Identifikasi ruang pada Sekolah Alam Kandank Jurank Doank di Tangerang

Sekolah Alam Kandank Jurank Doank menawarkan suatu paradigma baru yang mengacu pada konsep pendidikan berbasis alam dengan tujuan agar siswa dapat mengenal, memahami dan mencintai lingkungan alam sekitar. Sekolah tersebut didirikan oleh R. Rizki Mulyawan Kertanegara Hyang alias Dik Doank pada tahun...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAHMAN, Faisal
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yk 2012
Subjects:
DI
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27279
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-27279
record_format oai_dc
spelling isilib-272792015-04-14T09:00:14Z Identifikasi ruang pada Sekolah Alam Kandank Jurank Doank di Tangerang RAHMAN, Faisal kandank Jurank Doank identifikasi ruang sekolah alam FSR ISI Yk 2012 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27279 DI/Rah/i/2012 Sekolah Alam Kandank Jurank Doank menawarkan suatu paradigma baru yang mengacu pada konsep pendidikan berbasis alam dengan tujuan agar siswa dapat mengenal, memahami dan mencintai lingkungan alam sekitar. Sekolah tersebut didirikan oleh R. Rizki Mulyawan Kertanegara Hyang alias Dik Doank pada tahun 1997. Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah bagaimana fungsi ruang dan sarana prasarana serta pola ruang pada sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Kesimpulan yang didapat adalah ruang kelas pada sekolah tersebut dibagi menjadi 2, yaitu ruang kelas utama berupa lapangan sepakbola, lapangan badminton, aula serbaguna dan SLINK Setengah Lingkaran Doank.Sedangkan ruang kelas pendukungnya uaitu ruang dialog Doank dan Kamponk Doank. Pola organisasi ruang sudah baik karena dapat mendukung terlaksananya kegiatan pendidikan dengan karakter sekolah alam yaitu membebaskan, aktif, kreatif dan mencintai lingkungan. Yogyakarta xv, 110 hal.: ilus.; CD DI http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic kandank Jurank Doank
identifikasi ruang sekolah alam
DI
spellingShingle kandank Jurank Doank
identifikasi ruang sekolah alam
DI
RAHMAN, Faisal
Identifikasi ruang pada Sekolah Alam Kandank Jurank Doank di Tangerang
description Sekolah Alam Kandank Jurank Doank menawarkan suatu paradigma baru yang mengacu pada konsep pendidikan berbasis alam dengan tujuan agar siswa dapat mengenal, memahami dan mencintai lingkungan alam sekitar. Sekolah tersebut didirikan oleh R. Rizki Mulyawan Kertanegara Hyang alias Dik Doank pada tahun 1997. Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah bagaimana fungsi ruang dan sarana prasarana serta pola ruang pada sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Kesimpulan yang didapat adalah ruang kelas pada sekolah tersebut dibagi menjadi 2, yaitu ruang kelas utama berupa lapangan sepakbola, lapangan badminton, aula serbaguna dan SLINK Setengah Lingkaran Doank.Sedangkan ruang kelas pendukungnya uaitu ruang dialog Doank dan Kamponk Doank. Pola organisasi ruang sudah baik karena dapat mendukung terlaksananya kegiatan pendidikan dengan karakter sekolah alam yaitu membebaskan, aktif, kreatif dan mencintai lingkungan.
format Tugas Akhir
author RAHMAN, Faisal
author_facet RAHMAN, Faisal
author_sort RAHMAN, Faisal
title Identifikasi ruang pada Sekolah Alam Kandank Jurank Doank di Tangerang
title_short Identifikasi ruang pada Sekolah Alam Kandank Jurank Doank di Tangerang
title_full Identifikasi ruang pada Sekolah Alam Kandank Jurank Doank di Tangerang
title_fullStr Identifikasi ruang pada Sekolah Alam Kandank Jurank Doank di Tangerang
title_full_unstemmed Identifikasi ruang pada Sekolah Alam Kandank Jurank Doank di Tangerang
title_sort identifikasi ruang pada sekolah alam kandank jurank doank di tangerang
publisher FSR ISI Yk
publishDate 2012
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27279
_version_ 1741199413118763008