Apresiasi musik siswa instrumen tiup kayu di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta
Apresiasi musik dapat didefinisikan sebagai dicapainya kemampuan untuk mendengarkan musik dengan penuh pengertian. Dalam hal ini penulis meneliti apresiasi musik siswa instrumen tiup kayu di SMK N 2 Kasihan Bantul Yogyakarta berupa ansambel tiup kayu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan me...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2012
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27168 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Apresiasi musik dapat didefinisikan sebagai dicapainya kemampuan untuk mendengarkan musik dengan penuh pengertian. Dalam hal ini penulis meneliti apresiasi musik siswa instrumen tiup kayu di SMK N 2 Kasihan Bantul Yogyakarta berupa ansambel tiup kayu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan mendeskripsikan atau memaparkan kemudian dianalisis sesuai dengan pendekatan yang dilakukan. Sedangkan pendekatan pengumpulan datanya adalah: observasi, studi pustaka, wawncara dan dokumentasi.Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah:1. Sebagai kegiatan praktek terencana, siswa mendapat pengalaman apresiasi musik yang aransemennya sesuai dengan tujuan pendidikan.2. Langkah-langkah pembelajaran dalam satu kali tatap muka, yaitu tahap pendahuluan, pemanasan, tahap inti dan penutup3. Ansambel tiup kayu tersebut memberikan semangat bagi siswa tiup kayu untuk menambah jam praktek mereka di luar jam mata pelajaran ansambel4. Siswa mendapat pengalaman untuk mendalami tehnik-tehnik dasar bermain musik secara klasikal5. Metode pengajarannya menggunakan metode ceramah, stimulan, penugasan, latihan seksional dan latihan secara ansambel. |
---|