-jenis yang dihasilkan dan unsur-unsur estetik pada tas wanita. Kajian kualitatif ini disajikan secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan estetik. Berdasarkan hasil penelitian secara ringkas dapat diketahui proses pembuatan tas wanita, yaitu: pembuatan desain, pembuatan pola, pemotongan pola, pemotongan bahan, penyesetan, pelipatan, perakitan, penjahitan dan proses perlakuan akhir/finishing. Tas wanita ciptaan Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik terdiri dari dua jenis, yakni: working bags dan the classical and sport bags. Studi pada aspek visual, material tas wanita yang penulis lakukan difokuskan pada kaidah-kaidah unsur-unsur estetik mendasar, seperti: keutuhan atau kebersatuan (unity), penekanan atau penonjolan (dominance), dan keseimbangan (balance). Nilai estetik terdapat pada penggunaan bahan dasarnya yakni berupa kulit binatang dengan rajah (nerf) yang khas, pengkombinasian warna-warna menarik dan desain bentuk yang variatif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang seni rupa, khususnya tentang produk tas wanita. Hasil penelitian tas wanita di Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik Yogyakarta tahun 2007-2012 ini memberikan gambaran yang terkait dalam proses pembuatan, jenis-jenis dan unsur estetik yang terdapat pada tas wanita.xiv" |
format |
Tugas Akhir |
author |
SUPARDAL, Sugeng |
author_facet |
SUPARDAL, Sugeng |
author_sort |
SUPARDAL, Sugeng |
title |
Studi Tas Wanita Di Balai Besar Kulit, Karet Dan Plastik Yogyakarta Tahun 2007-2012 |
title_short |
Studi Tas Wanita Di Balai Besar Kulit, Karet Dan Plastik Yogyakarta Tahun 2007-2012 |
title_full |
Studi Tas Wanita Di Balai Besar Kulit, Karet Dan Plastik Yogyakarta Tahun 2007-2012 |
title_fullStr |
Studi Tas Wanita Di Balai Besar Kulit, Karet Dan Plastik Yogyakarta Tahun 2007-2012 |
title_full_unstemmed |
Studi Tas Wanita Di Balai Besar Kulit, Karet Dan Plastik Yogyakarta Tahun 2007-2012 |
title_sort |
studi tas wanita di balai besar kulit, karet dan plastik yogyakarta tahun 2007-2012 |
publisher |
FSR ISI Yk. |
publishDate |
2013 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26475 |
_version_ |
1741199258343702528 |