Strategi Tata Keloal Andong Wisata Sebagai Salah Satu Daya Tarik Wisata Kota Yogyakarta

"Kota Yogyakarta merupakan kota tujuan wisata utama kedua di Indonesia.Ada banyak potensi wisata di Kota Yogyakarta. Salah satu potensi wisata yangpenting adalah andong wisata. Andong Wisata merupakan aset seni dan budayayang menjadi daya tarik wisata di Kota Yogyakarta. Definisi strategi adala...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: INDRIYANTI, Poppy
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2013
Subjects:
TES
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26563
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-26563
record_format oai_dc
spelling isilib-265632015-04-14T08:53:04Z Strategi Tata Keloal Andong Wisata Sebagai Salah Satu Daya Tarik Wisata Kota Yogyakarta INDRIYANTI, Poppy Andong Wisata Strategi Tata Kelola PPS ISI Yogyakarta 2013 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26563 TES/MTS/Indr/s/2013 "Kota Yogyakarta merupakan kota tujuan wisata utama kedua di Indonesia.Ada banyak potensi wisata di Kota Yogyakarta. Salah satu potensi wisata yangpenting adalah andong wisata. Andong Wisata merupakan aset seni dan budayayang menjadi daya tarik wisata di Kota Yogyakarta. Definisi strategi adalahproses penyusunan langkah-langkah ke depan yang dimaksudkan untukmembangun visi dan misi organisasi, menetapkan tujuan strategis dan keuanganperusahaan, serta merancang strategi untuk mencapai tujuan tersebut dalamrangka menyediakan customer value terbaik. Tata Kelola merupakan istilah yangterkait dengan mekanisme mengarahkan, mengendalikan, baik suatuorganisasi/lembaga ataupun suatu fungsi, agar sesuai dengan tujuannya danharapan para pihak yang berkepentingan. Penelitian ini menggunakan duapendekatan analisis yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatifmenggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, sedangkan kuantitatif denganmenggunakan analisis SWOT. Temuan di lapangan mengindikasikan bahwa salahsatu stakeholder utama Tata Kelola Andong Wisata adalah PORDASI DaerahIstimewa Yogyakarta. Berdasarkan matriks IE (internal external) menunjukkanbahwa Tata Kelola Andong Wisata berada pada posisi hold and maintain (jagadan pertahankan), selanjutnya berdasarkan Kuadran Analisis SWOT ada padaposisi combination. Berdasarkan posisi tersebut di atas berimplikasi pada strategiTata Kelola Andong Wisata yang perlu dilakukan adalah: 1. Penetrasi pasar(bekerjasama dengan hotel dan asosiasi pemandu wisata/guide) untuk bisamemperoleh konsumen lebih banyak; 2. Pengembangan produk: menambahmanfaat Andong Wisata tidak sebatas untuk wisatawan tetapi juga untuk acaraacarakebudayaan di kota Yogyakarta (pengantin, kirab budaya, acara lainnya); 3.Menghias Andong Wisata dengan tetap menjaga orisinalitasnya agar penampilanlebih menarik, tarif tetap terjangkau wistawan, dan dengan pelayanan ramah,memuaskan, dan nyaman di jalan; 4. Untuk memudahkan wisatawan memperolehAndong Wisata maka penempatan pangkalan Andong Wisata ada bersebelahandengan lahan parkir bus dan mobil wisatawan." Yogyakarta xii, 99 hal.: il.; 30 cm. TES http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Andong Wisata
Strategi Tata Kelola
TES
spellingShingle Andong Wisata
Strategi Tata Kelola
TES
INDRIYANTI, Poppy
Strategi Tata Keloal Andong Wisata Sebagai Salah Satu Daya Tarik Wisata Kota Yogyakarta
description "Kota Yogyakarta merupakan kota tujuan wisata utama kedua di Indonesia.Ada banyak potensi wisata di Kota Yogyakarta. Salah satu potensi wisata yangpenting adalah andong wisata. Andong Wisata merupakan aset seni dan budayayang menjadi daya tarik wisata di Kota Yogyakarta. Definisi strategi adalahproses penyusunan langkah-langkah ke depan yang dimaksudkan untukmembangun visi dan misi organisasi, menetapkan tujuan strategis dan keuanganperusahaan, serta merancang strategi untuk mencapai tujuan tersebut dalamrangka menyediakan customer value terbaik. Tata Kelola merupakan istilah yangterkait dengan mekanisme mengarahkan, mengendalikan, baik suatuorganisasi/lembaga ataupun suatu fungsi, agar sesuai dengan tujuannya danharapan para pihak yang berkepentingan. Penelitian ini menggunakan duapendekatan analisis yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatifmenggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, sedangkan kuantitatif denganmenggunakan analisis SWOT. Temuan di lapangan mengindikasikan bahwa salahsatu stakeholder utama Tata Kelola Andong Wisata adalah PORDASI DaerahIstimewa Yogyakarta. Berdasarkan matriks IE (internal external) menunjukkanbahwa Tata Kelola Andong Wisata berada pada posisi hold and maintain (jagadan pertahankan), selanjutnya berdasarkan Kuadran Analisis SWOT ada padaposisi combination. Berdasarkan posisi tersebut di atas berimplikasi pada strategiTata Kelola Andong Wisata yang perlu dilakukan adalah: 1. Penetrasi pasar(bekerjasama dengan hotel dan asosiasi pemandu wisata/guide) untuk bisamemperoleh konsumen lebih banyak; 2. Pengembangan produk: menambahmanfaat Andong Wisata tidak sebatas untuk wisatawan tetapi juga untuk acaraacarakebudayaan di kota Yogyakarta (pengantin, kirab budaya, acara lainnya); 3.Menghias Andong Wisata dengan tetap menjaga orisinalitasnya agar penampilanlebih menarik, tarif tetap terjangkau wistawan, dan dengan pelayanan ramah,memuaskan, dan nyaman di jalan; 4. Untuk memudahkan wisatawan memperolehAndong Wisata maka penempatan pangkalan Andong Wisata ada bersebelahandengan lahan parkir bus dan mobil wisatawan."
format Tugas Akhir
author INDRIYANTI, Poppy
author_facet INDRIYANTI, Poppy
author_sort INDRIYANTI, Poppy
title Strategi Tata Keloal Andong Wisata Sebagai Salah Satu Daya Tarik Wisata Kota Yogyakarta
title_short Strategi Tata Keloal Andong Wisata Sebagai Salah Satu Daya Tarik Wisata Kota Yogyakarta
title_full Strategi Tata Keloal Andong Wisata Sebagai Salah Satu Daya Tarik Wisata Kota Yogyakarta
title_fullStr Strategi Tata Keloal Andong Wisata Sebagai Salah Satu Daya Tarik Wisata Kota Yogyakarta
title_full_unstemmed Strategi Tata Keloal Andong Wisata Sebagai Salah Satu Daya Tarik Wisata Kota Yogyakarta
title_sort strategi tata keloal andong wisata sebagai salah satu daya tarik wisata kota yogyakarta
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2013
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26563
_version_ 1741199275147132928