Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Bijak Dan Cermat Menggunakan Media Sosial

"Media sosial adalah penghubung untuk memperluas pergaulan danmendapatkan banyak informasi dalam jarak, ruang dan waktu penerimaan sertapengiriman pesan yang cepat. Kehadiran berbagai macam alat komunikasi danelektronis yang ada dimasyarakat yang fungsinya bukan lagi karena kebutuhanmelainkan s...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUTRISNO, Andika Agung
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2013
Subjects:
TES
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26531
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-26531
record_format oai_dc
spelling isilib-265312015-04-14T08:53:04Z Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Bijak Dan Cermat Menggunakan Media Sosial SUTRISNO, Andika Agung Bijak perancangan kampanye PPS ISI Yogyakarta 2013 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26531 TES/DK/Sut/p/2013 "Media sosial adalah penghubung untuk memperluas pergaulan danmendapatkan banyak informasi dalam jarak, ruang dan waktu penerimaan sertapengiriman pesan yang cepat. Kehadiran berbagai macam alat komunikasi danelektronis yang ada dimasyarakat yang fungsinya bukan lagi karena kebutuhanmelainkan sebagai bagian dari gaya hidup diera globalisasi. Semakin mudahnyamendapatkan berbagai akses data informasi tanpa tersaring atau terkontrol, makaprogram kampanye komunikasi visual ini berfokus pada perhatian publik ataumasyarakat luas terhadap ketidak pedulian, kecanduan, kurang bijak dalammemanfaatkan teknologi yang meninggalkan sisi humanisme. Dalam perancangankampanye ini menggunakan metode penelitian terstruktur dan analisis datamenggunakan metode analisis SWOT karena pertimbangan kefektifitasan waktudalam perancangan, untuk menentukan media menggunakan metode pendekatanconsumer journey, untuk mendapatkan insight dari target audience sebagailandasan untuk penyampaian pesan secara efektif.Pesan visual mengunakan pendekatan ilustrasi kartunal, karena ilustrasikartunal bersifat representatif memiliki potensi setara sejuta kata kata danpengungkap. Ilustrasi kartunal diharapkan bisa membentuk suatu suasana penuhemosi dan menjadikan gagasan seakan-akan nyata. Dalam merancang kampanyesosial ini dalam menentukan sebuah media untuk berkomunikasi harusmempertimbangkan kebutuhan target audience, melalui pencarian Point ofContac lewat consumer journey. Kontribusi untuk desain komunikasi visualadalah bahwa dalam merancang sebuah kampanye perlu di tinjau dari bagaimanacara penyampaian pesan secara efektif dengan melakukan pedekatan melaluiconsumer journey." Yogyakarta xiii, 109 hal.: il.; 30 cm. TES http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Bijak
perancangan kampanye
TES
spellingShingle Bijak
perancangan kampanye
TES
SUTRISNO, Andika Agung
Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Bijak Dan Cermat Menggunakan Media Sosial
description "Media sosial adalah penghubung untuk memperluas pergaulan danmendapatkan banyak informasi dalam jarak, ruang dan waktu penerimaan sertapengiriman pesan yang cepat. Kehadiran berbagai macam alat komunikasi danelektronis yang ada dimasyarakat yang fungsinya bukan lagi karena kebutuhanmelainkan sebagai bagian dari gaya hidup diera globalisasi. Semakin mudahnyamendapatkan berbagai akses data informasi tanpa tersaring atau terkontrol, makaprogram kampanye komunikasi visual ini berfokus pada perhatian publik ataumasyarakat luas terhadap ketidak pedulian, kecanduan, kurang bijak dalammemanfaatkan teknologi yang meninggalkan sisi humanisme. Dalam perancangankampanye ini menggunakan metode penelitian terstruktur dan analisis datamenggunakan metode analisis SWOT karena pertimbangan kefektifitasan waktudalam perancangan, untuk menentukan media menggunakan metode pendekatanconsumer journey, untuk mendapatkan insight dari target audience sebagailandasan untuk penyampaian pesan secara efektif.Pesan visual mengunakan pendekatan ilustrasi kartunal, karena ilustrasikartunal bersifat representatif memiliki potensi setara sejuta kata kata danpengungkap. Ilustrasi kartunal diharapkan bisa membentuk suatu suasana penuhemosi dan menjadikan gagasan seakan-akan nyata. Dalam merancang kampanyesosial ini dalam menentukan sebuah media untuk berkomunikasi harusmempertimbangkan kebutuhan target audience, melalui pencarian Point ofContac lewat consumer journey. Kontribusi untuk desain komunikasi visualadalah bahwa dalam merancang sebuah kampanye perlu di tinjau dari bagaimanacara penyampaian pesan secara efektif dengan melakukan pedekatan melaluiconsumer journey."
format Tugas Akhir
author SUTRISNO, Andika Agung
author_facet SUTRISNO, Andika Agung
author_sort SUTRISNO, Andika Agung
title Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Bijak Dan Cermat Menggunakan Media Sosial
title_short Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Bijak Dan Cermat Menggunakan Media Sosial
title_full Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Bijak Dan Cermat Menggunakan Media Sosial
title_fullStr Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Bijak Dan Cermat Menggunakan Media Sosial
title_full_unstemmed Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Bijak Dan Cermat Menggunakan Media Sosial
title_sort perancangan komunikasi visual kampanye bijak dan cermat menggunakan media sosial
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2013
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26531
_version_ 1741199268997234688