Kajian ragam strategi komunikasi verbal dan visual advertorial pada majalah perempuan di Indonesia tahun 2010-2012

Penelitian ini berusaha untuk mengetahui keragaman strategi komunikasi yang terdapat dalam advertorial. Berdasarkan pengamatan, keberadaan advertorial seakan mudah diterima oleh pembaca dibanding iklan display, iklan kolom maupun iklan baris. Untuk mengetahui keragaman strategi pada advertorial memi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: UTAMI, Pratiwi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yk 2012
Subjects:
DK
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27219
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-27219
record_format oai_dc
spelling isilib-272192015-04-14T09:00:14Z Kajian ragam strategi komunikasi verbal dan visual advertorial pada majalah perempuan di Indonesia tahun 2010-2012 UTAMI, Pratiwi advertorial verbal visual FSR ISI Yk 2012 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27219 DK/Uta/k/2012 Penelitian ini berusaha untuk mengetahui keragaman strategi komunikasi yang terdapat dalam advertorial. Berdasarkan pengamatan, keberadaan advertorial seakan mudah diterima oleh pembaca dibanding iklan display, iklan kolom maupun iklan baris. Untuk mengetahui keragaman strategi pada advertorial memiliki ciri dan bentuk yang berbeda-beda. Untuk mengetahui keragaman strategi pada advertorial maka teori yang digunakan dalam analisis ini adalah teori analisis wacana yang didukung pengetahuan semiotika visual, analisis layout dan analisis isi. Teori dan pengetahuan pendukung tersebut digunakan sebagai alat meneliti strategi komunikasi verbal dan visual yang terdapat pada advertorial. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat berbagai macam strategi yang ada pada advertorial. Strategi-strategi tersebut dapat berupa strategi pada wacana yang dibawakan, strategi visual dengan menggunakan unsur-unsur visual tertentu, strategi layout dengan pendisplayan teks, dan viaual serta strategi penekanan dengan menggunakan unsur verbal dan visual. Yogyakarta xvii, 223 hal.: ilus.; CD DK http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic advertorial verbal visual
DK
spellingShingle advertorial verbal visual
DK
UTAMI, Pratiwi
Kajian ragam strategi komunikasi verbal dan visual advertorial pada majalah perempuan di Indonesia tahun 2010-2012
description Penelitian ini berusaha untuk mengetahui keragaman strategi komunikasi yang terdapat dalam advertorial. Berdasarkan pengamatan, keberadaan advertorial seakan mudah diterima oleh pembaca dibanding iklan display, iklan kolom maupun iklan baris. Untuk mengetahui keragaman strategi pada advertorial memiliki ciri dan bentuk yang berbeda-beda. Untuk mengetahui keragaman strategi pada advertorial maka teori yang digunakan dalam analisis ini adalah teori analisis wacana yang didukung pengetahuan semiotika visual, analisis layout dan analisis isi. Teori dan pengetahuan pendukung tersebut digunakan sebagai alat meneliti strategi komunikasi verbal dan visual yang terdapat pada advertorial. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat berbagai macam strategi yang ada pada advertorial. Strategi-strategi tersebut dapat berupa strategi pada wacana yang dibawakan, strategi visual dengan menggunakan unsur-unsur visual tertentu, strategi layout dengan pendisplayan teks, dan viaual serta strategi penekanan dengan menggunakan unsur verbal dan visual.
format Tugas Akhir
author UTAMI, Pratiwi
author_facet UTAMI, Pratiwi
author_sort UTAMI, Pratiwi
title Kajian ragam strategi komunikasi verbal dan visual advertorial pada majalah perempuan di Indonesia tahun 2010-2012
title_short Kajian ragam strategi komunikasi verbal dan visual advertorial pada majalah perempuan di Indonesia tahun 2010-2012
title_full Kajian ragam strategi komunikasi verbal dan visual advertorial pada majalah perempuan di Indonesia tahun 2010-2012
title_fullStr Kajian ragam strategi komunikasi verbal dan visual advertorial pada majalah perempuan di Indonesia tahun 2010-2012
title_full_unstemmed Kajian ragam strategi komunikasi verbal dan visual advertorial pada majalah perempuan di Indonesia tahun 2010-2012
title_sort kajian ragam strategi komunikasi verbal dan visual advertorial pada majalah perempuan di indonesia tahun 2010-2012
publisher FSR ISI Yk
publishDate 2012
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27219
_version_ 1741199402057334784