Pembelajaran biola dengan metode Suzuki untuk kelas 3 dan 4 di Sekolah Dasar Kanisius Demangan Baru Yogyakarta
Akhir-akhir ini belajar biola merupakan suatu tren di kalangan masyarakat terutama di sekolah-sekolah mulai dari tingkat SD sampai SMA. Sebagian besar para pengajar menggunakan Metode Suzuki dalam proses pembelajarannya. Di SD kanisius Demangan Baru Yogyakarta pembelajaran ekstrakurikuler biola juga...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27167 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Akhir-akhir ini belajar biola merupakan suatu tren di kalangan masyarakat terutama di sekolah-sekolah mulai dari tingkat SD sampai SMA. Sebagian besar para pengajar menggunakan Metode Suzuki dalam proses pembelajarannya. Di SD kanisius Demangan Baru Yogyakarta pembelajaran ekstrakurikuler biola juga menggunakan metode tersebut. Metode ini dibuat oleh Shinichi Suzuki yang menggunakan bahasa ibu melalui mendengarkan, meniru, pengulangan dengan perilaku penuh cinta, sabar, semangat serta pikiran positif.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:1. hasil pengajaran Metode Biola Suzuki2. hasil materi baik dalam lagu maupun teknik yang sesuai dalam mata pelajaran ekstrakurikuler3. mengetahui suasana yang menyenangkan dalam pembelajaran ekstrakurikuler bioladi SD Kanisius Demangan Baru Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat penemuan dan dilakukan pada kondisi alamiah yang akan dideskripsikan secara musikologis dengan langkah-langkah diantaranya mengadakan studi pustaka serta melakukan pendekatan musikologis dan secara psikologis. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah pembelajaran ekstrakurikuler biola di SD tersebut dinilai cukup efektif karena semua tahapan dalam proses pembelajaran dan silabus yang dibuat telah dilaksanakan. |
---|