S. Ngaliman Tjondropangrawit dari seorang pengrawit menjadi empu tari
S. Ngaliman Tjondropangrawit adalah empu tari Jawa & sekaligus pengrawit dari tradisi Keraton Surakarta. Telaah di sini menyajikan satu analisis mengenai penguasaan S. Ngalliman atas ansambel gamelan & praktek penggunaannya atas ansambel itu dalam mengkomposisi berbagai iringan untuk karya-k...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS UGM Yogyakarta
1997
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26982 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-26982 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-269822015-04-14T09:00:14Z S. Ngaliman Tjondropangrawit dari seorang pengrawit menjadi empu tari HARYONO S. Ngaliman Tjondropangrawit seni tari bigrafi PPS UGM Yogyakarta 1997 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26982 TES/ST/Har/s/1997 S. Ngaliman Tjondropangrawit adalah empu tari Jawa & sekaligus pengrawit dari tradisi Keraton Surakarta. Telaah di sini menyajikan satu analisis mengenai penguasaan S. Ngalliman atas ansambel gamelan & praktek penggunaannya atas ansambel itu dalam mengkomposisi berbagai iringan untuk karya-karya tarinya. S. Ngaliman dikenal luas tela menguasai konsep Hastha Sawanda, yakni 8 kriteria estetik untuk penilaian kualitas penari yang baik pada umumnya, yang juga merupakan salah satu perintis tari Serimpi keluar dari tembok keraton. Yogyakarta xv, 313 hal. : lamp. ; 30 cm TES http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
S. Ngaliman Tjondropangrawit seni tari bigrafi TES |
spellingShingle |
S. Ngaliman Tjondropangrawit seni tari bigrafi TES HARYONO S. Ngaliman Tjondropangrawit dari seorang pengrawit menjadi empu tari |
description |
S. Ngaliman Tjondropangrawit adalah empu tari Jawa & sekaligus pengrawit dari tradisi Keraton Surakarta. Telaah di sini menyajikan satu analisis mengenai penguasaan S. Ngalliman atas ansambel gamelan & praktek penggunaannya atas ansambel itu dalam mengkomposisi berbagai iringan untuk karya-karya tarinya. S. Ngaliman dikenal luas tela menguasai konsep Hastha Sawanda, yakni 8 kriteria estetik untuk penilaian kualitas penari yang baik pada umumnya, yang juga merupakan salah satu perintis tari Serimpi keluar dari tembok keraton. |
format |
Tugas Akhir |
author |
HARYONO |
author_facet |
HARYONO |
author_sort |
HARYONO |
title |
S. Ngaliman Tjondropangrawit dari seorang pengrawit menjadi empu tari |
title_short |
S. Ngaliman Tjondropangrawit dari seorang pengrawit menjadi empu tari |
title_full |
S. Ngaliman Tjondropangrawit dari seorang pengrawit menjadi empu tari |
title_fullStr |
S. Ngaliman Tjondropangrawit dari seorang pengrawit menjadi empu tari |
title_full_unstemmed |
S. Ngaliman Tjondropangrawit dari seorang pengrawit menjadi empu tari |
title_sort |
s. ngaliman tjondropangrawit dari seorang pengrawit menjadi empu tari |
publisher |
PPS UGM Yogyakarta |
publishDate |
1997 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26982 |
_version_ |
1741199355163967488 |