Kajian Semiotika Tanda dan Simbol pada Desain T-shirt Ouval Research Tahun 2011"
"Industri pakaian modern semakin berkembang di Indonesia. Pakaianbertranformasi menjadi sebuah trend fesyen. Masyarakat mulai mengerti tentangadanya sebuah mode gaya berbusana. Sehingga dalam berpakaian selalumemperhatikan aspek kesesuaian dengan suatu kondisi atau keadaan tertentu,menurut lata...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yk.
2013
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26593 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-26593 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-265932015-04-14T08:53:04Z Kajian Semiotika Tanda dan Simbol pada Desain T-shirt Ouval Research Tahun 2011" KURNIAWAN, Bekti Ouval Research Disain T-shirt Makna Konotasi FSR ISI Yk. 2013 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26593 DK/Kur/k/2013 "Industri pakaian modern semakin berkembang di Indonesia. Pakaianbertranformasi menjadi sebuah trend fesyen. Masyarakat mulai mengerti tentangadanya sebuah mode gaya berbusana. Sehingga dalam berpakaian selalumemperhatikan aspek kesesuaian dengan suatu kondisi atau keadaan tertentu,menurut latar belakang si pemakai. Pada tahun 90-an industri fesyen menjelmamenjadi sebuah fenomena dimana saat itu banyak bermunculan lokal clothingcompany. Diolah oleh tenaga muda yang kreatif dan inovatif. Salah satu diantaradari sekian banyaknya brand lokal clothing company yang berkembang diIndonesia adalah Ouval Research, dengan t-shirt sebagai produk unggulannya.T-shirt merupakan salah satu media komunikasi visual yang berakar daricabang keilmuan Disain Komunikasi Visual. Tanda berupa verbal dan visualdidalam desain t-shirt, terkandung banyak intepretasi makna konotasi. Dalampenelitian ini, penulis memfokuskan kajian pada tanda dan simbol yang munculpada desain t-shirt Ouval Research tahun 2011, serta memunculkan maknakonotasi dibalik tanda dan simbol yang merupakan identitas bagi kalangan anakmuda di Indonesia, ditinjau dengan pendekatan teori semiotika. Tanda dianalisisdengan pendekatan teori Semiotika Pierce untuk melihat ikon, index, dan simbol.Sedangkan teori Semiotika Roland Barthes membantu memunculkan maknakonotasi dengan memanfaatkan pengelompokan kode seperti yang ada didalambukunya berjudul S/Z, meliputi kode narasi, kode simbolik, kode hermeunetik,kode semantik, dan kode kebudayaan. Metode penelitian yang digunakan adalahmenggunakan metode kualitatif secara deskriptif.Hasil analisis menyimpulkan bahwa disain t-shirt dapat merepresentasikanidealisme Ouval Research dan menjadi identitas gaya hidup anak muda yangmengedepankan kebebasan berekspresi kedalam wujud visual sebagai bentukrespon dan opini terhadap kondisi sosial kalangan muda di Indonesia yangsekaligus menjadi target audience Ouval Research. Disamping itu semiotikaCharles S. Pierce (ikon, indeks, dan simbol) dan semiotika Roland Barthes (kodehermeneutik, kode simbolik, kode semantik, kode narasi, dan kode kebudayaan)mampu menguraikan relasi yang terbangun untuk memunculkan makna konotasiterkait dengan tanda verbal dan tanda visual pada disain t-shirt Ouval Researchtahun 2011 secara terstruktur dan sistematis" Yogyakarta xiv, 162 hal.: il.; 30 cm. DK http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Ouval Research Disain T-shirt Makna Konotasi DK |
spellingShingle |
Ouval Research Disain T-shirt Makna Konotasi DK KURNIAWAN, Bekti Kajian Semiotika Tanda dan Simbol pada Desain T-shirt Ouval Research Tahun 2011" |
description |
"Industri pakaian modern semakin berkembang di Indonesia. Pakaianbertranformasi menjadi sebuah trend fesyen. Masyarakat mulai mengerti tentangadanya sebuah mode gaya berbusana. Sehingga dalam berpakaian selalumemperhatikan aspek kesesuaian dengan suatu kondisi atau keadaan tertentu,menurut latar belakang si pemakai. Pada tahun 90-an industri fesyen menjelmamenjadi sebuah fenomena dimana saat itu banyak bermunculan lokal clothingcompany. Diolah oleh tenaga muda yang kreatif dan inovatif. Salah satu diantaradari sekian banyaknya brand lokal clothing company yang berkembang diIndonesia adalah Ouval Research, dengan t-shirt sebagai produk unggulannya.T-shirt merupakan salah satu media komunikasi visual yang berakar daricabang keilmuan Disain Komunikasi Visual. Tanda berupa verbal dan visualdidalam desain t-shirt, terkandung banyak intepretasi makna konotasi. Dalampenelitian ini, penulis memfokuskan kajian pada tanda dan simbol yang munculpada desain t-shirt Ouval Research tahun 2011, serta memunculkan maknakonotasi dibalik tanda dan simbol yang merupakan identitas bagi kalangan anakmuda di Indonesia, ditinjau dengan pendekatan teori semiotika. Tanda dianalisisdengan pendekatan teori Semiotika Pierce untuk melihat ikon, index, dan simbol.Sedangkan teori Semiotika Roland Barthes membantu memunculkan maknakonotasi dengan memanfaatkan pengelompokan kode seperti yang ada didalambukunya berjudul S/Z, meliputi kode narasi, kode simbolik, kode hermeunetik,kode semantik, dan kode kebudayaan. Metode penelitian yang digunakan adalahmenggunakan metode kualitatif secara deskriptif.Hasil analisis menyimpulkan bahwa disain t-shirt dapat merepresentasikanidealisme Ouval Research dan menjadi identitas gaya hidup anak muda yangmengedepankan kebebasan berekspresi kedalam wujud visual sebagai bentukrespon dan opini terhadap kondisi sosial kalangan muda di Indonesia yangsekaligus menjadi target audience Ouval Research. Disamping itu semiotikaCharles S. Pierce (ikon, indeks, dan simbol) dan semiotika Roland Barthes (kodehermeneutik, kode simbolik, kode semantik, kode narasi, dan kode kebudayaan)mampu menguraikan relasi yang terbangun untuk memunculkan makna konotasiterkait dengan tanda verbal dan tanda visual pada disain t-shirt Ouval Researchtahun 2011 secara terstruktur dan sistematis" |
format |
Tugas Akhir |
author |
KURNIAWAN, Bekti |
author_facet |
KURNIAWAN, Bekti |
author_sort |
KURNIAWAN, Bekti |
title |
Kajian Semiotika Tanda dan Simbol pada Desain T-shirt Ouval Research Tahun 2011" |
title_short |
Kajian Semiotika Tanda dan Simbol pada Desain T-shirt Ouval Research Tahun 2011" |
title_full |
Kajian Semiotika Tanda dan Simbol pada Desain T-shirt Ouval Research Tahun 2011" |
title_fullStr |
Kajian Semiotika Tanda dan Simbol pada Desain T-shirt Ouval Research Tahun 2011" |
title_full_unstemmed |
Kajian Semiotika Tanda dan Simbol pada Desain T-shirt Ouval Research Tahun 2011" |
title_sort |
kajian semiotika tanda dan simbol pada desain t-shirt ouval research tahun 2011" |
publisher |
FSR ISI Yk. |
publishDate |
2013 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26593 |
_version_ |
1741199280754917376 |