Visual tipografi dalam sampul buku karya Surianto Rustan
Sampul buku mempunyai peranan yang sangat penting sebagai media komunikasi visual yang efektivitasnya memberikan nilai tambah terhadap minat baca. Fenomena perubahan sampul buku karya Surianto Rustan dengan judul "Layout Dasar dan Penerapannya" dapat dimungkinkan ada gejala yang melatarbel...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yogyakarta
2012
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27249 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-27249 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-272492015-04-14T09:00:14Z Visual tipografi dalam sampul buku karya Surianto Rustan SUTEJO, Aris visual tipografi sampul buku PPS ISI Yogyakarta 2012 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27249 TES/DK/Sut/v/2012 Sampul buku mempunyai peranan yang sangat penting sebagai media komunikasi visual yang efektivitasnya memberikan nilai tambah terhadap minat baca. Fenomena perubahan sampul buku karya Surianto Rustan dengan judul "Layout Dasar dan Penerapannya" dapat dimungkinkan ada gejala yang melatarbelakangi perubahan tersebut. Tipografi sebagai salah satu elemen tersebut mempengaruhi dan dipengaruhi oleh elemen desain yang lain serta dapat mempengaruhi keberhasilan suatu karya desain secara keseluruhan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan teori semiotika. Pembahasan makna visual tipografi dalam sampul buku karya Surianto Rustan menggunakan teori Barthes untuk melihat kode hermeneutik, kode semantik, kode simbolik, kode narasi dan kode kebudayaan. Barthes mengembangkan dua tingkatan pertandaan yaitu tingkat denotasi (menjelaskan hubungan antara penanda dan pertanda) dan tingkat konotasi (tingkat pertandaan yang menjelaskan hubungan antara penanda dan petanda).Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah karakteristik visual tipografi tersusun atas elemen-elemen yang saling berkaitan sesuai dengan tujuan dan fungsinya. Makna yang terkandung dalam karya desainsampul buku pertama, nampak adanya keinginan yang sangat keras dalam menunjukkan eksistensi penulis dan pesan yang disampaikan kepada publik. Pada desain sampul buku yang kedua, desainer menyadari eksistensinya telah memberi pengaruh yang cukup kuat melewati tahap pengenalan. Yogyakarta xiv, 258 hal. : sampul buku TES http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
visual tipografi sampul buku TES |
spellingShingle |
visual tipografi sampul buku TES SUTEJO, Aris Visual tipografi dalam sampul buku karya Surianto Rustan |
description |
Sampul buku mempunyai peranan yang sangat penting sebagai media komunikasi visual yang efektivitasnya memberikan nilai tambah terhadap minat baca. Fenomena perubahan sampul buku karya Surianto Rustan dengan judul "Layout Dasar dan Penerapannya" dapat dimungkinkan ada gejala yang melatarbelakangi perubahan tersebut. Tipografi sebagai salah satu elemen tersebut mempengaruhi dan dipengaruhi oleh elemen desain yang lain serta dapat mempengaruhi keberhasilan suatu karya desain secara keseluruhan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan teori semiotika. Pembahasan makna visual tipografi dalam sampul buku karya Surianto Rustan menggunakan teori Barthes untuk melihat kode hermeneutik, kode semantik, kode simbolik, kode narasi dan kode kebudayaan. Barthes mengembangkan dua tingkatan pertandaan yaitu tingkat denotasi (menjelaskan hubungan antara penanda dan pertanda) dan tingkat konotasi (tingkat pertandaan yang menjelaskan hubungan antara penanda dan petanda).Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah karakteristik visual tipografi tersusun atas elemen-elemen yang saling berkaitan sesuai dengan tujuan dan fungsinya. Makna yang terkandung dalam karya desainsampul buku pertama, nampak adanya keinginan yang sangat keras dalam menunjukkan eksistensi penulis dan pesan yang disampaikan kepada publik. Pada desain sampul buku yang kedua, desainer menyadari eksistensinya telah memberi pengaruh yang cukup kuat melewati tahap pengenalan. |
format |
Tugas Akhir |
author |
SUTEJO, Aris |
author_facet |
SUTEJO, Aris |
author_sort |
SUTEJO, Aris |
title |
Visual tipografi dalam sampul buku karya Surianto Rustan |
title_short |
Visual tipografi dalam sampul buku karya Surianto Rustan |
title_full |
Visual tipografi dalam sampul buku karya Surianto Rustan |
title_fullStr |
Visual tipografi dalam sampul buku karya Surianto Rustan |
title_full_unstemmed |
Visual tipografi dalam sampul buku karya Surianto Rustan |
title_sort |
visual tipografi dalam sampul buku karya surianto rustan |
publisher |
PPS ISI Yogyakarta |
publishDate |
2012 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27249 |
_version_ |
1741199407564455936 |