Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Pencegahan Rabies Di Kabupaten Badung Provinsi Bali

"Rabies merupakan masalah kesehatan masyarakat, yang meresahkan, karena dapat menyebabkan kematian. Berdasarkan data yang ada, dari tahun 2008 hingga April 2012 rabies telah merenggut 172 nyawa di Bali. Bahkan rabies sudah ditetapkan sebagai penyakit endemis, karena masih besarnya kasus gigitan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YASA, Putu Gde Wisnu
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2013
Subjects:
TES
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26573
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-26573
record_format oai_dc
spelling isilib-265732015-04-14T08:53:04Z Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Pencegahan Rabies Di Kabupaten Badung Provinsi Bali YASA, Putu Gde Wisnu Pencegahan Rabies. Iklan Layanan Masyarakat Dharma PPS ISI Yogyakarta 2013 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26573 TES/DK/Yas/p/2013 "Rabies merupakan masalah kesehatan masyarakat, yang meresahkan, karena dapat menyebabkan kematian. Berdasarkan data yang ada, dari tahun 2008 hingga April 2012 rabies telah merenggut 172 nyawa di Bali. Bahkan rabies sudah ditetapkan sebagai penyakit endemis, karena masih besarnya kasus gigitan hewan. Dari data perkembangan estimasi populasi tahun 2008 hingga 2011, tercatat populasi hewan penular rabies paling tinggi terdapat di Kabupaten Badung. Maka diperlukan suatu perancangan iklan layanan masyarakat pencegahan rabies di Kabupaten Badung Provinsi Bali.Metode analisa data yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode 5W+1H (what, who, where, when, why, dan how), sebagai rumus penentuan program perencanaan iklan. Supaya iklan yang dirancang dapat diterima audience, serta berhasil meraih tujuannya.Dharma sebagai sumber ide penciptaan, menjadi landasan dalam proses perancangan. Berpijak pada kesetiaan anjing, yang menemani Yudistira hingga ke surga, yang diambil dari cerita Mahabarata. Konsep dharma dipadukan dengan insight dari target audience, untuk memperoleh pesan komunikasi sesuai benak dan hati audience. Visualisasi desain mengacu pada konsep dharma dari karakter Yudistira, melalui proses studi visual, warna, tipografi dan layout. Strategi media diawali dengan pengamatan consumer journey untuk memperoleh point of contact, sehingga mendapatkan media-media baru yang efektif.Perancangan iklan layanan masyarakat ini, memiliki nilai kebaruan berupa ambient media, yang efektif digunakan untuk menyapa target audience. Sehingga dapat dijadikan acuan bagi perancang grafis dalam menciptakan desain komunikasi visual yang baru dan unik. Diharapkan karya-karya yang diciptakan bukan hanya sekedar menjadi apresiasi melainkan mampu membuka cara pandang baru dalam mewujudkan karya desain komunikasi visual lainnya." Yogyakarta xii, 158 hal.: il.; 30 cm. TES http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Pencegahan Rabies.
Iklan Layanan Masyarakat Dharma
TES
spellingShingle Pencegahan Rabies.
Iklan Layanan Masyarakat Dharma
TES
YASA, Putu Gde Wisnu
Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Pencegahan Rabies Di Kabupaten Badung Provinsi Bali
description "Rabies merupakan masalah kesehatan masyarakat, yang meresahkan, karena dapat menyebabkan kematian. Berdasarkan data yang ada, dari tahun 2008 hingga April 2012 rabies telah merenggut 172 nyawa di Bali. Bahkan rabies sudah ditetapkan sebagai penyakit endemis, karena masih besarnya kasus gigitan hewan. Dari data perkembangan estimasi populasi tahun 2008 hingga 2011, tercatat populasi hewan penular rabies paling tinggi terdapat di Kabupaten Badung. Maka diperlukan suatu perancangan iklan layanan masyarakat pencegahan rabies di Kabupaten Badung Provinsi Bali.Metode analisa data yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode 5W+1H (what, who, where, when, why, dan how), sebagai rumus penentuan program perencanaan iklan. Supaya iklan yang dirancang dapat diterima audience, serta berhasil meraih tujuannya.Dharma sebagai sumber ide penciptaan, menjadi landasan dalam proses perancangan. Berpijak pada kesetiaan anjing, yang menemani Yudistira hingga ke surga, yang diambil dari cerita Mahabarata. Konsep dharma dipadukan dengan insight dari target audience, untuk memperoleh pesan komunikasi sesuai benak dan hati audience. Visualisasi desain mengacu pada konsep dharma dari karakter Yudistira, melalui proses studi visual, warna, tipografi dan layout. Strategi media diawali dengan pengamatan consumer journey untuk memperoleh point of contact, sehingga mendapatkan media-media baru yang efektif.Perancangan iklan layanan masyarakat ini, memiliki nilai kebaruan berupa ambient media, yang efektif digunakan untuk menyapa target audience. Sehingga dapat dijadikan acuan bagi perancang grafis dalam menciptakan desain komunikasi visual yang baru dan unik. Diharapkan karya-karya yang diciptakan bukan hanya sekedar menjadi apresiasi melainkan mampu membuka cara pandang baru dalam mewujudkan karya desain komunikasi visual lainnya."
format Tugas Akhir
author YASA, Putu Gde Wisnu
author_facet YASA, Putu Gde Wisnu
author_sort YASA, Putu Gde Wisnu
title Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Pencegahan Rabies Di Kabupaten Badung Provinsi Bali
title_short Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Pencegahan Rabies Di Kabupaten Badung Provinsi Bali
title_full Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Pencegahan Rabies Di Kabupaten Badung Provinsi Bali
title_fullStr Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Pencegahan Rabies Di Kabupaten Badung Provinsi Bali
title_full_unstemmed Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Pencegahan Rabies Di Kabupaten Badung Provinsi Bali
title_sort perancangan iklan layanan masyarakat pencegahan rabies di kabupaten badung provinsi bali
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2013
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26573
_version_ 1741199277007306752