Web Series Olah Nalar : Perancangan Kampanye Sosial Seputar Isu Remaja Indonesia
"Olah Nalar merupakan sebuah kampanye sosial yang berusaha mengajak kaum remaja Indonesia untuk berpikir secara lebih kritis, cerdas dan rasional dalam menyikapi isu-isu sosial yang ada di lingkungan sekitarnya. Materi dan argumen logis yang digunakan bersumber pada pemikiran pribadi terhadap r...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yogyakarta
2013
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26566 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-26566 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-265662015-04-14T08:53:04Z Web Series Olah Nalar : Perancangan Kampanye Sosial Seputar Isu Remaja Indonesia UTAMA, Aditya web series dan perspektif logis. kampanye sosial remaja PPS ISI Yogyakarta 2013 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26566 TES/DK/Uta/w/2013 "Olah Nalar merupakan sebuah kampanye sosial yang berusaha mengajak kaum remaja Indonesia untuk berpikir secara lebih kritis, cerdas dan rasional dalam menyikapi isu-isu sosial yang ada di lingkungan sekitarnya. Materi dan argumen logis yang digunakan bersumber pada pemikiran pribadi terhadap realitas sosial yang sesuai dengan batasan topik yang akan diangkat. Konsep yang akan diwujudkan dalam penciptaan ini terbagi menjadi tiga konsep yang masing-masing mewakili tiga isu sosial yang berbeda, yaitu: fanatisme, ketergantungan teknologi dan perilaku kekerasan.Format penciptaan ini menggunakan format kampanye komunikasi dan memilih web series sebagai platform medianya. Secara sederhana, web series dipilih karena dinilai mampu mengakomodir kebutuhan pencipta; baik secara komunikasi, kebebasan berkreativitas maupun pertimbangan finansial. Proses produksi dalam penciptaan ini menggunakan prosedural proses produksi film yang meliputi praproduksi, produksi dan pascaproduksi.Dalam prosesnya, karya ini berusaha menyajikan aspek kebaruan dalam melakukan pendekatan persuasi kepada audiens dengan melakukan beberapa eksperimen seperti penggunaan gaya persuasi yang halus dalam penyampaian pesan, mengandalkan aspek logika sebagai fondasi kredibilitas pesan dan penggunaan closing visual di akhir setiap tayangannya.Harapannya, melalui perspektif logis yang terkandung dalam tayangan ini mampu memberikan kesadaran baru yang dapat menata cara pandang dan perilaku remaja untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi secara individual maupun sosial." Yogyakarta x, 150 hal.: il.; 30 cm. TES http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
web series dan perspektif logis. kampanye sosial remaja TES |
spellingShingle |
web series dan perspektif logis. kampanye sosial remaja TES UTAMA, Aditya Web Series Olah Nalar : Perancangan Kampanye Sosial Seputar Isu Remaja Indonesia |
description |
"Olah Nalar merupakan sebuah kampanye sosial yang berusaha mengajak kaum remaja Indonesia untuk berpikir secara lebih kritis, cerdas dan rasional dalam menyikapi isu-isu sosial yang ada di lingkungan sekitarnya. Materi dan argumen logis yang digunakan bersumber pada pemikiran pribadi terhadap realitas sosial yang sesuai dengan batasan topik yang akan diangkat. Konsep yang akan diwujudkan dalam penciptaan ini terbagi menjadi tiga konsep yang masing-masing mewakili tiga isu sosial yang berbeda, yaitu: fanatisme, ketergantungan teknologi dan perilaku kekerasan.Format penciptaan ini menggunakan format kampanye komunikasi dan memilih web series sebagai platform medianya. Secara sederhana, web series dipilih karena dinilai mampu mengakomodir kebutuhan pencipta; baik secara komunikasi, kebebasan berkreativitas maupun pertimbangan finansial. Proses produksi dalam penciptaan ini menggunakan prosedural proses produksi film yang meliputi praproduksi, produksi dan pascaproduksi.Dalam prosesnya, karya ini berusaha menyajikan aspek kebaruan dalam melakukan pendekatan persuasi kepada audiens dengan melakukan beberapa eksperimen seperti penggunaan gaya persuasi yang halus dalam penyampaian pesan, mengandalkan aspek logika sebagai fondasi kredibilitas pesan dan penggunaan closing visual di akhir setiap tayangannya.Harapannya, melalui perspektif logis yang terkandung dalam tayangan ini mampu memberikan kesadaran baru yang dapat menata cara pandang dan perilaku remaja untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi secara individual maupun sosial." |
format |
Tugas Akhir |
author |
UTAMA, Aditya |
author_facet |
UTAMA, Aditya |
author_sort |
UTAMA, Aditya |
title |
Web Series Olah Nalar : Perancangan Kampanye Sosial Seputar Isu Remaja Indonesia |
title_short |
Web Series Olah Nalar : Perancangan Kampanye Sosial Seputar Isu Remaja Indonesia |
title_full |
Web Series Olah Nalar : Perancangan Kampanye Sosial Seputar Isu Remaja Indonesia |
title_fullStr |
Web Series Olah Nalar : Perancangan Kampanye Sosial Seputar Isu Remaja Indonesia |
title_full_unstemmed |
Web Series Olah Nalar : Perancangan Kampanye Sosial Seputar Isu Remaja Indonesia |
title_sort |
web series olah nalar : perancangan kampanye sosial seputar isu remaja indonesia |
publisher |
PPS ISI Yogyakarta |
publishDate |
2013 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26566 |
_version_ |
1741199275710218240 |