Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Bijak Dan Cermat Menggunakan Media Sosial
"Media sosial adalah penghubung untuk memperluas pergaulan danmendapatkan banyak informasi dalam jarak, ruang dan waktu penerimaan sertapengiriman pesan yang cepat. Kehadiran berbagai macam alat komunikasi danelektronis yang ada dimasyarakat yang fungsinya bukan lagi karena kebutuhanmelainkan s...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yogyakarta
2013
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26531 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-26531 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-265312015-04-14T08:53:04Z Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Bijak Dan Cermat Menggunakan Media Sosial SUTRISNO, Andika Agung Bijak perancangan kampanye PPS ISI Yogyakarta 2013 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26531 TES/DK/Sut/p/2013 "Media sosial adalah penghubung untuk memperluas pergaulan danmendapatkan banyak informasi dalam jarak, ruang dan waktu penerimaan sertapengiriman pesan yang cepat. Kehadiran berbagai macam alat komunikasi danelektronis yang ada dimasyarakat yang fungsinya bukan lagi karena kebutuhanmelainkan sebagai bagian dari gaya hidup diera globalisasi. Semakin mudahnyamendapatkan berbagai akses data informasi tanpa tersaring atau terkontrol, makaprogram kampanye komunikasi visual ini berfokus pada perhatian publik ataumasyarakat luas terhadap ketidak pedulian, kecanduan, kurang bijak dalammemanfaatkan teknologi yang meninggalkan sisi humanisme. Dalam perancangankampanye ini menggunakan metode penelitian terstruktur dan analisis datamenggunakan metode analisis SWOT karena pertimbangan kefektifitasan waktudalam perancangan, untuk menentukan media menggunakan metode pendekatanconsumer journey, untuk mendapatkan insight dari target audience sebagailandasan untuk penyampaian pesan secara efektif.Pesan visual mengunakan pendekatan ilustrasi kartunal, karena ilustrasikartunal bersifat representatif memiliki potensi setara sejuta kata kata danpengungkap. Ilustrasi kartunal diharapkan bisa membentuk suatu suasana penuhemosi dan menjadikan gagasan seakan-akan nyata. Dalam merancang kampanyesosial ini dalam menentukan sebuah media untuk berkomunikasi harusmempertimbangkan kebutuhan target audience, melalui pencarian Point ofContac lewat consumer journey. Kontribusi untuk desain komunikasi visualadalah bahwa dalam merancang sebuah kampanye perlu di tinjau dari bagaimanacara penyampaian pesan secara efektif dengan melakukan pedekatan melaluiconsumer journey." Yogyakarta xiii, 109 hal.: il.; 30 cm. TES http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Bijak perancangan kampanye TES |
spellingShingle |
Bijak perancangan kampanye TES SUTRISNO, Andika Agung Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Bijak Dan Cermat Menggunakan Media Sosial |
description |
"Media sosial adalah penghubung untuk memperluas pergaulan danmendapatkan banyak informasi dalam jarak, ruang dan waktu penerimaan sertapengiriman pesan yang cepat. Kehadiran berbagai macam alat komunikasi danelektronis yang ada dimasyarakat yang fungsinya bukan lagi karena kebutuhanmelainkan sebagai bagian dari gaya hidup diera globalisasi. Semakin mudahnyamendapatkan berbagai akses data informasi tanpa tersaring atau terkontrol, makaprogram kampanye komunikasi visual ini berfokus pada perhatian publik ataumasyarakat luas terhadap ketidak pedulian, kecanduan, kurang bijak dalammemanfaatkan teknologi yang meninggalkan sisi humanisme. Dalam perancangankampanye ini menggunakan metode penelitian terstruktur dan analisis datamenggunakan metode analisis SWOT karena pertimbangan kefektifitasan waktudalam perancangan, untuk menentukan media menggunakan metode pendekatanconsumer journey, untuk mendapatkan insight dari target audience sebagailandasan untuk penyampaian pesan secara efektif.Pesan visual mengunakan pendekatan ilustrasi kartunal, karena ilustrasikartunal bersifat representatif memiliki potensi setara sejuta kata kata danpengungkap. Ilustrasi kartunal diharapkan bisa membentuk suatu suasana penuhemosi dan menjadikan gagasan seakan-akan nyata. Dalam merancang kampanyesosial ini dalam menentukan sebuah media untuk berkomunikasi harusmempertimbangkan kebutuhan target audience, melalui pencarian Point ofContac lewat consumer journey. Kontribusi untuk desain komunikasi visualadalah bahwa dalam merancang sebuah kampanye perlu di tinjau dari bagaimanacara penyampaian pesan secara efektif dengan melakukan pedekatan melaluiconsumer journey." |
format |
Tugas Akhir |
author |
SUTRISNO, Andika Agung |
author_facet |
SUTRISNO, Andika Agung |
author_sort |
SUTRISNO, Andika Agung |
title |
Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Bijak Dan Cermat Menggunakan Media Sosial |
title_short |
Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Bijak Dan Cermat Menggunakan Media Sosial |
title_full |
Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Bijak Dan Cermat Menggunakan Media Sosial |
title_fullStr |
Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Bijak Dan Cermat Menggunakan Media Sosial |
title_full_unstemmed |
Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Bijak Dan Cermat Menggunakan Media Sosial |
title_sort |
perancangan komunikasi visual kampanye bijak dan cermat menggunakan media sosial |
publisher |
PPS ISI Yogyakarta |
publishDate |
2013 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26531 |
_version_ |
1741199268997234688 |