Identifikasi ruang pada Sekolah Alam Kandank Jurank Doank di Tangerang
Sekolah Alam Kandank Jurank Doank menawarkan suatu paradigma baru yang mengacu pada konsep pendidikan berbasis alam dengan tujuan agar siswa dapat mengenal, memahami dan mencintai lingkungan alam sekitar. Sekolah tersebut didirikan oleh R. Rizki Mulyawan Kertanegara Hyang alias Dik Doank pada tahun...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yk
2012
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27279 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Sekolah Alam Kandank Jurank Doank menawarkan suatu paradigma baru yang mengacu pada konsep pendidikan berbasis alam dengan tujuan agar siswa dapat mengenal, memahami dan mencintai lingkungan alam sekitar. Sekolah tersebut didirikan oleh R. Rizki Mulyawan Kertanegara Hyang alias Dik Doank pada tahun 1997. Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah bagaimana fungsi ruang dan sarana prasarana serta pola ruang pada sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Kesimpulan yang didapat adalah ruang kelas pada sekolah tersebut dibagi menjadi 2, yaitu ruang kelas utama berupa lapangan sepakbola, lapangan badminton, aula serbaguna dan SLINK Setengah Lingkaran Doank.Sedangkan ruang kelas pendukungnya uaitu ruang dialog Doank dan Kamponk Doank. Pola organisasi ruang sudah baik karena dapat mendukung terlaksananya kegiatan pendidikan dengan karakter sekolah alam yaitu membebaskan, aktif, kreatif dan mencintai lingkungan. |
---|