Perancangan maskot PT KAI Persero sebagai jembatan komunikasi ideal kepada pengguna jasa layanan kereta

Dalam dunia periklanan dan desain komunikasi visual keberadaan maskot seringkali hanya dijadikan sebagai media alternatif dalam penyampaian pesan atau alternatif cara mengenalkan produk kepada konsumen. Maskot hanya sekedar penggembira dalam sebuah rangkaian kegiatan dan bukanlah tenpat untuk meleta...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUSUMA, Paku
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published:
Subjects:
TES
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27273
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Dalam dunia periklanan dan desain komunikasi visual keberadaan maskot seringkali hanya dijadikan sebagai media alternatif dalam penyampaian pesan atau alternatif cara mengenalkan produk kepada konsumen. Maskot hanya sekedar penggembira dalam sebuah rangkaian kegiatan dan bukanlah tenpat untuk meletakkan informasi yang bisa mencapai tahapan untuk "menjual" dan secara keilmuan belum ada pembahasan secara khusus tentang maskot di tanah air. Berdasarkan kecenderungan tersebut, perancangan ini bertujuan untuk menjembatani komunikasi ideal kepada pengguna jasa layanan kereta, sedangkan pemilihan PT KAI Persero sebagai bahan penelitian dikarenakan kekuatannya sebagai perusahaan transportasi. Proses perancangan menggunakan kajian ilmu desain komunikasi visual yang dikembangkan dengan teori Gestalt oleh Max Wertheimer, Wolfgang Kohler dan Kurt Koffka, ditunjang dengan teori-teori yang didapatkan dari proses pemikiran dengan konsep berpikir "triadik". Perancangan ini diharapkan bisa menjadi bahan acuan pembelajaran media penyebarluasan pengetahuan, membentuk gagasan bagi semua kalangan yang bergerak di dunia kreatif terutama desiner komunikasi visual untuk berproses dalam menciptakan sebuah maskot yang ditujukan untuk membangun jembatan komunikasi dengan target pasar yang dituju.