Meraba Ingatan Puzzle Sebagai Analogi Proses Kerja Otak Dalam Penciptaan Karya Seni Rupa

"Ingatan merupakan proses pencerapan pengalaman yang secara signifikan mampu mengalami kepudaran/pembiasan akibat dari penurunan daya fungsi otak yang dimliki. Ini tentu saja merupakan permasalahan yang sangat serius dalam kehidupan manusia, meskipun dalam proses biologis secara alamiah perubah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUTRA, Ida Bagus Komang Sindu
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2013
Subjects:
TES
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26524
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-26524
record_format oai_dc
spelling isilib-265242015-04-14T08:53:04Z Meraba Ingatan Puzzle Sebagai Analogi Proses Kerja Otak Dalam Penciptaan Karya Seni Rupa PUTRA, Ida Bagus Komang Sindu Puzzle Ingatan Analogi PPS ISI Yogyakarta 2013 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26524 TES/SL/Put/m/2013 "Ingatan merupakan proses pencerapan pengalaman yang secara signifikan mampu mengalami kepudaran/pembiasan akibat dari penurunan daya fungsi otak yang dimliki. Ini tentu saja merupakan permasalahan yang sangat serius dalam kehidupan manusia, meskipun dalam proses biologis secara alamiah perubahan tersebut akan terjadi dan tidak dapat dihindari. Sebagian orang akan merasa sangat takut menghadapi perubahan tersebut, namun yang menjadi perhatian adalah bagaimana melakukan penundaan terhadap proses penurunan daya ingat itu sendiri.Saya mencoba menelaah dan mengangkat situasi ini melalui karya seni rupa sebagai salah satu jalan keluar dalam mengatasi ketakutan dan sebagai media terapi dalam melatih kepekaan otak. Presentasi media terapi psikologi tersebut diejawantahkan melalui puzzle sebagai media analogi antara proses kerja otak, daya ingat, pengalaman masa lalu dan kerja kreatif. Hasilnya, karya-karya yang lahir dari perenungan kreatif tersebut diperkaya dengan berbagai variasi karakter puzzle yang dipresentasikan melalui karya dua dimensional dengan pola relief, karya interaktif tiga dimensional hingga video art. Pada penciptaan ini saya menggunakan metoda penciptaan seni menurut L.H. Chapman yang terdiri dari 3 tahapan yaitu: tahapan mencari ide/ilham (inception of an idea), menyempurnakan dan mengembangkan gagasan awal/ide (elaboration and refinement), dan visualisasi ke dalam medium (Heention in a medium). Sebagai media untuk mencatat ingatan-ingatan dari pengalaman masa lalu yang dikolaborasikan dengan perenungan masa kini. Rakitan puzzle dalam Tugas Akhir Pascasarjana ini sebagai wujud kreativitas penciptaan melalui semangat eksplorasi medium dan intermedia dengan spirit lokalitas budaya dan masa lalu akan memperkaya pengembangan estetika dunia seni rupa kontemporer indonesia." Yogyakarta x, 112 hal.: il.; 30 cm. TES http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Puzzle
Ingatan Analogi
TES
spellingShingle Puzzle
Ingatan Analogi
TES
PUTRA, Ida Bagus Komang Sindu
Meraba Ingatan Puzzle Sebagai Analogi Proses Kerja Otak Dalam Penciptaan Karya Seni Rupa
description "Ingatan merupakan proses pencerapan pengalaman yang secara signifikan mampu mengalami kepudaran/pembiasan akibat dari penurunan daya fungsi otak yang dimliki. Ini tentu saja merupakan permasalahan yang sangat serius dalam kehidupan manusia, meskipun dalam proses biologis secara alamiah perubahan tersebut akan terjadi dan tidak dapat dihindari. Sebagian orang akan merasa sangat takut menghadapi perubahan tersebut, namun yang menjadi perhatian adalah bagaimana melakukan penundaan terhadap proses penurunan daya ingat itu sendiri.Saya mencoba menelaah dan mengangkat situasi ini melalui karya seni rupa sebagai salah satu jalan keluar dalam mengatasi ketakutan dan sebagai media terapi dalam melatih kepekaan otak. Presentasi media terapi psikologi tersebut diejawantahkan melalui puzzle sebagai media analogi antara proses kerja otak, daya ingat, pengalaman masa lalu dan kerja kreatif. Hasilnya, karya-karya yang lahir dari perenungan kreatif tersebut diperkaya dengan berbagai variasi karakter puzzle yang dipresentasikan melalui karya dua dimensional dengan pola relief, karya interaktif tiga dimensional hingga video art. Pada penciptaan ini saya menggunakan metoda penciptaan seni menurut L.H. Chapman yang terdiri dari 3 tahapan yaitu: tahapan mencari ide/ilham (inception of an idea), menyempurnakan dan mengembangkan gagasan awal/ide (elaboration and refinement), dan visualisasi ke dalam medium (Heention in a medium). Sebagai media untuk mencatat ingatan-ingatan dari pengalaman masa lalu yang dikolaborasikan dengan perenungan masa kini. Rakitan puzzle dalam Tugas Akhir Pascasarjana ini sebagai wujud kreativitas penciptaan melalui semangat eksplorasi medium dan intermedia dengan spirit lokalitas budaya dan masa lalu akan memperkaya pengembangan estetika dunia seni rupa kontemporer indonesia."
format Tugas Akhir
author PUTRA, Ida Bagus Komang Sindu
author_facet PUTRA, Ida Bagus Komang Sindu
author_sort PUTRA, Ida Bagus Komang Sindu
title Meraba Ingatan Puzzle Sebagai Analogi Proses Kerja Otak Dalam Penciptaan Karya Seni Rupa
title_short Meraba Ingatan Puzzle Sebagai Analogi Proses Kerja Otak Dalam Penciptaan Karya Seni Rupa
title_full Meraba Ingatan Puzzle Sebagai Analogi Proses Kerja Otak Dalam Penciptaan Karya Seni Rupa
title_fullStr Meraba Ingatan Puzzle Sebagai Analogi Proses Kerja Otak Dalam Penciptaan Karya Seni Rupa
title_full_unstemmed Meraba Ingatan Puzzle Sebagai Analogi Proses Kerja Otak Dalam Penciptaan Karya Seni Rupa
title_sort meraba ingatan puzzle sebagai analogi proses kerja otak dalam penciptaan karya seni rupa
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2013
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26524
_version_ 1741199267659251712